Fakta unik kota bandung

Fakta Unik Kota Bandung yang Wajib Kamu Tahu

Siapa yang tidak kenal dengan Bandung? Ya, kota yang berdiri pada 25 September 1810 ini telah menjadi saksi bisu dari perjalanan sejarah bangsa Indonesia serta dunia. Ada begitu banyak momen bersejarah penting yang terjadi di kota ini. Selain itu, kota yang berjuluk kota Kembang ini juga menjadi salah satu kota tujuan wisata dan pendidikan. Lantas, apa saja fakta unik Kota Bandung lainnya? Berikut ulasannya: 

Fakta Unik Kota Bandung yang Wajib Kamu Tahu

Sebagai ibu kota Jawa Barat, Bandung memiliki banyak fakta unik. Nah, apa sajakah fakta unik tersebut? Berikut ulasannya!

  1. Asal Mula Bandung
    Asal mula kota Bandung dipercaya bermula dari terbentuknya aliran lava hasil letusan Gunung Tangkuban Perahu yang terbendung di Sungai Citarum. Nah, daerah tersebut kemudian disebut Bandung yang mana asal katanya adalah “Bendung” atau “Bendungan”.
    Selain itu berdasarkan dari filosofi Sunda, dipercaya jika asal muasal nama kota Bandung berasal dari kalimat “ngaBandungan Banda Indung”. Kalimat yang sakral dan luhur ini memiliki arti segala sesuatu yang ada di alam hidup atau berada di atmosfer dan bumi mulai dari makhluk hidup hingga benda mati.
    Jika dirinci kembali, sinonim dari kata “banda” disini adalah harta, sedangkan kata “indung” berarti bumi atau ibu pertiwi dimana “banda” berada.
    Maksudnya, dari bumi semua hal muncul atau lahir sebagai banda, segala sesuatunya yang berada di alam hidup merupakan Banda Indung mulai dari tanah, air, api, hewan, tumbuhan.  manusia, dan semua isi dari perut bumi. Sedangkan langit terluar menjadi tempat untuk menyaksikan Sang Hyang Wisesa atau disebut Nu Ngabandungan yang memiliki kuasa di langit serta seluruh alam semesta, termasuk juga bumi di dalamnya.
    Jadi jika ditilik secara filosofis, arti dari kata Bandung adalah tempat semua makhluk baik makhluk hidup atau benda mati yang lahir serta tinggal di Ibu Pertiwi yang mana keberadaaan mereka disaksikan oleh Yang Maha Kuasa.
    Nah, bagaimana? Apakah fakta unik kota Bandung ini cukup menjawab rasa penasaranmu tentang asal muasal nama Bandung? 
  2. Kota Paris Van Java dan Kota Kembang
    Sebutan Kota Kembang dan Kota Paris Van Java serasa sudah mendarah daging untuk kota Bandung. Namun, tahukah kamu fakta unik kota Bandung yang mendapatkan julukan tersebut?
    Kedua julukan tersebut sebenarnya merujuk keindahan kota Bandung sendiri. Disebut kota Kembang karena Bandung merupakan kota yang cantik dan asri dengan banyak pohon serta bunga-bunga menghiasi seluruh kota.
    Lantas, kenapa Bandung disebut Paris van Java atau Paris-nya Pulau Jawa?  Perlu diketahui jika sebutan ini sudah muncul sangat lama sekitar tahun 1900 an. Kala itu fashion yang digunakan oleh masyarakat Bandung bisa disebut sangat “Paris”.
    Awal mula sebutan ini bermula pada tahun 1900 terdapat sebuah toko di Jalan Braga yang bernama Aug. Tempat tersebut menjadi tempat fashion kekinian bagi warga Bandung. Kemudian di tahun 1913 toko tersebut berganti nama menjadi Au Bon Marche Modemagazin. Beragam model baju terbaru Paris akan selalu muncul di toko ini.
    Namun tak hanya itu, julukan Paris Van Java ini juga didasarkan dari arsitektur kota Bandung yang sangat mirip dengan Paris karena menggunakan konsep art deco. 
  3. Pusat Fashion
    Fakta unik kota Bandung yang tak bisa dibantah adalah kota Bandung yang menjadi pusat fashion. Ini bukan lagi rahasia umum. Bandung memang sudah lama terkenal sebagai pusat fashion Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari berbagai brand terkenal di luar negeri yang bisa kamu temukan di Bandung. Selain itu, ada banyak brand lokal berkualitas yang terlahir di Kota Kembang ini.
    Nah, menariknya produk fashion yang dijual disini memiliki harga yang relatif murah sehingga Bandung pun juga disebut sebagai salah satu destinasi wisata belanja favorit yang harus dikunjungi. 
  4. Ibukota dari Asia Afrika
    Fakta unik kota Bandung kedua adalah menjadi ibu kota Asia Afrika. Bagaimana bisa? Perlu diketahui jika Indonesia menjadi salah satu negara pelopor Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 24 April 1955.
    Tujuan Indonesia bersama dengan India, Pakistan, Sri Lanka serta Burma kala itu adalah mempererat solidaritas negara di kawasan Asia Afrika serta untuk melawan bentuk kolonialisme barat.
    Konferensi kala itu membuat Bandung sebagai tuan rumah untuk KTT atau Konferensi Tingkat Tinggi yang dihadiri oleh 29 perwakilan dari negara di Asia-Afrika. Dalam konferensi yang berlangsung tersebut kemudian menghasilkan 10 poin kesepakatan yang terkenal dengan sebutan “Dasasila Bandung”. Nah dari sinilah cikal bakal dari terbentuknya gerakan non-blok yang mencuat pada tahun 1961.
