content

Tentunya program pada televisi memiliki banyak macam. Setiap program televisi pun memiliki peminat yang berbeda-beda. Program yang umumnya ada di televisi adalah program berita. Program berita biasanya memberikan informasi penting mengenai peristiwa kepada para penonton. Program berita sendiri juga berbagai macam contoh seperti feature, infotaiment, straight news dan sebagainya. Program berita ini pasti akan selalu ada di media televisi karena banyak masyarakat yang mengakses serta mencari info dan peristiwa terbaru melalui berita.

Selain program berita juga ada program dokumenter yang biasanya membahas mengenai biografi seorang tokoh penting atau menceritakan sejarah penting yang pernah terjadi. Program televisi lainnya adalah talk show dimana program ini biasanya menyiarkan satu orang atau lebih untuk membicarakan suatu topik menarik namun tidak hanya membahas satu topik, talk show juga bisa menjadi variety show. Pada umumnya, talkshow akan memiliki pembawa acara atau host yang nantinya akan melakukan perbincangan dengan bintang tamu yang telah ditentukan.

Fungsi televisi juga selain untuk memberikan informasi tapi juga memberikan hiburan kepada para penontonnya. Program hiburan yang ada di televisi pun juga banyak diantaranya drama seperti sinetron dan film. Selain itu ada pula program games seperti quiz show. Lalu ada juga program musik yang tidak hanya memutarkan lagu saja tapi juga biasanya memberikan informasi menarik seputar musik dan para musisi. Selain itu, program televisi juga bisa menyiarkan program pertunjukan kepada para penonton contohnya seperti live concert, drama musikal, dan semacamnya.

Pengaruh Produksi Konten Kepada Peminat Media Televisi

 

Tak dapat dipungkiri bahwa produksi konten menentukan kualitas tayangan yang akan muncul di televisi. Seiring dengan perkembangannya zaman dan teknologi membuat televisi sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat terutama oleh para anak muda. Semua stasiun televisi saat ini mulai berlomba-lomba untuk memproduksi program tayangan yang dapat menarik kembali perhatian para penonton. Namun sayangnya, kualitas program di televisi sudah mulai menurun dan seragam antara satu program dengan program lainnya. Bukannya memproduksi sebuah konten baru yang segar stasiun televisi saat ini kebanyakan berlomba-lomba untuk memproduksi tayangan yang sedang booming dibicarakan di media sosial baik itu hal yang positif ataupun negatif.

Tayangan program televisi pun juga sudah ada beberapa yang kurang mendidik dan tidak memberikan contoh serta informasi yang baik kepada para penontonnya. Hal-hal tersebut lah yang membuat televisi saat ini sudah mulai memudar popularitasnya dan mulai terkalahkan dengan internet yang merupakan media baru yang mudah diakses oleh siapapun dengan konten yang lebih bervariatif sehingga tidak membuat jenuh para penikmatnya. Tentu saja televisi masih memiliki banyak penikmatnya namun tidak sama seperti dahulu sebelum munculnya media baru.

Hal ini juga menunjukkan bahwa produksi konten akan sangat memengaruhi perkembangan dari media televisi itu sendiri. Bahkan jika salah sedikit melakukan produksi konten maka akan menjadi boomerang bagi media televisi tersebut. Maka dari itu saat ini perlu dilakukan perbaikan kepada produksi konten, tidak hanya mengikuti hal yang sedang trend tapi juga menciptakan serta mengembangkan inovasi dan kreasi baru yang dapat meningkatkan kembali popularitas dan minat masyarakat

SUMBER :