Sebelum calon mahasiswa mengenal apa itu tes minat bakat, mereka sendiri harus sudah dapat memiliki gambaran akan jurusan yang akan mereka tempuh. Terlepas dari hasil tes minat bakat tersebut, paling tidak mahasiswa tidak salah pilih jurusan. Fenomena salah pilih ini sangat marak, dimana mahasiswa menjadi enggan meneruskan kuliah, atau sekedar kuliah asal-asalan untuk menyelesaikan studinya. 

Sebelum menempuh tes minat bakat, mahasiswa seharusnya telah memiliki gambaran akan bakat dan minatnya saat masih di jenjang sekolah menengah umum. Biasanya, ada beberapa sekolah menengah umum yang menawarkan tes bakat minat supaya siswa memahami jurusan apa yang mereka akan tempuh. 

Saat mereka hendak memasuki calon kampus yang mereka tuju, maka mereka harus mengikuti tes minat bakat. Saat ini, hampir semua kampus menawarkan tes tersebut secara gratis. Calon mahasiswa dapat mengikuti beberapa tes minat bakat sekaligus di beberapa situs kampus yang hendak mereka pilih. 

Apa Itu Tes Minat Bakat? Pastikan Pilih Jurusan Sesuai 

Tes minat bakat adalah serangkaian tes dengan metode analisa untuk melihat kemampuan kognitif calon mahasiswa. Selain itu, tes ini juga dapat mendeteksi minat bakat dari mahasiswa, sekaligus kepribadian mereka yang dapat mempengaruhi minat dan bakat tersebut. Tes ini sama sekali berbeda dengan tes IQ. 

Intinya, tes minat bakat ini adalah salah satu metode paling jitu supaya calon mahasiswa dapat mengenal kemampuan serta minat mereka. Hasilnya tentu akan menentukan bagaimana mereka memutuskan jurusan terbaik di perguruan tinggi. 

Isi dari tes minat bakal berisi adalah soal-soal yang sederhana. Pertanyaannya terkait dengan kepribadian mahasiswa. Jawaban yang diberikan nantinya dapat menunjukkan kelebihan serta kekurangan calon mahasiswa. Dengan demikian, calon mahasiswa dapat menentukan jurusan terbaik untuk mereka. 

Tes minat bakat ini wajib diikuti calon mahasiswa. Meski mereka sudah menentukan jurusan yang ingin mereka pilih, tetapi lebih baik mereka mengikuti tes ini. Dengan demikian, mereka semakin yakin dengan pilihannya.  Yang juga tak kalah penting adalah calon mahasiswa dapat memilih tes minat bakat dari kampus yang hendak mereka pilih.

Adakah Manfaat Tes Minat Bakat?

Tentunya manfaat dari tes minat bakat sangatlah besar. Manfaat tersebut adalah 

  1. Pemahaman Potensi Pribadi
    Calon mahasiswa biasanya masih berusia kurang lebih 17 hingga 18 tahun. BIsa jadi mereka tidak mengetahui potensi pribadi mereka. Mungkin saja mereka tertarik dengan ilmu bahasa. Namun, mereka dapat memilih jurusan yang dapat mendukung peminatan mereka. Hal ini dilakukan supaya mereka dapat memilih jurusan dimana lulusannya dibutuhkan di dunia kerja modern. 
  2. Pengarahan Potensi
    Tidak sekedar mengetahui apa itu tes minat bakat, calon mahasiswa juga harus mengetahui bagaimana kemampuan kognitif mereka. Hal ini dapat dideteksi melalui serangkaian tes analisa yang nantinya akan menunjukkan detail potensi yang unik dari setiap kepribadian.
    Pertanyaan yang diajukan untuk pengarahan potensi adalah tes untuk mendeteksi kemampuan kognitif, karakteristik kepribadian serta minat siswa untuk jurusan-jurusan yang diminati. Terkadang, mahasiswa justru mendapatkan referensi jurusan lain yang sebelumnya mungkin tidak mereka perkirakan sebelumnya. 
  3. Menentukan Kelebihan dan Kekurangan
    Kelebihan dan kekurangan mahasiswa disini tidak terkait tingkat intelegensi mereka. Namun, kelebihan dan kekurangan lebih terkait pada jurusan yang akan dipilih. Misalnya, mereka yang memilih jurusan Akuntansi bukan hanya sekedar ingin menempuh jurusan tersebut. Namun, mereka harus memiliki kemampuan berhitung yang cukup tinggi.
    Tentunya, calon mahasiswa jangan merasa berkecil hati. Apabila mereka memiliki kekurangan dan tidak dapat menempuh studi yang mereka inginkan, mereka dapat memilih jurusan lain yang hampir sama. Semisal, calon mahasiswa yang memiliki kekurangan untuk satu jurusan, mereka dapat memilih jurusan lain yang sesuai dengan kelebihan mereka. 
  4. Meningkatkan Kepercayaan Diri
    Tidak dapat dipungkiri bahwa calon mahasiswa yang sudah mengikuti tes minat bakat akan lebih percaya diri. Apabila mereka sudah yakin dengan jurusan yang mereka pilih serta hasil tes minat bakat yang juga mendukung, tentu kepercayaan diri akan meningkat. Minat dan bakat yang sesuai dengan jurusan pastinya akan membuat mahasiswa meraih prestasi yang diinginkan.
    Hasil tes minat bakat yang mendukung jurusan yang dipilih akan membuat mahasiswa memiliki keinginan keras untuk menyelesaikan pendidikan. Terlebih jika mereka memilih kampus yang siap melahirkan lulusan siap kerja. Saat ini, perusahaan memang tidak sekedar membutuhkan mahasiswa dengan nilai bagus saja tetapi juga berkemampuan baik dan siap kerja. 

