Pengertian Tes Minat Bakat Masuk PTN dan Persamaan dengan Tes Minat Bakat Masuk PTS BINUS

Apakah Anda adalah salah satu dari sekian banyak calon mahasiswa yang penasaran dengan tes Minat Bakat masuk PTN dan PTS BINUS? Mungkin, kalian harus mengetahui apa itu tes minat bakat dan manfaatnya. Tes minat bakat akan membantu Anda untuk menentukan jurusan paling sesuai, meskipun sebenarnya Anda mungkin sudah memilih jurusan tertentu untuk ditempuh. 

Apa Tujuan Tes Minat Bakat Masuk PTN Dan PTS BINUS 

Pada dasarnya, tes minat bata patut dicoba. Terlebih saat Anda hendak memilih jurusan, baik di jenjang S1 ataupun D3. Tidak mudah untuk memilih jurusan kuliah. Terlebih jika calon mahasiswa tidak memiliki gambaran sama sekali akan jurusan yang akan mereka pilih. 

Beberapa calon mahasiswa memilih masuk Perguruan Tinggi Negeri. Mereka pun masih dapat mengikuti ragam tes minat bakat yang tersedia secara online. Bahkan, tersedia buku-buku berisikan soal tes minat bakat yang dapat mereka coba. 

Bagi mereka yang ingin masuk ke universitas swasta, mereka justru memiliki akses lebih banyak untuk memilih tes minat bakat. Universitas ternama seperti BINUS, misalnya, yang menawarkan tes minat bakat yang berfokus pada pemahaman mendalam calon mahasiswa untuk menentukan jurusan yang paling sesuai. 

Pada dasarnya, tujuan tes minat bakat adalah untuk memberi pedoman kepada calon mahasiswa. Mereka tidak akan salah pilih dalam melanjutkan kuliah di perguruan tinggi pilihan mereka. Terlebih, kuliah memerlukan waktu cukup lama, yaitu 8 semester untuk jenjang S1. 

Jika mereka salah jurusan, tentu mereka akan membuang waktu dan biaya. Tetapi, jika mereka memilih jurusan sesuai hasil tes minat bakat, mereka mereka ber kesempatan mendapatkan ilmu bermanfaat yang belum mereka dapatkan sebelumnya. Bahkan, jika mereka kuliah di universitas terpercaya, justru mereka akan mendapatkan lebih dari sekedar ilmu teori. 

Mengapa Tes Minat Bakat Sangat Penting? 

Patut disayangkan jika calon mahasiswa tidak memahami pentingnya tes minat bakat. Padahal, ada beberapa keuntungan yang mereka dapat jika mengikutinya. Keuntungan mengikuti tes minat bakat masuk PTN dan PTS BINUS adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan Kelebihan dan Kekurangan
    Saat calon mahasiswa mengerti kelebihan dan kekurangan mereka, keputusan untuk memilih jurusan tertentu dapat dipertimbangkan kembali. Pasalnya, mereka tidak hanya akan kuliah, tetapi juga mengikuti kegiatan ekstrakurikuler atau bahkan magang di perusahaan. Melalui tes minat bakat, mereka dapat memilih jurusan yang sesuai dengan kelebihan dan minat mereka.
    Yang terpenting adalah calon mahasiswa masih dapat memperbaiki sisi kekurangan mereka di bidang tersebut.  Hasil tes minat bakat akan menunjukkan bagaimana mahasiswa dapat memperbaiki kekurangan dengan menambah kelebihan di bidang lainnya. Gambaran akan jurusan yang dipilih akan lebih jelas melalui hasil tes minat bakat. 
  2. Menggali Potensi
    Tidak sedikit calon mahasiswa yang justru baru mengetahui minat dan bakat mereka setelah mengikuti tes minat bakat. Mereka bahkan dapat mengerti bidang yang mereka kuasai dan sukai sekaligus. Imbasnya adalah calon mahasiswa akan memilih jurusan sesuai, serta karier yang dapat mereka jalani sesuai dengan minat dan bakat. Pastinya, seorang calon mahasiswa akan memiliki semangat belajar jika mereka memilih jurusan yang tepat.
    Perlu diingat bahwa semua manusia terlahir berbeda. Seseorang yang tidak berbakat di satu bidang bukan berarti tidak cerdas. Seorang calon mahasiswa yang tidak berminat dan menguasai akuntansi tentu akan kesulitan saat harus menempuh jurusan ini. Jurusan yang tidak sesuai tidak hanya merugikan mahasiswa, tetapi juga orang tua yang sudah mengeluarkan biaya. 
  3. Sebagai Referensi Pendamping
    Tes minat bakat masuk PTN dan PTS BINUS sama-sama dapat menjadi referensi pendamping. Tes ini dapat menjadi alternatif pertimbangan bagi calon mahasiswa. Mereka masih harus mendapat bimbingan dari guru sekolah atau guru les yang sudah berpengalaman.
    Mahasiswa yang sudah menempuh tahun kedua biasanya sudah dapat menguasai bidang studi secara komprehensif jika jurusan sesuai minat dan bakat mereka. Misalnya mereka yang sempat ragu dengan jurusan Marketing and Communication saat awal masuk kuliah, akan mengalami bahwa mereka ternyata adalah seorang komunikator handal. Seiring dengan berjalannya waktu, mahasiswa sudah mendalami teori dan praktek sesuai minat dan kemampuan.

