Hard Attribute dalam Brand

Part 4

Oleh Ratna Amalia

Value Mantra

Dikembangkan oleh ahli marketing Nike yaitu Scott Bedbury pada tahun 1980 (selanjutnya menjadi konsultan ahli untuk Starbucks). Istilah “Brand Mantra” digunakan pertama kali oleh Bedbury, dan menjaga agar Nike tetap konsisten dan berada di jalur yang tepat, serta membedakan Nike dengan brand lain di kelas yang sama (saat itu Reebok).

Brand Mantra NIKE “Authentic – Athletic – Performance”

Sumber: https://thebrandhopper.com/2021/05/06/case-study-nike-brand-mantra-case-study/

Perangkat ini dapat digunakan sebagai medium komunikasi antara pegawai dan konsumen, dalam menunjang pemahaman konsumen terhadap merek/brand.

Sign/Gesture

Definisi “gestur” sendiri adalah gerakan yang dilakukan oleh sebagian atau seluruh tubuh, dalam kaitannya dengan brand maka gestur brand adalah rangkaian upaya komunikasi terencana melalui beragam medium dengan tujuan yang sama.

Menu coklat yang dibingkai

Sumber: https://www.commarts.com/exhibit/christopher-elbow-artisanal-chocolates-poster-installation

Pada pembukaan toko coklat “Christopher Elbow” di Kansas Amerika Serikat, mereka menggunakan strategi membingkai menu coklat yang mereka miliki seperti sebuah karya seni. Karena kebetulan di saat yang sama sedang ada “monthly gallery crawl” di sana, masyarakat umum bisa berinteraksi langsung dengan banyak seniman. 12 menu mereka dibingkai dan diberikan keterangan masing-masing, dan efeknya pembukaan sukses. Bahkan mereka terkadang harus buka lebih awal karena kebanjiran pengunjung.

Gestur brand sebaiknya merupakan visualisasi dari “value/mantra” yang dimiliki brand, dan bertujuan untuk memudahkan konsumen untuk memahami nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

Musik/Jingle

Lagu/jingle merupakan media yang cukup kuat dalam mengkomunikasikan merek/brand, jingle yang baik dapat menghubungkan antara merek anda dan konsep, ide, promosi usaha.

Lagu/jingle harus mudah diingat, tidak terlalu rumit, menyenangkan, dan unik. Selain berfungsi sebagai penarik perhatian konsumen, jingle berfungsi juga menterjemahkan tawaran-tawaran yang dimiliki merek. Terutama dalam menyampaikan keunikan produk anda yang tidak dimiliki merek lain.