Raden Asep Ahadiat Gandawijaya

 

Kata kunci adalah kata, ide, topik atau konsep penting yang ditemukan dalam sebuah penulisan atau penelitian. Pada bagian akhir penulisan abstrak, penulis menuliskan beberapa kata kunci yang mewakilkan  fokus masalah dalam sebuah penelitian. Dari tahap tersebut penulis biasanya dilanjutkan dengan pemaknaan dari setiap kata kunci. Pada tahap inilah kebanyakan dari penulis menggunakan kamus sebagai salah satu referensi untuk memahami setiap kata kunci. Namun seiring kemajuan teknologi, banyak penulis menggunakan situs web yang berisi tentang pemaknaan kata seperti kamus, tesaurus dan ensiklopedia online. Dalam artikel ini akan melihat contoh penggunaan tesaurus dan manfaatnya dalam memahami kata kunci.

Tesaurus dikonseptualisasikan sebagai pohon yang berisi lebih dari seribu cabang untuk “kelompok makna” individu atau kata-kata yang terkait secara semantik. Meskipun kata-kata ini tidak sepenuhnya sinonim, mereka dapat dilihat sebagai warna atau konotasi makna atau sebagai spektrum konsep. Salah satu kata yang paling umum dipilih untuk melambangkan spektrum sebagai kata utamanya, yang melabeli seluruh kelompok. Terdapat dua situs yang akan dibahas dalam artikel ini, yaitu visualthesaurus.com dan freethesaurus.com. Dalam situs web freethesaurus.com, terdapat penjelasan bahwa situs ini digunakan untuk mencari kata atau frasa dan menemukan sinonim, antonim, dan kata terkait, yang dibedakan berdasarkan warna dan dikelompokkan berdasarkan makna. Sedangkan visualthesaurus.com adalah kamus interaktif dan tesaurus yang menciptakan peta kata yang berkembang dengan makna dan cabang kata-kata terkait. Mari kita lihat perbedaan dari kedua situs tersebut dengan menggunakan beberapa kata, yang pertama adalah kinetics.

Pencarian pertama : KINETICS
visualthesaurus.com
freethesaurus.com
Pencarian kedua : MECHANICS
visualthesaurus.com
freethesaurus.com
Pencarian ketiga : MOTIONS
visualthesaurus.com
freethesaurus.com

 

Tampilan utama visualthesaurus.com ketika seseorang menuliskan sebuah kata, maka kata tersebut akan terhubung ke sebuah makna dengan garis padat (tidak putus-putus). Semua kata yang berhubungan dengan arti yang sama adalah sinonim. Makna diwakili oleh lingkaran, diberi kode warna untuk menunjukkan bagian ucapannya (di sebelah kanan gambar diagram cabang). Makna diberi kode warna untuk menunjukkan bagian ucapannya. Ada empat bagian yang diwakili yaitu kata benda, kata kerja, kata sifat dan kata keterangan. Antonim, pasangan kata yang mengungkapkan konsep yang berlawanan, dihubungkan oleh garis merah putus-putus. Makna dihubungkan dengan makna lain dengan garis putus-putus.

Tampilan utama freethesaurus.com ketika seseorang menuliskan sebuah kata, maka kata tersebut akan terhubung ke kata lainnya dengan garis padat (tidak putus-putus). Semua kata berhubungan dengan arti yang sama yaitu sinonim (berwarna hijau). Makna tidak diwakili oleh lingkaran dan tidak tampil dalam satu layar, tetapi pengguna harus memindahkan mode thesaurus menjadi mode dictionary. Antonim, pasangan kata yang mengungkapkan konsep yang berlawanan, ditandai oleh lingkaran merah. Makna dihubungkan dengan makna lain ditandai dengan garis putus-putus ke arah lingkaran abu-abu. Untuk selanjutnya, dapat dilanjutkan dengan penelusuran kata yang mendasar dari kata kunci yang diangkat menjadi bahan penelitian, seperti kinetics. Kinetics dikatakan merupakan cabang dari mechanics.

Gambar 1. Diagram Alur Pemahaman Kata Kunci

 

Untuk mencari dasar filosofi yang melatarbelakangi kinetics dapat lebih dimudahkan dengan penggunaan visualthesaurus.com karena terlihat jelas kata-kata yang hadir lebih terbatas, sehingga telaah filsafat dapat ditentukan dengan mudah. Sedangkan freethesaurus.com menampilkan kata-kata yang lebih luas, membuat pemahaman dasar filosofi sebuah kata menjadi semakin luas. Namun kelebihan freethesaurus.com kita dapat mengetahui posisi dan pemaknaan kata untuk membuat sebuah diagram alur pemahaman (gambar 1). Selain itu garis-garis yang menghubungkan visualthesaurus.com lebih sistematis dibandingkan freethesaurus.com.