Produksi Konten Media Televisi

produksi televisiPada umunya, produksi merupakan aktivitas atau kegiatan agar dapat menghasilkan atau menciptakan sesuatu baik barang ataupun jasa yang berguna bagi orang lain ataupun bagi diri sendiri. Namun pada media hal yang biasanya di produksi umumnya berupa karya, informasi, pesan dan sebagainya. Tentunya dalam produksi media tersebut dibutuhkan isi dan ide yang biasa berbentuk konten. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa produksi konten media televisi adalah proses kegiatan untuk menciptakan sebuah produk dan informasi yang ditujukan serta disebar luaskan melalui saluran atau media televisi.

Seperti yang diketahui, konten sangat erat kaitannya dengan apapun medianya karena konten sendiri merupakan hal yang sangat krusial dan sangat dibutuhkan dalam semua media termasuk televisi. Konten yang dihasilkan pada televisi sendiri biasanya disebut dengan program. Tentunya proses produksi program televisi juga tidak tercipta dengan mudah banyak tahap yang harus dilalui agar program ini tercipta diantaranya adalah tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Pada tahap pra produksi biasanya akan dilakukan berbagai macam perencanaan mulai dari survei, pemilihan ide dan konsep, konten apa yang akan dibuat, pemilihan staff seperti produser,crew, pembuat naskah, casting talent yang akan muncul di program televisi, teknis program acara, pemilihan tempat syuting, perencanaan make up artist dan wardrobe hingga nanti dilakukannya rehearsal program acara. Setelah dilakukan tahap pra-produksi maka lanjut ketahap eksekusi atau tahap produksi dimana pada tahap ini semua yang telah disusun dan direncanakan pada tahap pra-produksi dilakukan sesuai dengan susunan dan teknis acara yang telah ditentukan sebelumnya sesuai dengan arahan dari produser yang bertanggung jawab atas program tersebut. Lalu setelah produksi telah dilaksanakan maka akan dilanjutkan kepada tahap pasca produksi, pada tahap ini akan dilakukan kegiatan seperti mengedit video, mixing, dan preview sebelum program ini dapat ditayangkan. Namun, biasnaya pasca produksi dilakukan kepada program yang dilakukan secara tidak langsung.

Tahap terakhir yang tidak kalah penting adalah publikasi. Pada tahap ini, siaran program yang sudah selesai dikerjakan akan mulai disiarkan di televisi. Publikasi dapat dilakukan sebelum dan sesudah siaran program ditayangkan. Publikasi yang biasanya dilakukan sebelum siaran program tayang akan menampilkan beberapa trailer atau teaser dari program yang akan disiarkan nanti selain itu publikasinya juga dapat dilakukan dengan menggunakan media sosial. Publikasi sendiri juga merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan dari penayangan program tersebut jika publikasi dilakukan secara besar sehingga banyak orang yang tertarik untuk menonton program tersebut maka program itu akan mendapatkan rating siaran yang tinggi.

SUMBER :