Mencari Tes Minat Bakat dari Kampus Ternama 

Pastinya, tes minat bakat tersedia dari hampir semua kampus. Jadi, calon mahasiswa dapat langsung mengikuti tes minat bakat dari situs resmi kampus yang mereka pilih. Dengan demikian, soal-soal yang ada di tes tersebut sesuai dengan kebutuhan kampus akan minat dan bakat dari calon mahasiswa yang akan bergabung. 

Disarankan calon mahasiswa dapat memilih tes minat bakat dari kampus yang sudah memiliki reputasi baik. Pasalnya, kampus ternama pastinya telah memiliki poin-poin penting sebagai bahan evaluasi. Salah satu bahan evaluasi tersebut adalah study skill atau karakter belajar dari calon mahasiswa. 

Mengapa study skill sangat penting? Bagi kampus yang sudah memiliki reputasi terpercaya, mereka tentu harus memiliki mahasiswa dengan kemampuan belajar yang bagus. Seorang mahasiswa dengan skill belajar yang bagus akan memiliki logika verbal yang bagus serta analisis hitung yang cermat. 

Saat semua aspek tersebut sudah terpenuhi, maka mahasiswa berpotensi lulus tepat waktu. Hal ini tentunya memberikan keuntungan bagi mahasiswa tersebut. Kampus juga mendapatkan nilai lebih dengan keberadaan mahasiswa yang tidak hanya lulus tepat waktu, tetapi juga siap kerja. 

Apa Saja Yang Harus Disiapkan?

Selain mengetahui apa itu tes minat bakat, mahasiswa juga perlu mendapatkan kisi-kisi tes minat dan bakat. Pertama, ada tes logika dimana tes ini tentunya menjadi bagian penting dari tes manapun. Selain itu, tes berikutnya adalah Abstraction yaitu tes kemampuan calon mahasiswa untuk mengetahui pola-pola di gambar yang tersedia. Sedangkan tes berikutnya adalah tes verbal untuk mengetes kemampuan berkomunikasi. 

Pada dasarnya, calon mahasiswa harus mempersiapkan tes minat dan bakat. Meskipun tidak dapat dipelajari secara teori, namun tes minat dan bakat membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Karena itulah, calon mahasiswa dapat mempersiapkan fisik dan psikis untuk menyelesaikan tes dengan tepat tanpa kehilangan konsentrasi. 

Cobalah tes minat bakat yang ada di situs BINUS @Bandung. Tes minat bakat yang ada telah dirancang khusus untuk mengetahui kemampuan belajar mahasiswa di bidang verbal, kognitif serta analitik. Mahasiswa dapat mengukur kemampuan mereka sebelum memilih jurusan. 

Bagi calon mahasiswa yang memilih jurusan S1 Creativepreneurship, mereka sudah mengambil keputusan yang tepat. Jurusan ini akan menghasilkan lulusan yang siap memulai bisnis mereka sendiri dengan ide out of the box. Lulusan S1 Creativepreneurship merupakan unggulan dari BINUS @Bandung yang tidak hanya punya ide kreatif berbisnis, baik di tingkat nasional maupun internasional. 

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftar jadi bagian dari S1 Creativepreneurship BINUS cukup dengan klik disini.

Source:

https://www.ican-education.com/blog/tes-minat-bakat-untuk-jurusan-kuliah/

https://sevima.com/manfaat-tes-minat-bakat-agar-tak-salah-jurusan-calon-mahasiswa-wajib-coba/