Dengan menyertakan visual dalam keseluruhan strategi branding Anda, Anda akan membantu kesuksesan jangka panjang merek Anda. Tidak dapat disangkal bahwa dunia pemasaran saat ini menjadi semakin visual, dan Anda harus dapat beradaptasi dengan itu secara strategis. Identitas visual Anda adalah cerminan yang tepat dari perusahaan Anda, jadi Anda perlu mencurahkan waktu dan riset untuk memastikan perusahaan diwakili secara akurat dan positif, dan bahwa itu sejalan dengan pesan lisan dan tulisan Anda. Tapi komponen visual nomor satu yang paling diingat kebanyakan adalah warna. Pada kenyataannya, warna meningkatkan 80% pengakuan merek. Jika sudah berhubungan dengan branding, kekuatan warna adalah emosional dan praktis. Pada tingkat emosional, warna dapat mempengaruhi bagaimana perasaan konsumen ketika melihat sebuah merek, sementara itu dalam tingakt praktis, warna dapat membantu sebuah merek menonjol di kerumunan. Berikut adalah beberapa arti warna dan tips penggunaan warna pada merk:

  1. Merah: Bahaya, Gairah, Kegembiraan, & Energi

Karena merah memiliki arti yang sangat kuat, mungkin penggunaan yang terbaik dengan kebijaksanaan. Tapi, apabila merek yang lain menghindari merah, mungkin ini cara yang paling bagus untuk menonjol diantara kerumunan.

  1. Oranye: Segar, Bermuda, Kreatif & Petualang

Karena oranye berasosiasi dengan keseruan dan juga menonjol, menjadikan warna ini cocok untuk merek bermuda, penuh energi dan pilihan terbaik untuk merek mewah, tradisional atau serius.

  1. Kuning: Optimistis, Ceria, Menyenangkan dan Bahagia

Warna kuning adalah contoh yang bagus untuk meneliti reaksi konsumen kepada kelayakan warna dan memastikan warna produk Anda sudah benar. Pastikan untuk menggunakan desain yang bagus jika Anda ingin menghindari kesan murahan.

  1. Hijau – Alami, Daya Hidup, Martabat dan Kekayaan

Pilih nuansa hijau nada dengan hati-hati sebagai yang terang, hijau yang lebih terang mengindikasikan pertumbuhan, daya hidup dan pembaharuan; sementara warna hijau yang lebih gelap, merepresentasikan martabat, kekayaan dan kelimpahan.

  1. Biru – Komunikatif, Dapat Dipercaya, Menenangkan & Depresi

Biru menjalankan secara keseluruhan dari perusahaan dan dapat diandalkan, sampai menenangkan dan memberikan kedamaian, sampai ke perasaan sedih karena ditinggalkan. Seperti warna hijau, pilihan nuansa Anda dengan tepat. Atau hindari jika ini merupakan warna populer di segmen pasar Anda.

  1. Ungu – Kerajaan, Keagungan, Spiritual & Misterius

Warna ungu paling terbaik digunakan dengan target wanita sebagaimana penelitian memberikan sugesti bahwa wanita meletakkan warna ungu sebagai warna top-tier, dan peringkat ini tidak berlaku untuk pria. Secara keseluruhan warna ungu bukanlah warna umum yang digunakan pada merek dan kenyataannya Cadbury adalah satu-satunya merek berwarna ungu di 100 Daftar Forbes merek paling berharga 2014.

Referensi: https://www.canva.com/id_id/belajar/arti-warna-dan-simbol-dari-merk/

Pentingnya Elemen Visual dalam Strategi Branding Anda