Budi Juarto – Associate LS S2

PKM Artikel Ilmiah merupakan salah satu jenis Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berfokus artikel ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa dari definisi permasalahan penelitian di latar belakang, landasan teori, metodologi, hasil dan pembahasan, dan juga kesimpulan. Sehingga PKM AI di sini berfungsi sebagai media bagi mahasiswa Indonesia untuk menyalurkan kegiatan akademik berkelompok yang telah dilakukan. Setelah pengajuan dari proposal dari PKM AI ini maka tim yang mengajukan proposal tidak perlu mewujudkan atau melakukan eksperimen lagi karena PKM AI merupakan laporan penelitian ilmiah yang telah diselesaikan.

PKM AI merupakan jenis PKM yang akan dipublikasikan di e-journal Direktorat Belmawa. Sehingga PKM AI tidak bisa berasal dari publikasi jurnal ataupun conference yang pernah dipublikasikan sebelumnya. Akan tetapi PKM AI ini bisa diajukan dari Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), Kuliah Kerja Nyata (KKN). Hasil pelaksanaan PKM pendanaan yang tidak diundang ke PIMNAS tahun sebelumnya juga dapat diajukan untuk PKM-AI. Artikel ilmiah yang dinilai baik dan layak dipublikasikan, akan memperoleh insentif dana tunai sebesar Rp 2.500.000 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Artikel Ilmiah dapat dipublikasikan di e-journal Direktorat Belmawa dengan persetujuan penulisnya.

Sesuai dengan pedoman penulisan jurnal ilmiah dalam manual ini, PKM-AI dirancang untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengkomunikasikan ide-ide yang berasal dari hasil kegiatan ilmiah dalam bentuk artikel ilmiah. Dengan demikian, diharapkan program ini dapat membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan publikasi ilmiah. Siswa mampu mendefinisikan masalah dengan jelas dan menghasilkan solusi dengan tujuan yang jelas menggunakan keterampilan ini, yang berlaku untuk masalah mendasar dan tantangan yang diterapkan di lapangan. Mahasiswa juga diharapkan mampu memilih metode dan pendekatan pemecahan masalah, serta mampu mendeskripsikan landasan teori dari permasalahan yang sedang dibahas, serta kejelasan pembahasan dalam menganalisis hasil yang diperoleh, yang pada akhirnya mengarah pada kesimpulan dari kegiatan pemecahan masalah yang telah dilakukan.

Karakter utama PKM-tiga AI adalah:

  1. Tidak ada usulan pembiayaan;
  2. Usulan berupa artikel ilmiah siap terbit yang mengikuti kelaziman kaidah penulisan jurnal ilmiah di dalam panduan ini. Artikel ilmiah belum pernah dipublikasikan dalam jurnal ilmiah manapun dan diikutkan dalam kompetisi;
  3. Sumber penulisan artikel ilmiah tersebut adalah kegiatan ilmiah yang telah selesai dilakukan oleh kelompok mahasiswa penulis artikel. Karakter ini sekaligus menunjukkan bahwa sumber penulisan merupakan hasil dari kegiatan nyata. Artikel ilmiah bukan suatu narrative review atau sejenisnya.

               PKM yang lolos setiap tahunnya sangat bervariasi dari judulnya akan tetapi tidak dapat melihat isi dari PKM yang telah lolos pendanaan maupun PIMNAS karena tidak dilakukan publikasi. Beberapa contoh judul dari PKM AI yang lolos pendanaan sebelumnya antara lain:

  1. Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan UserInterface dan User Experience Aplikasi Bimbingan Belajar BahasaInggris Online
  2. Prediksi Spasial Daerah Rawan Longsor Berdasarkan Data Ndvi
    Google Earth Engine dan Data Geologi (Studi Kasus Jalan
    Cinomati, Yogyakarta)
  3. Estimasi Risiko Saham Jakarta Islamic Index Menggunakan Value
    At Risk Dan Conditional Value At Risk Dengan Pendekatan Arima
    DAN FFNN
  4. Sistem Klasifikasi Cerdas Dangerous Goods X-RAY pada Deteksi
    Kargo Berbasis Algoritma YOLO V4
  5. Komparasi algoritma apriori dan algoritma fp-growth untuk mencari pola rekomendasi
    buku pada situs e-commerce amazon

PKM AI ini dapat diikuti oleh semua jurusan dan cocok bagi yang ingin menampilkan hasil penelitiannya untuk tahap awal sebelum memasuki jurnal terindeks SINTA atau pun jurnal terindeks SCOPUS. Sehingga PKM AI ini cocok bagi penulis pemula yang ingin mempublikasikan hasil karyanya di tingkat nasional dengan Bahasa Indonesia karena jurnal terindeks SINTA beberapa harus mewajibkan penulisan karya tulis dengan baik dan benar apalagi yang terindeks SCOPUS yang sudah terindeks dan diakui secara Internasional sehingga harus secara penuh harus menggunakan bahasa inggris yang baik dan benar.

Referensi:

https://simbelmawa.kemdikbud.go.id/portal/pengumuman/