oleh Satria Nurzaman

Tinjauan tentang Asal Muasal Desain Swiss (Swiss Design)

Asal muasal Desain Swiss Swiss Design atau disebut juga The International Typographic Style adalah gerakan yang muncul di Swiss selama periode 40an. Desain Swiss muncul dan terpengaruh dari gaya desain sebelumnya seperti De Stijl, Constructivism, Bauhaus, dan The New Typography, gaya-gaya tersebut seolah bergabung dan tersaji dengan baik di Swiss. Fakta bahwa Swiss berada dalam posisi netral selama periode antar perang dan pascaperang dunia membuat Swiss menjadi surga bagi para intelektual dan persimpangan ide dari berbagai tempat, dari Inggris dan Belanda hingga Jerman dan Rusia. Ernst Keller dalam banyak hal disebut kakek dari Desain Swiss. Dia mengajar di Kunstgewerbeschule School of Arts & Crafts di Zürich, Di sina, Keller mengajarkan bahwa desain harus disesuaikan dengan konten dan mulai bereksperimen dengan grid system yang merupakan bagian tak terpisahkan dari gaya desain ideal yang populer saat ini. Karya Keller memiliki preferensi untuk grafik yang mencolok, tata letak yang tidak teratur, dan tipografi sans serif, dan memiliki rasa yang berbeda dari gaya desain Swiss yang akan datang nanti. Desain Swiss tidak terbatas pada desain grafis. Arsitek seperti Le Corbusier dan Phillip Johnson termasuk di antara mereka yang dianggap sebagai bagian dari gerakan Desain Swiss. selama lebih dari dua dekade desain Swiss memberi dampak yang sangat besar dan pengaruhnya berlanjut hingga hari ini.

Prinsip-prinsip Kunci dalam Desain Swiss

Prinsip Desain Swiss Komunikasi melalui kesederhanaan yang objektif adalah prinsip desain Swiss. Tujuannya adalah kejelasan, keteraturan, dan bahasa visual yang dipahami secara universal. Desain Swiss bersih dan bebas dari ornamen, berusaha untuk menghapus semua yang tidak perlu dan hanya menekankan yang diperlukan. Visual dari desain Swiss cenderung diatur secara asimetris pada grid yang dibangun secara matematis. memberi penekanan lebih besar pada ruang putih, mengincar keseimbangan asimetris antara elemen positif dan negatif dalam sebuah desain, memvariasikan ukuran tipografi untuk menghasilkan dampak visual yang lebih besar untuk mengisyaratkan hierarki informasi, dan mengontrol ritme di dalamnya. Preferensi Tipografi desain Swiss adalah sans-serif, rata kiri dengan tepi kanan bergerigi. Jenis huruf yang panyak digunakan adalah Akzidenz Grotesk yang dianggap fungsional tanpa gaya serta tidak membawa beban politik. Akzidenz Grotesk berperan sebagai model untuk Neue Haas Grotesk, yang kemudian berganti nama menjadi Helvetica. Fotografi memainkan peran besar dalam desain Swiss. Fotografi objektif yang menyajikan informasi visual dan verbal secara jelas dan faktual, bebas dari klaim propaganda dan iklan komersial yang berlebihan dipandang sebagai cara terbaik untuk berkomunikasi.

Tokoh-tokoh Utama dalam Perkembangan Desain Swiss

Penggagas desain Swiss percaya bahwa tipografi sans-serif mengekspresikan semangat zaman yang lebih progresif dan grid yang dibangun secara matematis membuat informasi tersusun secara harmonis dan mudah dibaca Dapat dikatakan prinsip dalam desain Swiss: tertib, jelasan, terukur, geometris, abstraksi, tipografi, keterbacaan, rasional, objektif, universal dan kesatuan Tokoh Desain Swiss Mulai dari Ernest Keller, Max Bill, kemudian banyak tokoh-tokoh lainnya seperti Anthony Froshaug, Adrian Frutiger, Bruno Pfäffli, Max Miedinger · Eduard Hoffmann, Hermann Zapf, Siegfried Odermatt, Rosmarie Tissi, Hans Neuburg, Emil Ruder, Armin Hofmann, Carlo Vivarelli, dan Josef MüllerBrockmann, adalah nama yang menghiasai gagasan desain Swiss. Dari semua nama yang ada Josef Müller-Brockmann menjadi salah satu tokoh yang paling Populer dalam Swiss Design atau International Typographic Style. JMB sangat dihormati karena karyanya, yang menggunakan teks, foto, dan grafik sederhana untuk menciptakan komposisi yang mencolok dan ritmis. Brockmann juga terkenal karena komitmennya yang teguh pada desain berbasis grid. Buku popular dari Brockman diantaranya Grid System yang membahas mengenai sistem grid dan Neue Grafik, Tinjauan Internasional tentang desain grafis dan subjek terkait, diprakarsai oleh desainer Josef Müller-Brockmann dan diterbitkan dalam delapan belas edisi antara tahun 1958 dan 1965 editorial kolektif yang terdiri dari JMB, Richard Paul Lohse, Hans Neuburg dan Carlo Vivarelli. Lebih penting dari penampilan visual pada karya adalah sikap yang dikembangkan oleh para penggas awal desain Swiss tentang profesi mereka. Yang mendefinisikan desain sebagai aktivitas yang berguna dan penting secara sosial.

Baca Juga: Kilas Balik Duta Bahasa

Evolusi dan Kritik terhadap Desain Swiss dalam Perkembangan Zaman

Ekspresi pribadi dan solusi eksentrik ditolak, sementara pendekatan yang lebih universal dan ilmiah untuk merancang pemecahan masalah dianut. Dalam paradigma ini, desainer mendefinisikan perannya bukan sebagai seniman tetapi sebagai saluran obyektif untuk menyebarkan informasi penting antar komponen masyarakat. Mencapai kejelasan dan keteraturan yang ideal Kririk dan Desain Swiss hari ini Swiss desain dengan prinsip dan filosofi yang diusungnya membuatnya banyak digemari banyak orang, Perkembangan zaman setelah desain Swiss muncul gerakan-gerakan dengan membawa gaya baru dalam desain memberi dampak dan kritik terhadap desain swiss, bahwa desain Swiss dapat mengkomunikasikan pesan dengan jelas namun terkesan sangat kaku dan dingin, desain Swiss yang erat dengan abstraksi ekstrim bentuk geometris sederhana kadang-kadang bisa menjadi begitu abstrak sehingga kehilangan makna dan akhirnya menjadi lebih dari sekadar hiasan. Di era sekarang prinsip-prinsip yang dianut dalam desain Swiss pengaplikasiannya lebih dekat digunakan oleh desainer produk digital yang berorientasi merancang kebutuhan digital platform seperti website dan mobile apps, selain itu swiss desain juga cukup dekat digunkanan diranah arsitktur dalam merancang signage dan environment pendukung arsitektur karena jika ditinjau jauh kebelakang swiss desain yang terpengaruh Bauhaus memiliki bebrapa kemiripan dalam prinsip grid yang terukur, namun untuk kebutuhan desain seperti periklanan jarang sekali ditemukan gaya desain Swiss dalam pengaplikasiannya.