Universitas Desain Interior :  Kuliah dan Prospek Kerja

Universitas Desain Interior Jenjang Kuliah dan Prospek Kerja

Jurusan desain interior adalah salah satu jurusan perkuliahan yang cukup populer. Tentu saja hal ini bukan tanpa alasan, mengingat prospek kerja bagi lulusan jurusan tersebut yang sangat bagus dan gaji yang terbilang tinggi. Itulah mengapa banyak calon mahasiswa yang mencari universitas desain interior terbaik mana yang paling direkomendasikan untuk menjembatani masa depan mereka.

Jenjang Kuliah Jurusan Desain Interior

Banyak yang mengira bahwa pekerjaan seorang desainer interior itu sangat sepele, hanya mengatur ruang tamu, ruang dapur, kamar tidur, dimana semua itu sangat mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang. Jika kamu juga berpandangan seperti ini, maka kamu salah besar. Jurusan desain interior merupakan jurusan yang menggabungkan berbagai bidang ilmu seperti teknologi, seni sampai bisnis. Tugas yang dikerjakan oleh seorang desainer interior adalah merancang sebuah gambar yang dikhususkan untuk bagian interior.

Biasanya, mereka akan merancang gambar tersebut dengan menggunakan bantuan aplikasi maupun software. Hal ini perlu dilakukan agar bisa menampilkan gambar seperti sweet home 3D, sketchup, home design hingga autoCAD. Gambar inilah yang nantinya menjadi cikal bakal untuk direalisasikan dalam bentuk nyata.

Mengambil jurusan desain interior di perguruan tinggi memerlukan kemampuan kreativitas dan inovasi tinggi. Oleh sebab itu, saat kamu memutuskan untuk mengambil jurusan ini, kamu juga harus siap dituntut agar bisa menciptakan hal baru serta mengamati semua peluang yang ada. 

Kamu juga harus bisa mengikuti perkembangan bisnis di dunia digital. Seperti saat ini, dimana perusahaan startup banyak yang membutuhkan jasa untuk membuat rancangan bentuk kantor mereka. 

Umumnya, jurusan desain interior mampu  menyelesaikan perkuliahan ini selama kurang lebih 3,5 sampai 4 tahun agar bisa meraih gelar Sarjana Desain (S.Ds.). 

Baca juga: Aplikasi pendukung dalam Belajar Techno desain

Prospek Kerja Jurusan Desain Interior

Seorang desainer interior profesional harus bisa merencanakan segala sesuatu hingga detail terkecil sekalipun agar ruangan bisa berfungsi maksimal dan mampu mendukung suasana yang diinginkan. Berikut beberapa prospek kerja dari para lulusan desain interior di masa depan yang perlu kamu ketahui.

