Apa Itu Horror Vacui dalam Desain?

Dalam bidang seni DKV, terdapat istilah Horror Vacui yang sudah dikenal sejak zaman Yunani Kuno. Horror Vacui merupakan kebalikan dari gaya minimalis. Gaya desain ini kerap digunakan oleh seniman dan desainer grafis pada media komersial, seperti lukisan, koran, iklan cetak, komik, dan website.

Mengenal Horror Vacui Lebih Dekat

Horror Vacui adalah konsep yang telah berusia ratusan tahun yang digunakan dalam seni dan desain. Horror vacui adalah istilah Latin yang berarti ketakutan akan ruang kosong. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan gaya seni dan desain yang tidak menyisakan kekosongan. 

Horror Vacui pertama kali digunakan sebagai kritik terhadap desain interior dalam arsitektur dan bukan dianggap sebagai pujian. Namun, konsep Horror Vacui muncul di zaman Aristoteles. Horror Vacui dapat diartikan sebagai kecenderungan untuk lebih menyukai mengisi ruang kosong dengan objek dan elemen daripada membiarkan ruang tersebut kosong. 

Gaya desain ini akan memenuhi seluruh ruangan tersebut dengan karya seni, detail, atau informasi. Sebenarnya, hal tersebut sangat lazim dan sering ditemukan dalam kemasan produk. Desain kemasan yang penuh dengan informasi mengenai manfaat dan fitur secara tidak langsung memperkuat alasan untuk membeli produk.

Tren Horror Vacui

Tren Horror Vacui telah ada sejak ratusan tahun lalu. Penerapan ketakutan akan ruang kosong sebagai prinsip desain dapat diamati pada desain interior zaman Victoria atau pada bendar dari periode Migrasi. Di era tersebut, seluruh ruang penuh dengan detail, ornament, dan teks besar. 

Menariknya, alam juga mengajarkan manusia bahwa tidak ada ruang putih yang kosong. Sebaliknya, alam dipenuhi dengan pola, pengulangan, tekstur, dan kelegaan. Geometri adalah kuncinya. Semuanya berjalan sesuai pola yang unik. Salah satu contohnya adalah tembikar Yunani. 

Perbandingan Horror Vacui dengan Desain Minimalis

Kendati demikian, desain modern lebih menyukai kesederhanaan dalam tata letak. Hal ini tampak dari banyaknya ruang kosong pada website, katalog, iklan, maupun baliho. Saat ini, manusia telah terbiasa dikelilingi oleh antarmuka yang bersih dan jelas. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada membuka halaman web, katalog, atau berjalan melewati toko yang bagus dengan melihat elemen menonjol. 

Kesederhanaan tersebut menentramkan hati di zaman dengan ritme kesibukan tinggi, ketika akses informasi begitu cepat dan bertubi-tubi. Tak dimungkiri bahwa estetika visual di antara budaya yang berbeda sangat bervariasi. Gaya minimalis sangat kuat dalam budaya barat di era modern, sedangkan whitespace di Tiongkok dianggap sebagai sesuatu yang negatif dan tidak diinginkan. 

Melihat garis dan permukaan yang bersih seperti menghadapi seorang borjuis yang arogan. Keindahan dalam minimalis berasal dari sikap kontrol emosi dan pengekangan ekspresi individualitas borjuis. Sementara itu, upaya menampilkan informasi sebanyak mungkin di layar, dinilai dapat mewakili kualitas, fungsionalitas, dan efektivitas.

Mengingat pengemasan adalah media untuk ekspresi kreatif, visual sangatlah penting. Sebuah produk yang hanya mencantumkan merek dengan sedikit informasi dianggap kurang bisa menarik minat konsumen. Begitu juga dengan paket monokromatik dengan logo berpusat di atas atau toko dengan satu manekin di jendela. Namun, ada hubungan terbalik antara Horror Vacui dengan cara memandang nilai barang. 

Salah satu metode meningkatkan persepsi nilai produk adalah dengan mengurangi informasi visual. Makin banyak ruang kosong yang terisi, makin rendah nilai yang dirasakan dari item tersebut. Ketika terdapat sedikit informasi, nilai yang dirasakan dari barang tersebut justru lebih besar. Di sisi lain, gaya desain minimalis juga lebih hemat biaya. Meskipun demikian, menganalisis desain merupakan cara terbaik untuk menemukan gaya paling tepat yang efektif meningkatkan keuntungan. 

Kalau kamu tertarik untuk mempelajari konsep desain ini secara lebih dalam, jangan ragu memilih jurusan DKV di BINUS @Bandung! Di jurusan ini, kamu akan mendapatkan lebih banyak materi menarik sehingga pengetahuanmu dapat meningkat pesat. Tertarik? Yuk, rancang masa depanmu bersama Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY!