Contoh Usaha Kreatif  yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Tidak sedikit anak muda yang mencari contoh usaha kreatif untuk memulai bisnis sendiri. Anak muda kekinian tak lagi ingin sekedar menjadi karyawan. Terlebih bagi mereka yang merupakan lulusan jurusan seperti Creativepreneurship yang telah berbekal ide inovatif serta telah terbiasa menciptakan gagasan kreatif. 

Memang, inti dari memulai bisnis kreatif yang menguntungkan adalah dengan menemukan ide bisnis yang sesuai dengan keahlian, dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Saat ini, anak muda cenderung mengembangkan bisnis online yang memang tidak akan surut. Terlebih, konsumen pun semakin banyak yang melek digital.

Namun, tidak semua anak muda dapat mencari contoh usaha kreatif. Pasalnya, tidak semua orang dapat menemukan ide bisnis yang inovatif. Terlebih, persaingan bisnis online semakin tinggi. 

Padahal, di era serba digital ini, bisnis online dapat menghadirkan opsi startup dengan modal sangat sedikit. Rahasianya adalah melakukan penyesuaian minat dengan skill serta modal yang ada. Lulusan jurusan Creativepreneurship telah memiliki ilmu penerapan dalam memulai usaha kreatif. 

 

Cari Tahu Apa Saja Contoh Usaha Kreatif Paling Sip

Mereka yang benar-benar ingin membangun usaha kreatif harus mengenal kompetitor dengan baik. Hal ini berarti mereka dapat stalking kompetitor melalui media sosial. Dengan demikian, pemilik usaha dapat mengidentifikasi target pelanggan dan dapat mencari celah untuk menciptakan produk atau jasa yang tidak dimiliki kompetitor. 

Apa saja contoh usaha kreatif yang bisa dilakukan anak muda kekinian? 

  1. Web Designer
    Saat ini, bisnis web desainer atau pengembangan website sangatlah potensial. Siapapun dapat menjadi web desainer, terutama mereka yang merupakan lulusan jurusan Computer Science atau Visual Communication Design dan Creativepreneurship. Web desainer membuat situs dan mengatur tata letak sehingga situs menjadi mudah diakses dengan tampilan yang menarik.
    Pada dasarnya, siapapun dapat menjadi web desainer. Dasar-dasar desain web sangat mudah. Terlebih, platform seperti WordPress menyediakan plugin lengkap dan canggih.
    Web designer juga dapat mengembangkan kemampuan dengan belajar coding supaya proses pembuatan situs web menjadi lebih efektif. Mereka dapat mempelajari HTML, JavaScript dan semacamnya sekaligus pengembangannya. Web desainer harus dapat melayani pelanggan dari berbagai skala, baik pengusaha baru ataupun pengusaha yang sudah berbisnis selama puluhan tahun. 
  2. App Developer
    Pengembang aplikasi juga menjadi salah satu contoh usaha kreatif. Terlebih aplikasi seluler kini jauh lebih populer dibandingkan situs web. Pemilik perusahaan juga kini berminat memperkenalkan produk mereka melalui aplikasi seluler.
    Para lulusan jurusan yang terkait dengan teknologi informasi dapat mengembangkan ide inovatif untuk membuat aplikasi melalui pembuatan koding. Bahkan, mungkin mereka dapat membuat aplikasi sendiri, baik itu game atau e-commerce.
    Memang, pengembang aplikasi harus memahami beberapa elemen dasar untuk desain perangkat lunak. Mereka dapat mengenal bahasa pemrograman yang paling umum misalnya PHP, JavaScript dan sebagainya.  Seorang pengembang aplikasi juga dapat menggandeng rekan sesama lulusan di jurusan yang sama untuk berkolaborasi. 
  3. Penyedia Jasa IT
    Salah satu contoh usaha kreatif lainnya adalah menyediakan jasa IT. Faktanya, bisnis pemula kecil tidak menyediakan anggaran untuk merekrut karyawan TI.  Padahal, mereka tentu membutuhkan tenaga ini, terlebih saat sistem komputerisasi dan koneksi internet mereka mengalami gangguan.
    Para lulusan jurusan yang terkait dengan teknologi informasi dapat bekerja sama dan menyediakan jasa ini. Mereka dapat menawarkan jasa melalui media sosial dan platform seperti Upwork atau Fiverr untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Pelanggan tidak akan ragu menyewa jasa ini, terlebih jika mereka tahu bahwa mereka menyewa teknisi lulusan universitas ternama. 
  4. Online Writer
    Tidak ada situs bisnis yang hanya menampilkan gambar. Konten berupa artikel atau teks selalu menjadi kelengkapan situs bisnis. Disinilah tersedia peluang menjadi penulis konten. Memang, banyak content writer yang bersedia menawarkan jasa mereka meski tidak banyak yang memiliki latar belakang teknis.
    Bagi calon penulis dengan latar belakang sains, teknik dan sebagainya, mereka dapat menjadi content writer yang dapat menulis tentang instruksi manual dari mesin industri, misalnya. Content writer untuk penyampaian hasil penelitian ilmiah juga dapat menjadi contoh usaha kreatif. Selain itu, penulis di bidang tertentu seperti membuat resume, membuat makalah, terjemahan dan sebagainya juga sangat dibutuhkan.
    Saat ini, mengiklankan diri juga sangat mudah. Fiverr, Upwork, LinkedIn telah menyediakan tempat untuk itu. Tentunya, calon content writer harus menyediakan sampel tulisan sesuai yang mereka tawarkan. Dengan demikian, calon pelanggan dapat dengan yakin menyewa jasa mereka.
    Berikan contoh resume dan surat pengantar orang lain yang telah Anda bantu, dan bagikan resume dan surat pengantar Anda yang sukses untuk menunjukkan keahlian Anda.
  5. Affiliate Marketer
    Affiliate marketer atau pemasar afiliasi adalah contoh usaha kreatif yang membutuhkan ketekunan dan kerja keras. Hasilnya pun luar biasa, terlebih jika pemasar bergabung dengan situs seperti Amazon. Tugas pemasar adalah melakukan pemasaran afiliasi dengan mengulas produk secara positif.
    Saat ini, sangat banyak pemilik situs e-commerce yang menawarkan jasa ini. Mereka menganggap bahwa affiliate marketer sangat efektif dalam menyebarkan ulasan positif terkait dengan produk atau jasa mereka.
    Affiliate marketer memiliki beberapa opsi. Opsi pertama adalah affiliate yang tidak terikat dimana pemasar tidak terlibat dengan produk yang mereka promosikan. Tersedia pula affiliate marketer yang harus memasarkan konten produk sekaligus menggunakan produk tersebut.