Persamaan Tes Minat Bakat masuk PTN dan PTS BINUS

Saat ini, tes minat bakat tersedia di banyak situs. Calon mahasiswa dapat memanfaatkan internet untuk mencari tes minat bakat yang mereka butuhkan. Bagi mereka yang ingin masuk PTN, mereka dapat mencoba tes minat bakat yang disediakan di berbagai situs yang terkait dengan kependidikan. 

Tes minat biasanya akan terbagi menjadi dari tes kegemaran, bidang studi yang diminati serta kemampuan dalam belajar. Sementara itu, tes bakat terkait dengan penilaian dalam menggunakan nalar secara deduktif, spasial, aritmatika, induktif dan reasoning. Keduanya tersaji dalam satu sesi dimana peserta tes harus langsung menyelesaikannya untuk mendapatkan hasil terakurat. 

Tes minat bakat yang umum adalah tes kesesuaian. Tes ini berisi pertanyaan yang terkait dengan keinginan dasar calon mahasiswa akan program studi. Nantinya, sistem dapat memberikan penilaian untuk kesesuaian minat dan bakat peserta tes terhadap program studi yang disebutkan.

Tes kesesuaian memiliki perbedaan mendasar dengan tes rekomendasi. Tes rekomendasi biasanya menawarkan beberapa jurusan umum. Sedangkan tes kesesuaian dapat menunjukkan persentase kesesuaian calon mahasiswa akan berbagai jurusan yang ada. Bahkan, calon mahasiswa dapat mempertimbangkan faktor pendukung sekaligus tantangan sebelum menentukan pilihan. 

Terdapat kesamaan tes minat bakat masuk PTN dan PTS BINUS dalam hal penilaian psikologi. Semua tes bakat minat telah mendapatkan pengujian dari pakar psikologi. Dengan demikian, peserta tes dapat mengetahui bagaimana kepribadian mereka akan sesuai atau tidak sesuai dengan jurusan yang dipilih. 

Namun, tes bakat minat PTN menggunakan formula khusus berbasis kepribadian, yaitu karakter Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Enam jenis kepribadian tersebut dapat menggambarkan kesesuaian calon mahasiswa dengan beberapa jurusan sesuai karakteristik mereka. 

Menurut pakar, kepribadian seseorang dapat menentukan jurusan atau bidang yang sesuai dengan kemampuan belajar. Pengujian secara khusus juga akan dilibatkan dalam tes bakat minat. Hal ini termasuk gaya belajar, dimana hal ini berpengaruh dengan bidang studi yang akan ditempuh. 

