Di  dalam  dunia  teknologi,  perangkat  seperti  laptop,  handphone  atau  smartphone, komputer dan perangkat lainnya pasti memiliki operating system atau sistem operasi. Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang dapat mengatur semua aktivitas pada sebuah perangkat atau perangkat keras. Sistem operasi juga merupakan penghubung antara pengguna perangkat tersebut dengan perangkat keras. Terdapat beberapa fungsi dari sistem operasi, yaitu booting pada awal menyalakan sistem komputer, mengontrol aplikasi pada perangkat dan menyediakan ruang untuk menyimpan program, memulai program dan memuat program tersebut hingga terbuka dan dapat berjalan dengan baik, menjaga keamanan data pengguna, menampilkan antarmuka pengguna seperti menerima perintah jika diketik atau lainnya.

Kemudian terdapat beberapa contoh sistem operasi saat ini, yaitu :

  1. Microsoft windows,  sistem  operasi  ini  paling  banyak  digunakan  karena  memiliki tampilan yang menarik. Selain dari tampilan, sistem operasi ini pun mudah digunakan.

  1. Linux,  sistem   operasi   ini   dapat   dimodifikasi   sehingga   dapat   digunakan   untuk mengoptimalkan program.

  1. Mac OS, sistem operasi ini khusus dibuat untuk apple dan hanya macintosh yang dapat menggunakannya.

Berikut adalah perkembangan generasi ke generasi dari sistem operasi :

  1. Generasi pertama

Generasi  awal  sistem  operasi  adalah  pada  tahun  1945-1955,  merupakan awal komputasi mekanik dikarenakan oleh kecepatan manusia untuk menghitung yang terbatas serta manusia masih sering ceroboh atau keliru. Pada generasi awal ini belum ada sistem operasi dan sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan langsung oleh pengguna.

  1. Generasi kedua

Sistem operasi generasi kedua terdapat pada tahun 1955-1965, pada generasi ini dikenalkan Batch Processing System, yaitu sebuah pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian  dan dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini, sistem komputer masih belum dilengkapi sistem operasi seperti FMS dan IBSYS.

  1. Generasi ketiga

Sistem operasi generasi ketiga terdapat pada tahun 1965-1980. Pada generasi ini, sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak user dimana para user berkomunikasi  lewat  terminal  secara  online  ke  komputer.  Sistem  operasi  menjadi multi-user, multiprogramming dan multitasking.

  1. Generasi keempat

Sistem operasi generasi keempat terdapat pada tahun 1980-2000-an, pada generasi ini,  sistem  operasi  sudah  menggunakan  Graphical  User  Interface  (GUI)  juga  era komputasi mulai tersebar.

  1. Generasi kelima

Generasi selanjutnya diperkenalkan sistem operasi yang terdapat dalam sebuah sistem operasi dan sistem operasi mobile pada perangkat mobile seperti laptop, poket PC, PDA, netbook, dan notebook. Sistem operasi jaringan virtual juga mulai berkembang sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu sistem operasi di perangkat server. Pada generasi ini juga diperkenalkan virtualization system yaitu satu komputer dapat dikloning secara virtual agar menjadi lebih dari satu komputer yang dapat bekerja bersama. Cross Platform Operating System dapat menggabungkan dua atau lebih sistem operasi (contohnya adalah Linux dan Windows). Terdapat juga iCloud yang diperkenalkan pada generasi  ini.  iCloud  dapat  memungkinkan  para  user  untuk  mensinkronisasikan  data seperti foto, musik, serta dokumen dari satu perangkat ke perangkat lainnya dalam waktu yang bersamaan.

Sumber referensi :

Kanigoro, B., Ningsih, A. N. W., Wiranto, Anggara, K., & Sutono, A. (2018, 10 Desember). Perkembangan Operating System. Diakses pada 29 September 2022, dari https://socs.binus.ac.id/2018/12/10/perkembangan-operating-system/

Aprilian, Yoga. (2020, 13 April). Perkembangan Sistem Operasi dari Generasi ke Generasi. Diakses pada

28 September 2022, dari https://lamnesia.com/perkembangan-sistem-operasi-komputer

Curhatan Hati. (2016, 1 April). Sejarah Perkembangan Sistem Operasi. Diakses pada 29 September 2022, dari https://blog.unnes.ac.id/setyani/2016/04/01/sejarah-perkembangan-sistem-operasi/

Cloudraya, Marketing. (2021, 29 Oktober). Sistem Operasi: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Diakses pada 30 September 2022, dari

Sistem Operasi: Definisi, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Ranti, Soffya. (2022, 4 April). Pengertian SIstem Operasi, Fungsi, dan Contohnya. Diakses pada 30

September 2022, dari

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/04/13450057/pengertian-sistem-operasi-fungsi-dan-contohnya-?p age=all