Apa itu HarmonyOS?

HarmonyOS atau disingkat menjadi HMOS merupakan suatu sistem operasi yang berasal dari Cina  dan  dikembangkan  oleh  Huawei.  Tidak  seperti  Android  yang dikembangkan untuk dijalankan pada suatu perangkat secara mandiri, HarmonyOS dikembangkan dengan mempertimbangkan kemampuannya dalam aspek Internet of   Everything (IoE). Dengan demikian, sistem operasi ini dapat digunakan dan saling berhubungan pada berbagai perangkat,  mulai  dari  smartphonesmart  TVsmart  watch  (wearables),  perangkat smart home, dan lainnya.

HarmonyOS memiliki dua poin utama yang membedakannya dengan Android:

  1. Seluruh perangkat yang menggunakan HarmonyOS dapat saling terhubung dan memungkinkan pembagian penggunaan resource hardware yang dibutuhkan.
  2. Huawei menyediakan aplikasi serupa dengan IntelliJ IDEA bernama DevEco Studio untuk mengembangkan  aplikasi  HarmonyOS.  IDE  ini  memungkinkan  developer untuk  tidak  hanya  mengembangkan  aplikasi  smartphone  namun  aplikasi  pada platform lain pula.

Penggunaan Microkernel dan Ark Compiler

Dibandingkan dengan macrokernel yang digunakan Android, HarmonyOS pada Huawei menggunakan microkernel. Penggunaan microkernel memiliki beberapa manfaat seperti:

  1. Tingkat keamanan yang tinggi
  2. Sangat dapat diandalkan
  3. Skalabilitas yang tinggi
  4. Tingkat pemeliharaan yang tinggi
  5. Adanya dukungan distributed computing

Sebagian  besar  aplikasi  Android  saat  ini  ditulis  dalam  bahasa  pemrograman  Java.  Hal tersebut  menyebabkan  Virtual  Machine  (VM)  dibutuhkan karena CPU yang hanya dapat memahami instruksi perakitan. Namun, keberadaan VM akan menyebabkan program berjalan lambat  atau  bahkan  freeze.  Sedangkan, compiler Huawei akan melewati VM yang mana dengan menggunakan compiler Ark, aplikasi pengembang akan diubah menjadi kode yang dapat dikenali mesin sebelum diunduh. Sehingga, dapat dengan cepat diinstal, dimulai, dan dijalankan di smartphone tanpa harus dicompile oleh VM. Sampai batas tertentu, compiler

Baca Juga: Perkembangan Operating System atau Sistem Operasi

Ark memajukan proses compile ke tahap development aplikasi dimana hal tersebut mengurangi beban operasi pada smartphone dan sistem operasi.

Sejarah HarmonyOS

Pada 9 Agustus 2019, Huawei secara resmi meluncurkan HarmonyOS pada konferensi pengembang perdananya di Dongguan. Huawei menggambarkan HarmonyOS sebagai sistem operasi terdistribusi berbasis mikrokernel gratis untuk berbagai jenis perangkat keras. Perusahaan Huawei berfokus terutama pada perangkat IoT, termasuk TV pintar, perangkat yang dapat dikenakan, dan sistem hiburan dalam mobil, dan tidak secara eksplisit memposisikan HarmonyOS sebagai OS seluler.

HarmonyOS 2.0 diluncurkan pada Huawei Developer Conference pada 10 September 2020. Huawei mengumumkan akan mengirimkan sistem operasi pada smartphone-nya pada tahun

  1. Beta pengembang  pertama  HarmonyOS  2.0 diluncurkan  pada  16 Desember 2020. Huawei juga merilis DevEco Studio IDE , yang didasarkan pada IntelliJ IDEA, dan emulator cloud untuk pengembang dalam akses awal.

Huawei secara resmi merilis HarmonyOS 2.0 dan meluncurkan perangkat baru yang dikirimkan dengan OS pada 2 Juni 2021, dan mulai meluncurkan peningkatan sistem untuk pengguna ponsel lama Huawei  secara bertahap.

Pada  saat  pembuatan  artikel  ini,  HarmonyOS  telah  mencapai versi 3.0 dimana versi 4.0 berada  dalam  proses  pengembangan.  Setiap pengembangan versi, jumlah perangkat yang menggunakan sistem operasi ini bertambah. Smartphone dan smart TV mulai dapat menggunakan HarmonyOS mulai dari versi 2.0. Tidak hanya itu, setiap pengembangan versi pun meningkatkan kestabilan sistem operasi dan memaksimalkan performa dalam menggunakan hardware terbaru.

Referensi

Document.        HarmonyOS.        (n.d.).        Retrieved        September        28,        2022,        from

 https://developer.harmonyos.com/en/docs/documentation/doc-guides/harmonyos-overview-00000000

 00011903

Harmony OS’s features and challenges – researchgate. (n.d.). Retrieved September 28, 2022, from

 https://www.researchgate.net/publication/341849888_HARMONY_OS’s_FEATURES_AND_CHAL

 LENGES

Li,  D.  (2021,  October  4).  HarmonyOS  (Hongmeng  OS):  Everything you need to know. Huawei

Central.                   Retrieved                   September                   28,                   2022,                   from

 https://www.huaweicentral.com/harmonyos-hongmeng-os-everything-you-need-to-know/

M, A. (2020, November 9). Harmonyos everything about harmonyos (hongmeng OS) – features, eligible   devices,   and   release.   consumer.huawei.com.   Retrieved   September   28,   2022,   from

 https://consumer.huawei.com/za/community/details/HARMONYOS-Everything-about-HarmonyOS-(

 HongMeng-OS)-%E2%80%93-Features,-Eligible-Devices,-and-Release/topicId_130783/