Oleh: Ratna Amalia

Mengapa permbahasan warna pada kemasan menjadi sangat penting? Jika konsumen memasukin supermarket, maka mereka akan melihat begitu banyak produk berserta kemasannya berjejer di rak. Berdasarkan penelitian, produsen hanya memiliki 7 detik untuk membuat impresi yang baik kepada konsumen. Selain bentuk kemasan, bahan, dan grafis (gambar dan tipografi), warna menjadi elemen yang sangat penting untuk memperlihatkan jati diri brand. Sebuah studi dari Kissmetrics menyampaikan bahwa sebanyak 87% konsumen memilih warna sebagai alasan utama dalam membeli produk. Selain itu juga sebanyak 80% konsumen mengatakan bahwa warna meningkatkan brand recognition. Data ini didapatkan dari studi berdasarkan Packaging Digest.

Konsumen melihat banyak produk di rak pajang

Sumber: https://www.today.com/food/best-time-go-grocery-store-worst-t108655

Warna pada kemasan memiliki efek psikologis yang mendorong persepsi alam bawah sadar konsumen, juga perilaku pembelian konsumen. Sangatlah penting bagi para pelaku usaha untuk memahami peran warna sebelum mendesain kemasan untuk produk. Jangan sampai warna yang dipilih malah menjatuhkan citra produk dan akhirnya tidak disukai publik.

Di masa pandemi banyak orang yang lebih memilih berbelanja secara daring melalui banyak market place yang bermunculan. Oleh karena itu mayoritas persaingan kemasan bukan lagi pada rak pajang di supermarket. Tetapi bagaimana produk tersebut bisa memiliki kekutan secara image.  Jadi pad masa pandemi seperti sekrang, sebuah kemasan khususnya warna pada kemasan juga tidak bisa diabaikan karena warna pada kemasan bisa berbicara banyak tentang style, isi produk, serta memperkuat brand image.

Pengalaman konsumen pada saat membuka kemasan produk sangat terkait dengan

warna kemasan dan brand image

Sumber: https://www.thepackagingcompany.com/knowledge-sharing/5-tips-for-using-social-media-in-unboxing-experiences/

Beberapa penjelasan mengenai psikologi warna pada kemasan, diantaranya:

  • Warna putih memperlihatkan kesegaran, simple, cool, alami, dan harapan.
  • Warna hitam melambangkan citra ekslusif dan maskulin. Jenis warna ini mampu menonjolkan sifat premium pada produk yang dikemasnya. Memperlihatkan kekayaan, kekuatan, dan juga keanggunan.
  • Karakteristik warna merah adalah kuat, berani dan menonjol. Mampu menarik perhatian dan menimbulkan rasa bersemangat. Cocok digunakan sebagai kemasan produk makanan.
  • Warna biru memiliki makna yang paling luas dibandingkan warna-warna lain. Warna ini juga identik dengan kesegaran, ketenangan, keceriaan, keteduhan dan juga wibawa.

Sekian