  1. Menjadi Freelancer (Pekerja Lepas)
    Bekerja tidak melulu harus berada di ruangan atau mengabdi pada atasan, loh. Kamu bisa menjadi seorang freelancer yang memiliki lebih banyak kendali atas pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Tapi dengan syarat, kamu harus memiliki jaringan kerja dan juga portofolio yang memang keren.
    Sebenarnya ini terlalu menyulitkan, mengingat selama di perkuliahan kamu telah dibekali banyak kemampuan dan keterampilan yang spesifik, termasuk visualisasi desain interior dengan format video dan gambar. Meskipun hanya freelance, namun tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendirikan usaha di bidang yang sama.
  2. Menjadi Distributor Produk Interior
    Interior memang tidak dapat dipisahkan dengan segala komponen pengisi ruangan seperti lampu hias, lukisan, karpet dan lain sebagainya. Menjadi seorang desainer interior pastinya harus mengetahui produk interior terbaik dan berkualitas. Kamu bahkan bisa menjadi distributor ataupun supplier dari produk-produk interior tersebut.
    Agar bisa menjadi distributor produk yang baik, kamu harus bisa menilai siapa nantinya yang akan menjadi langgananmu. Selain itu, juga kemampuan melakukan riset untuk mencari produsen mana yang menghasilkan produk-produk yang memprioritaskan kualitas.
  3. Bekerja di Perusahaan Properti, Konstruksi Hingga Kontraktor
    Bagi kamu yang ingin memulai usaha namun terbentur biaya, bisa mencoba bekerja terlebih dahulu menjadi desainer interior di perusahaan-perusahaan seperti properti, konstruksi hingga kontraktor. Selain itu, kamu juga bisa mencoba posisi sebagai manajer proyek konstruksi atau bila mumpuni bisa mencoba posisi sebagai pengelola sebuah tim konstruksi.
    Perlu kamu ketahui, hasil pekerjaan desainer interior ini ternyata bisa meningkatkan nilai jual dan harga sewa sebuah properti, loh. Sebagai contoh blok perkantoran, rumah hunian, apartemen guesthouse. Semua ini akan memberi rasa nyaman dan menciptakan keindahan tersendiri apabila sudah disentuh oleh campur tangan desainer interior.
  4. Merancang Sekaligus Memproduksi Furniture yang Berciri Khas
    Sudah tak terhitung berapa furnitur yang telah ditawarkan di pasaran. Agar furnitur ciptaan kamu bisa lebih menarik dan berbeda, maka kamu harus bisa menampilkan ciri khasmu sendiri. untuk saat ini, model Scandinavia sedang begitu populer.
    Merancang furnitur juga menjadi bagian dari pekerjaan desainer interior. Tentukan terlebih dahulu segmen pasar, kemudian sesuaikan bentuk produksimu dengan selera pasar tersebut.
  5. Bergabung Bersama Biro Konsultan Desain Interior
    Bergabung bersama biro konsultan desain interior juga bagus untuk bekal dan pengetahuan diri sebelum kemudian kamu mendirikan biro jasa milik sendiri. Biro jasa ini biasanya melayani gambar teknik, visualisasi gambar, penawaran konsep interior, furniture dan sebagainya.
    Konsultasi tidak hanya bisa dilakukan secara langsung atau offline, namun juga bisa dilakukan secara online yang lebih praktis. Seperti halnya tren saat ini, dimana banyak konsultan yang menawarkan jasa mereka melalui website perusahaan maupun di berbagai media sosial.
  6. Menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara) di BUMN atau Instansi Pemerintah Lain
    Siapa sangka, menjadi lulusan desain interior juga berpeluang untuk menjadi abdi negara. Cobalah untuk melayangkan lamaran kerja di BUMN bidang jasa konstruksi. Selain itu, kamu juga masih berpeluang untuk menjadi guru hingga dosen di perguruan tinggi. Tentu saja ini juga prospek pekerjaan yang menarik bukan

Universitas desain interior yang populer dan paling berkualitas yang direkomendasikan adalah BINUS @Bandung. Sudah banyak lulusan BINUS @Bandung yang telah sukses di bidang masing-masing karena selalu mendapat dukungan penuh dari pihak universitas. Salah satu dari sekian banyaknya lulusan yang sudah sukses adalah Florencia Irene Wijaya, yang merupakan seorang BINUSAN jurusan desain interior Bandung tahun 2022. 

Florencia adalah seorang Intern Interior Designer di CARTA Studio. Dia berhasil menampilkan keterampilan dan potensi yang dia miliki selama 4 tahun berkuliah di BINUS. Berkat peran dosen profesional yang membekali setiap peserta didik dengan berbagai ilmu fundamental, membuat lulusannya siap dan mampu bersaing saat masuk di dunia kerja.

Kamu ingin menjadi salah satu BINUSAN yang sukses ini seperti Florencia? Segera bergabung bersama BINUS @Bandung. Cari tahu informasi lebih lengkap dengan mengklik https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/. Persiapkan diri dengan bekal wawasan, pengalaman dan ilmu yang cukup bersama BINUS @Bandung.