PKM Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus pada penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berorientasi non-profit dalam upaya untuk membantu meningkatkan kualitas hidup, mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan, dan melindungi lingkungan. Fokus dari Mitra PKM-PM adalah masyarakat non-profit, seperti lembaga pendidikan (formal maupun non-formal), instansi pemerintah, karang taruna, kelompok PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), panti asuhan, atau lembaga sosial kemasyarakatan yang lain.

Penyusunan proposal akan lebih baik apabila mahasiswa menggali informasi secara langsung dengan terjun ke masyarakat mitra atau mencari informasi dari sumber lain berkaitan dengan kondisi masyarakat mitra, atau berkomunikasi dengan masyarakat mitra untuk mendiskusikan kebutuhan atau persoalan prioritas yang harus diselesaikan. Melalui survey secara langsung seperti ini mahasiswa dapat memetakan masalah yang dihadapi, menentukan skala prioritas yang harus diselesaikan dan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Pada kelompok sosial masyarakat tertentu, masalah tersebut tidak dapat digali dari mereka sendiri sehingga mahasiswa juga dapat secara mandiri memetakan masalah mitra dan menawarkan solusi atas masalah tersebut. Sehingga tujuan PKM-PM adalah memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berinteraksi secara aktif dengan masyarakat mitra non produktif, menumbuhkan tenggang rasa dan solidaritas terhadap masalah yang dihadapi masyarakat mitra; menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra.

Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mitra adalah lokasi dari kampus mahasiswa dengan lokasi mitra adalah maksimal 100 km dan dibuktikan dengan google maps. Selain itu selama kegiatan pelaksanaan program PKM-PM, mahasiswa berkomunikasi dan berinteraksi dengan mitra dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh aktivitas mahasiswa dan masyarakat mitra harus didokumentasikan dan dilampirkan di dalam dokumen laporan kemajuan dan laporan akhir.

Beberapa dokumen penting juga diperlukan sebagai lampiran dari PKM Pengabdian kepada Masyarakat seperti surat pernyataan kesediaan bekerjasama dengan masyarakat mitra, agar mitra juga mengetahui rencana program yang akan dijalankan. Surat pernyataan tersebut cukup ditandatangani oleh ketua kelompok masyarakat mitra (tidak harus ada stempel/cap), bukan oleh Kepala Desa, Ketua RW atau Ketua RT karena tidak termasuk ke dalam mitra.

PKM-PM juga dapat menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam membuat solusi atas permasalahan atau kebutuhan prioritas mitra yang teridentifikasi saat mahasiswa dan mitra berdiskusi sebelum kesepakatan bersama dicapai. Akan tetapi Ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperbantukan tidak terbatas pada bidang eksak semata, tetapi juga bidang lain seperti sosial humaniora dan seni, kesehatan, ekonomi, hukum, agrokomplek. Sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat meliputi aspek pemberdayaan sumberdaya manusia, ekonomi, kesehatan, pendidikan, keamanan lingkungan, persiapan untuk wirausaha, pengembangan karya seni, dan lain-lain.

               Keuntungan dari PKM jenis ini adalah adanya total pendanaan sebesar 7 juta rupiah dan merupakan salah satu implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dan upaya mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi. Sehingga dapat dikonversikan menjadi sks mahasiswa beserta nilainya. Bagi yang lolos pendanaan dan memilki progress yang baik maka dapat masuk ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang merupakan kegiatan puncak pertemuan nasional perwujudan kreativitas dan penalaran ilmiah mahasiswa yang terjadwal secara akademik oleh perguruan tinggi dalam meningkatkan budaya kompetisi akademik dan unjuk prestasi di kalangan mahasiswa yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kesepakatan pimpinan perguruan tinggi yang disetujui oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (d/h Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).

               PKM yang lolos setiap tahunnya sangat bervariasi dari judulnya akan tetapi tidak dapat melihat isi dari PKM yang telah lolos pendanaan maupun PIMNAS karena tidak dilakukan publikasi. Beberapa judul PKM PM yang lolos, antara lain :

  1. Transformasi Marketing Beras Petani Lokal Desa Cipaku untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Pemuda Desa Berbasis Teknologi Generasi Z
  2. Pemberdayaan Masyarakat Melalui FLANNEDIA (Flash Animation Learning Media) di Desa Sobokerto
  3. Program Pelatihan Digitalisasi Pemasaran Guna Meningkatkan Perekonomian pada UMKM di Desa Kingkang Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten
  4. Pengelolaan Bank Sampah Botol Kaca dan Kaleng Dalam Upaya Menuju Kawasan Bebas Limbah Di Desa Gabugan, Tanon, Sragen
  5. Peningkatan Kapasitas Ekonomi Penyandang Disabilitas di Surakarta melalui Progressive Website Application

PKM Pengabdian kepada Masyarakat dapat dimasuki oleh beberapa jurusan salah satunya jurusan Teknik Informatika/Computer Science untuk membuat solusi terapan ilmu teknologi. Hal yang perlu diperhatikan adalah target dari solusi tersebut harus tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan. Seperti beberapa judul di atas mahasiswa computer science dapat membuat aplikasi atau website yang dapat digunakan untuk membantu masyarakat-masyarakat tertentu yang membutuhkan seperti distabilitas ataupun masyarakat desa tertentu. Sekian dari penjelasan dari PKM Pengabdian kepada Masyarakat.

Referensi:

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman/