Oleh Ratna Amalia

Brand loyalty (loyalitas merek) merupakan ukuran kedekatan atau keterkaitan konsumen pada suatu merek. Suatu konsep yang menggambarkan sikap loyal konsumen terhadap suatu merek tertentu sehingga menguntungkan perusahaan. Poin-poin penting dalam brand loyalty diantaranya brand experience, trust, dan satisfaction.

Brand Experience / Pengalaman terhadap Brand

Brand experience dikonseptualisasikan sebagai sensasi, perasaan, kognisi, dan respon perilaku yang ditimbulkan oleh rangsangan terkait merek. Semua hal tersebut merupakan bagian dari desain, identitas brand, pengemasan, komunikasi, dan lingkungan (Brakus et al., 2009).

Menurut Alloza (2008), Brand experience dapat didefinisikan sebagai persepsi konsumen pada setiap kontak yang mereka dapatkan dari merek. Apakah itu dalam citra merek yang diproyeksikan dalam iklan atau tingkat kualitas mengenai perlakuan secara personal yang mereka terima.

Pengalaman merek tercipta ketika pelanggan menggunakan merek, berbicara dengan orang lain tentang merek, mencari informasi, promosi, acara, dan sebagainya (Ambler et al., 2002).

Contoh

Toko apple di Bangkok, Thailand

Sumber: https://www.archdaily.com/945648/apple-central-world-bangkok-foster-plus-partners

Toko retail Apple merupakan sebuah contoh brand experience yang baik. Dimana konsumen diajak untuk mendapatkan pengalaman dalam membeli produk Apple dalam suasana ruang terbuka, sederhana, enak untuk dipandang, tertata dengan baik, dan memudahkan konsumen untuk berinteraksi dengan produknya.

Produk-produk Apple

Sumber: https://www.apple.com/id/buy/

Apple telah menjadi sebuah brand yang menawarkan experience yang baik terhadap konsumennya.

Berikut adalah 7 hal yang menjadi brand experience Apple terhadap konsumennya:

  • Advancement
  • Productivity
  • Communication
  • Simplicity in Complexity
  • Broadened Connectivity
  • Possibilitiess
  • Acceptence

Referensi

https://www.gramedia.com/literasi/tingkatan-brand-loyalty/Syafrida Hafni Sahir, dkk dalam buku Dasar-dasar Pemasaran (2021).

https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/26/100000769/brand-loyalty–pengertian-dan-indikator-loyalitas-konsumen-pada-merek.

https://www.archdaily.com/945648/apple-central-world-bangkok-foster-plus-partners

https://www.apple.com/id/buy/