Jurusan Desain Interior dan Seluk Beluknya Mata Kuliahnya

Fakultas desain interior

Saat ini fakultas atau jurusan desain interior semakin memikat minat banyak mahasiswa. Hal ini tidak terlepas dari faktor semakin tingginya tingkat kesadaran orang-orang untuk dapat memaksimalkan fungsi ruang yang terbatas dengan tetap mengutamakan kenyamanan orang saat berada di dalamnya. Dunia interior tidak hanya berkutat pada interior desain sebuah ruangan saja, namun juga harus mempertimbangkan nilai estetika agar bisa dirasakan.

Tentang Desain Interior

Desain interior adalah ilmu yang di dalamnya mempelajari tentang bagaimana cara membuat perencanaan tata letak dan perancangan ruang yang terdapat pada sebuah ruangan. Tidak hanya dilihat dari segi fungsi saja, desain interior ini juga mempelajari tentang bagaimana sebuah ruangan bisa mempengaruhi suasana hati dan pandangan serta kepribadian penghuninya.

Sebagai contoh sederhana, saat kamu merasa kamar di rumahmu terasa begitu sempit dan berantakan, maka dengan bantuan desainer interior kamar tersebut bisa dimaksimalkan. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih nyaman dan betah saat berlama-lama di dalam sana.

Sejatinya, desain interior adalah ilmu perancangan berupa solusi yang mengandalkan seni dan juga teknik. Jadi ketika akan mendesain sebuah ruangan, para desainer interior itu harus paham betul untuk apa fungsi ruangan tersebut, siapa yang menempatinya, untuk dikomersilkan atau pribadi dan sebagainya.

Banyak yang beranggapan, jika memasuki fakultas desain interior ini harus memiliki skill menggambar yang mumpuni, namun tidak semua perguruan tinggi menerapkan aturan tersebut. Dengan kemampuan menggambar yang biasa-biasa saja, kamu tetap bisa masuk ke fakultas ini. Karena di sana kamu akan didampingi dari awal tentang dunia menggambar, pemodelan, warna, proses desain, pemodelan 3D sampai desain furnitur.

Mata Kuliah di FakultasDesain Interior

Memasuki fakultas desain interior, kamu akan belajar banyak hal khususnya hubungan antara manusia dengan ruangan yang akan digunakan. Misalnya, bagaimana cara menciptakan suatu ruangan agar dapat sesuai dengan sifat penghuninya dan juga jenis kegiatannya. Selain itu, ruangan juga harus bisa menciptakan mood yang baik bagi penghuni di dalamnya.

Contohnya, apabila ruang kerja seorang dokter spesialis anak didesain dengan warna hitam atau gelap, maka ini juga bisa berpengaruh pada produktivitasnya. Harusnya, ruangan tersebut diberi sentuhan warna-warna cerah agar bisa menciptakan suasana yang ceria. Pastinya, ruang kerja dokter anak dan dewasa memiliki desain yang berbeda.

Di perguruan tinggi nanti, kamu juga akan mendapat banyak mata kuliah lain yang berhubungan dengan desain interior. Berikut adalah beberapa hal yang bakal kamu pelajari diantaranya.

  • Etika profesi.
  • Penataan ruang akustik.
  • Konstruksi bangunan.
  • Desain yang berdasarkan pada informasi yang diterima dari indera penglihatan, sentuhan, suara, penciuman hingga selera pengguna.
  • Kaitan antara keindahan bangunan dengan teologi dan sebagainya.

Keahlian Dasar yang Harus Dimiliki Sebelum Kuliah Jurusan Desain Interior

Agar kamu bisa lancar ketika mengikuti perkuliahan, maka kamu harus membuat pribadi kamu menjadi seseorang yang kreatif, mampu berkomunikasi secara baik, percaya diri, bisa berorganisasi dengan baik dan mampu bekerja secara tim. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga harus bisa menjadi negosiator yang baik.

Ketika kamu sudah menjadi desainer interior pasti akan bekerja dengan klien. Maka dari itu, kamu juga harus bisa menjadi negosiator handal, pintar mengatur anggaran, bisa bekerja sama dengan tim dan memiliki keinginan untuk terus belajar.

Tentu saja kamu juga harus tetap mencari bekal ilmu dan inspirasi agar tidak stuck di sana. Ya, jurusan ini memang memungkinkan kamu untuk bisa mengeksplor ide seluas mungkin dan bereksperimen untuk mengatasi masalah ruangan.

Prospek Kerja Desain Interior

Setelah lulus dari perguruan tinggi dan mendapat gelar sarjana, kamu bisa memiliki prospek kerja yang sangat bagus dengan gaji yang cukup tinggi. Itulah mengapa, jurusan ini tidak pernah sepi peminat. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa diambil oleh lulusan desain grafis.

  1. Bisnis Properti
    Menjadi pebisnis properti sangat menggiurkan, terlebih jika tempat bisnismu berada di kota besar. Bisnis properti saat ini semakin berkembang pesat, terlebih lagi peralatannya yang juga semakin modern.
  2. Konsultan Properti
    Menjadi seorang konsultan properti mengharuskan kamu untuk bisa memberi masukan terkait kondisi properti dan memiliki kemampuan dalam menilai peluang suatu masalah. Tujuannya tidak lain adalah supaya klien kamu bisa tetap mendapat keuntungan.
  3. Drafter dan Visualizer 3D
    Tugas dari profesi ini adalah memberi gambaran tentang ruangan agar bisa dimengerti orang dengan mudah. Tidak hanya dituntut untuk memiliki ide kreatif saja, pada profesi ini kamu juga harus bisa menggambar.
  4. Distributor produk interior
    Saat kuliah desain interior, kamu pastinya sudah mempelajari tentang furnitur, lukisan, lampu hias dan lain sebagainya. Jika memiliki skill ini, itu berarti kamu pasti juga pandai menilai harga jual yang disesuaikan dengan kualitas produknya.
  5. Perancang dan produsen furnitur
    Salah satu prospek kerja lulusan desain interior yang bisa menghasilkan banyak uang adalah sebagai perancang dan produsen furnitur. Dengan menjadi seorang perancang juga, pasti kamu juga akan memiliki lebih banyak keuntungan lagi.

Sebenarnya masih banyak profesi potensial lain yang bisa digeluti oleh para lulusan desain interior. Kamu hanya tinggal menyesuaikan skill dan minatmu saja agar ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah bisa memberi manfaat bagi orang banyak.

Jika kamu sudah mantap ingin masuk fakultas desain interior, selanjutnya tentukan kampus terbaik mana yang bisa memberikan materi desain interior yang berkualitas. BINUS @Bandung adalah rekomendasi terbaik. 

BINUS @Bandung tidak hanya memberikan tenaga pengajar yang mumpuni, namun juga akan membekali para BINUSAN agar memiliki daya saing di masa depan. Tunggu apa lagi, segera daftar diri kamu di https://binus.ac.id/bandung/informasibinusbdg23/.