Mungkin tidak banyak yang mengira bahwa penilaian nantinya akan mencakup kepribadian serta peminatan akan bidang studi dan karir tertentu. Bahkan, banyak calon mahasiswa yang bingung dengan jawaban dari pertanyaan yang tersedia. Sebenarnya, pertanyaan yang ada tidaklah sulit karena tidak ada jawaban salah dan benar. Yang terpenting adalah calon mahasiswa menjawab dengan jujur sehingga hasil tes dapat memberikan gambaran akan bidang studi yang tepat.

Bagaimana BINUS @Bandung Berbeda? 

Sedangkan bagi mereka yang ingin bergabung di BINUS, mereka dapat juga mengikuti tes minat bakat yang ada di situs resminya. Bahkan, tes minat dan bakat tersebut tidak hanya mencakup tes tentang minat dan bakat calon mahasiswa seperti yang tersedia di tes minat bakat masuk PTN. Tetapi, tes tersebut juga menekankan pada kemampuan siswa dalam belajar atau study skill, serta potensi kemampuan calon mahasiswa untuk dapat lulus sesuai prosedur. 

Tes minat bakat dari BINUS University mencakup tiga aspek penting. Aspek pertama adalah logika verbal. Kemampuan logika verbal sangat dibutuhkan untuk berdiskusi dan menyampaikan pendapat. Kemampuan ini sangat penting untuk dapat berkompetisi di dunia kerja atau bisnis yang semakin tinggi ini. 

Aspek kedua adalah Analisis Abstraksi. Calon mahasiswa harus memiliki kemampuan menganalisa kemampuan untuk menyelesaikan abstraksi matematis. Kemampuan ini sangat penting dalam menentukan solusi pemecahan masalah, melalui logika berpikir yang matang. 

Aspek ketiga yang tak kalah penting adalah Analisis Hitung. Mungkin banyak yang mengira bahwa tes ini hanya untuk mereka yang hendak mengambil jurusan yang melibatkan hitung-hitungan matematika. Padahal, kemampuan analisis hitung dibutuhkan di setiap bidang pekerjaan seperti akuntan pajak, manajemen dan banyak lagi. 

Dengan menyelesaikan tes minat bakat yang ada di BINUS, maka calon mahasiswa tidak hanya menyerap ilmu teori saja. Tetapi, mereka juga dapat mengembangkan ilmu yang didapat melalui praktek langsung, baik menganalisa sekaligus memecahkan masalah. Inovasi juga merupakan inti dari semua mata kuliah yang didapat dari BINUS University. 

Salah satu jurusan yang mengedepankan inovasi dan kreativitas adalah Creativepreneurship yang saat ini menjadi jurusan terfavorit dari mahasiswa BINUS @Bandung.  Jurusan dengan jenjang S1 ini mementingkan kemampuan mahasiswa untuk menjadi entrepreneur sejati yang selalu kreatif dengan berbagai inovasi. 

Mengapa Harus Ragu Memilih BINUS @Bandung? 

Setelah Anda mengetahui jenis tes minat bakat masuk PTN dan PTS BINUS, Anda sudah mendapatkan gambaran tentang bakat Anda. Memilih jenjang S1 Creativepreneurship adalah keputusan paling tepat. Pasalnya, jurusan ini pasti sesuai dengan bakat dan minat calon mahasiswa kekinian yang sarat dengan inovasi. 

Yakinlah bahwa bergabung dengan BINUS @Bandung adalah keputusan terbaik. Mahasiswa dapat berinovasi dan menyalurkan kreativitas secara terukur, sekaligus memperbaiki kekurangan melalui proses belajar yang dibimbing oleh dosen profesional di bidangnya. 

Jangan pikir dua kali! Segera daftar langsung dengan klik disini untuk menjadi bagian dari BINUS.

Source: 

https://campus.quipper.com/aptitude_test

https://zebracross.id/tes-kesesuaian-minat-bakat-dalam-memilih-jurusan