Di era digital ini, strategi pemasaran produk melalui media sosial lebih efektif karena jangkauan terhadap khalayak lebih luas. Para pebisnis dan pengusaha menerapkan konten digital marketing secara offline maupun online yang bertujuan agar produk-produk yang diiklankan dapat diterima olah masyarakat.

Salah satu media sosial yang menerapkan digital marketing adalah Facebook Ads. Facebook Ads merupakan platform facebook yang menyediakan layanan iklan berbayar. Mengingat facebook merupakan platform media sosial paling popular, dan berdampak pada pemakaian facebook ads dapat menjangkau kepada khalayak berdasarkan karakteristiknya.

Salah satu contoh faktor demografi, yang mencakup khalayak yang akan dijadikan sasaran berdasarkan umur, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan. Dengan data tersebut pengiklan dapat menentukan sasaran lebih terarah, mudah dan fleksibel.

Ada beberapa keuntungan ketika menggunakan Facebook Ads.

1. Brand awareness

Facebook pada awalnya bertujuan membangun jaringan pertemanan, mereka terhubung dan saling berinteraksi tanpa batasan tempat dan waktu. Dengan kelebihan itulah, facebook ads dapat mempromosikan dan memposisikan brand, produk dan jasa.

2. Tepat sasaran

Menentukan sasaran lebih terarah. Pengiklan dapat melakukan pengaturan berdasarkan data demografi seperti usia, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain sehingga dapat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat.

3. Pengaturan biaya iklan

Dengan dana terbatas, pengiklan dapat memasang iklan di facebook ads dengan melakukan pengaturan yang tepat.

4. Multi platform

Pengiklan dapat membuat konten kreatif berupa image/gambar, audio atau audio-visual/video.

5. Membangun konektivitas dan interaksi

Dengan konektivitas dan interaksi, pengiklan dapat membangun komunitas/grup sebagai wadah untuk memberikan informasi, promosi dan membangun brand dengan lebih baik.

Baca Juga: Sekilas konsep mojo untuk menemukan kebahagiaan dan makna hidup