Kekuatan Visualisasi untuk Personal Branding dan Cara Membangunnya

Personal branding merupakan proses strategis dan kreatif. Personal branding adalah tentang pandangan publik terhadap “kemasan diri”. Layaknya seorang pebisnis yang menjual barang atau jasa, kamu harus tampak menonjol dan berbeda dari pesaing agar identitas diri dikenal oleh orang lain. 

Selain itu, fungsi dasar branding adalah sebagai pembeda. Personal branding diperlukan untuk memudahkan orang lain membedakan individu yang satu dengan lainnya. Personal branding bisa membantu kamu memposisikan diri di pasar, menciptakan citra unik, dan berkomunikasi secara profesional. 

Cara Membangun Visualisasi Personal Branding 

Mengingat sebagian besar manusia lebih mudah mengenali orang lain melalui visual, kamu bisa memanfaatkan Desain Komunikasi Visual untuk membentuk personal branding dan membangun impresi orang lain atas dirimu. Bagaimana caranya?

Menentukan Siapa Kamu

Dalam personal branding, merek adalah perpanjangan dari kepribadian kamu. Sebagai merek, kamu harus memahami siapa diri kamu secara mendalam. Kamu bisa membangun karakteristik dan kualitas diri di blog atau media sosial pribadi menggunakan visualisasi. Contoh: apabila menyukai kegiatan traveling, posting gambar disertai teks mengenai perjalanan kamu menjelajah tempat baru. 

Contoh lain: kalau kamu seorang penulis, kamu bisa membuat blog berisikan tulisan mengenai hal-hal yang kamu sukai. Jika kamu memiliki kemampuan berbicara yang luar biasa, tunjukkan diri kamu kepada orang lain melalui vlog atau podcast. Apabila kamu menyukai segala hal tentang kecantikan atau fesyen, kamu bisa memberikan inspirasi gaya berpenampilan dan berbusana melalui situs pribadi. Orang yang melihat postingan tersebut bisa langsung menilai dan mengenali siapa kamu.   

Biarkan Kepribadian Menentukan Gaya Visual

Otentik adalah kunci utama membangun personal branding. Jadilah dirimu sendiri dengan kualitas yang kamu miliki. Kamu bisa menunjukkan siapa dirimu melalui warna. Pilih dua hingga tiga warna palet yang mewakili kamu. Warna palet ini bisa menyampaikan makna dan emosi tertentu sekaligus membuat desain tampak menarik. 

Kendati ada banyak gaya visual, hanya satu yang cocok dengan kepribadian unikmu. Tugas kamu adalah mengidentifikasi gaya mana yang sesuai dengan kepribadian. Supaya lebih mudah, berikut daftar gaya visual yang bisa mewakili karaktermu.

  • Gaya geometris
  • Gaya modernis
  • Gaya antik
  • Gaya abstrak
  • Gaya minimalis
  • Gaya buatan tangan

Desain Logo dan Huruf

Setelah memilih warna dan gaya, mulailah mendesain logo. Kamu bisa membuat logo dari mama sendiri untuk menciptakan kesadaran merek dan membuat orang lain lebih mudah mengingatnya. Pilih satu atau dua jenis huruf. Huruf pertama adalah huruf utama yang harus sesuai kepribadianmu. Huruf kedua adalah huruf sekunder yang mampu melengkapi huruf pertama. Apabila kamu memilih untuk menggunakan simbol, pastikan bahwa simbol tersebut mewakili siapa kamu. 

Promosikan Diri

Ada dua jenis saluran yang bisa kamu gunakan, yakni media online dan media offline. Kamu bisa memulainya dengan membuat sebuah website pribadi berisikan hal-hal yang kamu sukai. Kamu juga bisa mengirim email, membagikan kartu nama, atau beriklan secara online untuk meningkatkan personal branding.

Di era modern media sosial bukan sekadar tempat untuk bertemu dan berkenal dengan orang baru, melainkan juga sebagai tempat mempromosikan diri. Gunakan media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan LinkedIn untuk memberitahu dunia siapa kamu yang sesungguhnya. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat gambar profil dan halaman sampul yang menarik. 

Lakukan posting secara teratur dengan gaya visual menarik untuk menumbuhkan rasa keingintahuan orang lain. Tambahkan deskripsi mengenai postingan tersebut untuk memperkuat personal branding. Khusus untuk LinkedIn, pastikan kamu membuat tajuk memukau untuk meningkatkan nilai dan citra diri di tengah kumpulan para profesional di bidangnya.

Demikianlah sekilas informasi mengenai personal branding dan cara membangunnya.  Kalau kamu tertarik untuk mengeksplorasi siapa diri kamu melalui visualisasi, kamu bisa mendalami bidang tersebut dengan kuliah di jurusan Visual Communication Design BINUS @Bandung. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari bagaimana sebuah desain atau gambar mampu mewakili nilai dan citra diri. Tertarik? Ayo, rancang masa depan bersama di Perguruan Tinggi Indonesia Berkelas Dunia BINUS UNIVERSITY!