Arti dan Tips Memilih Warna untuk Brand Anda

Kekuatan Warna dalam Strategi Branding

Dengan menyertakan visual dalam keseluruhan strategi branding Anda, Anda akan membantu kesuksesan jangka panjang merek Anda. Tidak dapat disangkal bahwa dunia pemasaran saat ini menjadi semakin visual, dan Anda harus dapat beradaptasi dengan itu secara strategis. Identitas visual Anda adalah cerminan yang tepat dari perusahaan Anda, jadi Anda perlu mencurahkan waktu dan riset untuk memastikan perusahaan diwakili secara akurat dan positif, serta bahwa itu sejalan dengan pesan lisan dan tulisan Anda. Tapi komponen visual nomor satu yang paling diingat kebanyakan adalah warna. Pada kenyataannya, warna meningkatkan 80% pengakuan merek.

Jika sudah berhubungan dengan branding, kekuatan warna adalah emosional dan praktis. Pada tingkat emosional, warna dapat mempengaruhi bagaimana perasaan konsumen ketika melihat sebuah merek, sementara itu dalam tingkat praktis, warna dapat membantu sebuah merek menonjol di kerumunan.

Arti Warna Brand dan Tips Penggunaannya

1. Merah: Bahaya, Gairah, Kegembiraan & Energi

Karena merah memiliki arti yang sangat kuat, mungkin penggunaan yang terbaik dilakukan dengan kebijaksanaan. Tapi jika merek lain menghindari merah, warna ini bisa menjadi cara paling bagus untuk menonjol di antara kerumunan.

2. Orange: Segar, Kreatif & Petualang

Warna orange berasosiasi dengan keseruan dan juga menonjol, menjadikannya cocok untuk merek yang kreatif dan penuh energi.

3. Kuning: Optimistis, Ceria, Menyenangkan & Bahagia

Warna kuning sangat cocok untuk menunjukkan suasana ceria dan hangat, namun pastikan desainnya tetap terlihat berkualitas agar tidak terkesan murahan.

4. Hijau: Alami, Daya Hidup, Martabat & Kekayaan

Pilih nuansa hijau dengan hati-hati, hijau terang menunjukkan pertumbuhan dan pembaruan, sedangkan hijau gelap lebih merepresentasikan martabat, kekayaan dan kelimpahan.

5. Biru: Komunikatif, Dapat Dipercaya, Menenangkan

Warna biru dapat membangun kepercayaan dan stabilitas. Namun, karena banyak digunakan, perlu strategi agar biru Anda tidak terasa umum.

6. Ungu: Keagungan, Spiritual & Misterius

Warna ungu paling cocok untuk merek dengan target wanita atau yang ingin memancarkan kemewahan dan kreativitas.

Cara Memilih Warna untuk Merek Anda

  • Analisis kepribadian merek Anda: Apa kata yang paling tepat menggambarkan karakter merek Anda?
  • Hubungkan karakter tersebut dengan warna yang sesuai misalnya jika merek Anda ingin memancarkan kepercayaan dan profesionalisme, biru bisa menjadi pilihan.
  • Tinjau kompetitor Anda: Warna apa yang dominan digunakan pesaing? Pilih warna yang membedakan Anda.
  • Pertimbangkan dampak emosional: Warna memicu reaksi psikologis tertentu dan harus sesuai dengan konteks dan audiens Anda.

Baca juga: Warna pada Kemasan

Tertarik Mempelajari Arti Warna & Identitas Visual Lebih Dalam? Yuk, Kuliah di Creativepreneurship BINUS @Bandung!

Dengan memahami bahwa arti warna brand adalah elemen strategis yang tak bisa diabaikan dalam membangun identitas visual merek, Anda semakin siap merancang merek yang mudah dikenali, berkesan dan efektif. Jika Anda tertarik mendalami bidang brand design, marketing kreatif, dan pengembangan identitas visual, jurusan Creativepreneurship di BINUS @Bandung adalah pilihan terbaik. Di sana Anda akan belajar bagaimana menerjemahkan filosofi merek ke dalam warna, simbol, dan narasi visual yang kuat!

Referensi:

https://www.canva.com/id_id/belajar/arti-warna-dan-simbol-dari-merk/