    Tentu saja, seorang affiliate marketer harus memiliki situs dengan niche yang sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh penyedia afiliasi. Selain itu, pemasar afiliasi juga harus punya media sosial dengan banyak pengikut. Anak muda awalnya sangat menggemari profesi ini karena mereka sering mendapat sampel produk gratis, dimana akhirnya mereka menjadikan profesi ini sebagai mata pencaharian utama. 
  6. Blogger atau Vlogger
    Bisa jadi, contoh usaha kreatif yang satu ini benar-benar menjadi usaha yang menantang. Saat ini, profesi menjadi seorang blogger sangatlah banyak. Jutaan video di YouTube menghadirkan vlogger dari seluruh dunia. Seiring dengan ketatnya kompetisi, tentu seorang blogger atau vlogger benar-benar harus inovatif.
    Seorang blogger harus memiliki blog bisnis berbayar melalui platform WordPress atau Weebly. Blog tersebut haruslah memiliki user interface yang simpel sehingga pengunjung tidak ragu mengeksplorasinya. Kuncinya adalah konsistensi dan kualitas konten.
    Sumber penghasilan seorang blogger adalah Google Adsense. Untuk mendapatkannya, blogger harus menjangkau pembaca sebanyak mungkin. Pembaca tersebut juga haruslah yang stabil. Konsekuensinya adalah blogger harus konsisten menulis konten berkualitas tinggi sehingga ada nilai penting untuk pembaca setia dan pembaca baru.
    Tentu saja, blogger harus menyajikan konten yang berguna atau menghibur secara positif. Dengan demikian, situs tersebut tetap mendapatkan tempat di mesin pencari. Setelah blog mendapat pengunjung setia, blogger dapat menambah penghasilan melalui pembuatan online tutorial atau e-book. Blog dengan pengunjung tinggi dapat menjual ruang iklan pengusaha lokal.
    Sedangkan vlogger pun juga harus memiliki situs web sendiri. Mereka dapat mempromosikan produk melalui YouTube atau TikTok, namun tetap menghubungkan video dengan situs bisnis mereka. Dengan demikian, pelanggan dapat mencari informasi yang mereka butuhkan.
    Memang, persaingan kini sangat tinggi dimana YouTube berisi jutaan vlogger dengan berbagai niche. Disinilah tantangan untuk vlogger. Ikuti kisah sukses para vlogger yang merintis sejak nol hingga mencapai minimal 1 juta subscriber. Imbangi Inspirasi dari vlogger sukses tersebut dengan kreativitas dalam menjaring pasar potensial. 
  7. Kerajinan Tangan
    Pelanggan di negara-negara maju sangat menghargai kerajinan tangan dibandingkan produk pabrik. Etsy menjadi salah satu platform e-commerce terpopuler untuk kerajinan tangan. Opsi ini sangat menarik karena Indonesia sangat kaya akan produk kerajinan tangan.
    Anda tertarik dengan bisnis ini tetapi tidak dapat memproduksi kerajinan tangan? Tidak perlu punya produk kerajinan tangan sendiri untuk memulai bisnis ini. Cukup dengan menggandeng industri kecil yang mungkin tidak punya akses untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri.
    Dengan demikian banyak pihak diuntungkan. Anda dapat membantu para pengusaha kecil yang mungkin belum melek teknologi. Anda juga dapat meraih keuntungan dengan memasarkan produk mereka. Memaksimalkan kemampuan Anda dalam memasarkan produk melalui iklan di media sosial atau situs pribadi.
    Tentunya, keuntungan lebih besar dapat dinikmati bagi mereka yang memiliki produk kerajinan sendiri. Modal juga tidak terlalu besar untuk memproduksi dan menjual karya seni di toko online. Kini saatnya produk lokal merajai pasar internasional. 

Jangan Tunggu Lulus Kuliah untuk Mulai Berbisnis!

Semua contoh usaha kreatif tersebut diatas dapat segera dilakukan dengan mudah. Terlebih bagi mahasiswa S1 jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung. Saat ini, mereka sudah memulai usaha mereka sendiri sembari tetap kuliah. 

Tentunya, mereka dapat melakukannya dengan mudah karena mereka langsung mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan. Mahasiswa S1 jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung dibekali dengan pengetahuan komersialisasi TIK dengan keterampilan sekaligus entrepreneurship attitude yang kreatif dan inovatif. 

Semua proyek yang dikerjakan selama kuliah membekali mahasiswa untuk dapat mengikuti perkembangan bisnis yang sangat kompetitif. 

 Jadi, jangan ragu bergabung di S1 jurusan Creativepreneurship BINUS @Bandung untuk dapat menjadi entrepreneur sejati yang sukses membangun bisnis dan memperluas lapangan kerja. Klik daftar disini untuk meraih impianmu menjadi pemilik usaha kreatif bersama BINUS.

Source: 

https://blog.hubspot.com/sales/small-business-ideas

https://www.niagahoster.co.id/blog/ide-bisnis/