Langkah Mudah Menjadi iOS Developer Simak, Panduan Lengkapnya !

 Langkah menjadi ios developer

Jika kalian ingin tahu cara menjadi iOS developer, pasti kalian sudah mengetahui prospek kerja dengan keahlian yang kalian miliki ini. Kalian harus mempertimbangkan beberapa faktor sebelum jalur karier sebagai pengembang piranti lunak canggih ini. Salah satu pertimbangan utama adalah gaji dan pertumbuhan karier. 

Potensi penghasilan dari iOS developer berada di peringkat pekerja IT dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat dan beberapa negara maju pengguna gawai berbasis iOS. Pasalnya, memang keterampilan pengembang iOS jauh lebih rumit dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Terlebih, basis instalasi software dan perbaikan hardware juga selalu meningkat, seiring dengan pertumbuhan belanja konsumen untuk gawai berbasis iOS ini. 

Cara Menjadi iOS Developer

iOS developer adalah seorang ahli TI dengan memiliki pemahaman mendalam tentang kinerja iOS. Pemahaman ini termasuk pemahaman komprehensif terkait cara kerjanya di berbagai perangkat Apple seperti iPad, iPhone, Apple Watch, serta Apple TV. Intinya, iOS developer harus memahami cara membuat dan menyesuaikan aplikasi di ekosistem iOS.

Beberapa langkah awal untuk menjadi seorang pengembang iOS adalah sebagai berikut: 

1. Mempelajari bahasa pemrograman

Kemampuan programming adalah salah satu skill terpenting yang harus dimiliki pengembang aplikasi iOS karena pengembangan sistem ini membutuhkan banyak keterampilan pengembangan perangkat lunak atau aplikasi dasar. Semisal kalian dapat membuat aplikasi iOS dengan menggunakan keterampilan pemrograman Java yang sama untuk digunakan di Android, Windows atau Mac.
Kendati keterampilan pemrograman berbeda dapat digunakan untuk pengembangan iOS, menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai iOS adalah alternatif terbaik. Apabila kalian baru belajar coding untuk pertama kalinya atau ingin fokus pada pengembangan iOS dan Apple saja, maka kalian harus belajar bahasa pemrograman  Swift dan Objective-C.

Swift merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Apple khusus untuk iOS dan dirilis pada tahun 2004. Syntax yang dipelajari pada Swift lebih mudah dan lebih sederhana. Sedangkan Objective C digunakan sebelum ada Swift. Meskipun kini telah ada Swift, namun objective C masih menjadi bagian penting dalam basis kode Apple. Bahkan ada sumber yang menyebutkan jika Objective C adalah bahasa pemrograman dengan bayaran tertinggi untuk para freelance developer.

Ketika hendak menjadi iOS developer kamu tak hanya harus mampu membedakan antara Swift dan Objective C namun juga memahami cara kerja keduanya agar bisa tercipta objek yang komprehensif. 

Baca Juga: Binus bandung kampus di atas mall dengan fasilitas terlengkap

2. Mempelajari Platform iOS

Langkah selanjutnya kalian perlu mempelajari platform iOS. Pasalnya, platform tersebut terdiri dari berbagai pola desain, kerangka kerja, dan teknologi lainnya. Seseorang yang tidak akrab dengan sistem operasi Mac tentu akan kesulitan untuk mempelajari dan membangun biner iOS.
Untuk itu disarankan mengambil jurusan Computer Science yang akan membantumu memahami berbagai tantangan unik serta peluang yang terkait dengan pengembangan iOS. 

3. Memperluas Pengetahuan Dengan Skill Khusus iOS Developer

Setelah kalian mempelajari platform iOS, sekarang saatnya memperluas pengetahuan ke bidang lain yang akan menyempurnakan aplikasi secara profesional. Pemahaman bidang-bidang tersebut dapat memberi kalian kesempatan untuk mengembangkan tingkat keahlian.
Beberapa skill khusus yang harus dipelajari adalah: 

  • Database
    Aplikasi iOS mengandalkan database untuk menyimpan dan mengambil data. Pemahaman cara kerja database dan bahasa kueri yang digunakan untuk memanipulasi data adalah skill khusus yang mempermudah pengembangan iOS.
  • Network
    Mayoritas aplikasi iOS modern memerlukan data yang berpindah-pindah melalui internet. Artinya seorang pengembang iOS harus memahami cara kerja internet. iOS memudahkannya dengan keberadaan SDK yang menawarkan beberapa API untuk melakukan permintaan jaringan. Selain mempelajari API, kalian juga perlu memahami sistem DNS, URL, dan konsep network umum lainnya.

Tantangan Menarik untuk Prospek Kerja Ciamik 

Memang cara menjadi iOS developer membutuhkan waktu dan ketekunan dengan dukungan akademis yang mumpuni. Jangan biarkan keinginan kalian pupus sebagai developer iOS handal dengan segera bergabung di https://developeracademy.apps.binus.ac.id/. Kalian dapat mengikuti program Apple Developer Academy@BINUS dimana kalian akan belajar dengan metode Challenge-Based Learning supaya dapat bersaing di industri 4.0. 

Berkolaborasi dengan Apple, BINUS @Bandung telah melahirkan BINUSIAN yang handal sebagai iOS developer sejak 2018. Apple Developer Academy di BINUS merupakan salah satu alternatif dalam enrichment program internship melalui serangkaian proses seleksi khusus. Dengan mengikuti program ini, kalian dapat mengembangkan kemampuan sebagai  iOS developer handal berdaya saing tinggi.

 Jadi, jangan sampai ketinggalan untuk terus update informasinya di https://developeracademy.apps.binus.ac.id/