    Karena kota Bandung kala itu menjadi saksi sejarah dunia, maka Kota Bandung yang juga memiliki julukan Kota Kembang ini pun dijuluki dengan “ibukota” Asia Afrika. Memang penyebutan ini tidak disebut secara resmi, tetapi hal ini dikemukakan oleh Jawaharlal Nehru seorang Perdana Menteri dari India dalam pidatonya. Beliau mengatakan jika Bandung adalah ibukotanya Asia Afrika.
    Hingga kini gedung yang menjadi tempat berlangsungnya konferensi masih kokoh dan difungsikan sebagai museum Konferensi Asia Afrika. Gedung tersebut dikenal dengan sebutan Gedung Merdeka. 
  5. Bandung Lautan Api
    Siapa yang tidak tahu dengan peristiwa bersejarah yang menjadikannya sebagai salah satu fakta unik kota Bandung. 
    Perlu diketahui jika peristiwa Bandung Lautan Api terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Ketika itu setidaknya 200 ribu penduduk kota Bandung mengungsi keluar Bandung. Namun sebelumnya mereka membakar semua rumahnya. Tujuan pembakaran ini untuk mencegah tentara NICA Belanda dan sekutu menggunakan kota Bandung sebagai markas dalam Perang Kemerdekaan Indonesia kala itu.
    Pembakaran rumah besar-besaran tersebut menyebabkan Bandung penuh dengan kepulan api sehingga peristiwa tersebut dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api.
    Nah, bagi kamu yang ingin tahu lebih detail tentang peristiwa ini, kamu bisa datang ke Monumen Bandung Lautan Api yang terletak di Jalan Bkr. Monumen tersebut dibangun guna mengingatkan dan mengenang momen bersejarah ketika itu. 
  6. Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia
    Fakta unik kota Bandung berikutnya dari sisi pendidikan. Indonesia memang memiliki banyak universitas atau perguruan tinggi, tetapi salah satu tempat yang memiliki perguruan tinggi terbaik se-Indonesia adalah Bandung.
    Setiap tahunnya beberapa universitas baik negeri maupun swasta di Bandung masuk dalam kategori perguruan terbaik di Indonesia. Misalnya salah satunya adalah BINUS @Bandung.
    Survei ini didapat dari lembaga pemeringkatan 4ICU atau 4 International College and Universities. Adapun kriterianya juga cukup ketat seperti telah mendapatkan akreditasi atau lisensi dari lembaga pendidikan yang berkewenangan di Indonesia, memiliki gelar sarjana serta pasca sarjana, serta menggelar perkuliahan dengan format jarak jauh atau secara tatap muka.
    Nah, dengan mengetahui fakta unik kota Bandung dari sisi pendidikannya, kira-kira apakah kamu ingin melanjutkan kuliah di Bandung? 
  7. Kota Film
    Fakta unik Kota Bandung selanjutnya yakni sebutannya sebagai kota Film. Bagaimana bisa? Fakta unik kota Bandung ini dimulai pada tanggal 31 Desember 1929 ketika penayangan film Lutung Kasarung untuk pertama kalinya. Perlu diketahui jika film Lutung Kasarung merupakan film pertama di industri perfilman Indonesia.
    Sejak itu kota Bandung menjadi sangat lekat dengan dunia perfilman. Bahkan semenjak tahun 1987, festival film Bandung diselenggarakan dan menjadi ajang penghargaan dalam industri perfilman. Sayangnya, kegiatan ini sempat dilarang di masa orde baru. Meski begitu, festival film Bandung hingga sekarang masih tetap diselenggarakan. 
  8. Surga kuliner
    Fakta unik kota Bandung berikutnya yakni dari sajian kulinernya. Bandung tak hanya terkenal dengan makanan khas Sunda, tetapi juga terkenal dengan beragam kuliner kekinian uniknya. Beberapa jajanan yang sudah mendarah daging di berbagai pelosok negeri antara lain cuanki, cireng, cimol, seblak, batagor, gehu, dan lain sebagainya. 
  9. Surganya wisata
    Fakta unik kota Bandung yang tak mungkin terlupakan yakni Bandung sebagai tempat dari surganya destinasi wisata. Bandung tak hanya memiliki wisata alam, namun juga wisata edukasi, budaya, dan juga berbagai wisata indoor. Beragam tempat wisata pun juga sangat ramah anak sehingga tepat dijadikan sebagai tujuan wisata untuk keluarga.
    Beberapa contoh tempat wisata di Bandung antara lain De Ranch, Saung Angklung Udjo, Trans Studio Bandung, Tebing Keraton, kawasan Braga, Fairy Land, dan berbagai museum atau monumen.

Baca Juga: Mengenal Jurusan Interior Design BINUS @Bandung

Nah, di atas adalah beberapa fakta unik Kota Bandung. Kota Bandung sendiri menjadi salah satu kota dengan popularitas tinggi yang tak kalah dari Jakarta. Bahkan, Bandung pun disebut sebagai kota Metropolitan terbesar di Jawa Barat. Tak hanya kuliner, destinasi wisata, bahkan pendidikan di Kota Bandung pun juga sangat bersaing dengan kota lain di Indonesia. 

Nah, dari ulasan fakta unik kota Bandung di atas, apakah kamu mulai tertarik dengan Bandung? Di Bandung juga ada rekomendasi universitas yang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Indonesia terbaik, yaitu BINUS @Bandung, Universitas dengan fasilitas terlengkap. Yuk, Daftar BINUS @Bandung sekarang!