Oleh: Mochammad Haldi Widianto

Saat ini, sebuah teknologi baru telah dikembangkan Bersama kemampuan untuk menghubungkan perangkat satu sama lain secara cerdas yang disebut Internet of Things (IoT).  Teknologi ini menawarkan kepada orang untuk mencapai tugas mereka lebih cepat dengan cara yang efisien. Selain itu, komunikasi membuat interaksi antara cermin, rumah, kacamata dan berbagai benda telah menjadi efektif. Sebagai gantinya, orang dapat mengontrol perangkat dengan berbagai cara, misalnya sebagai sentuhan, gerakan dan suara.

Cermin cerdas adalah perangkat cerdas yang berfungsi sebagai cermin dengan kemampuan untuk berinteraksi dengan pengguna dan tampilkan berbagai respons dan informasi seperti tanggal, waktu dan cuaca di layar di belakang permukaan reflektif sebagai cermin. Ada banyak jenis, bentuk, ukuran dan aplikasi cermin pintar yang dapat diterapkan di berbagai bidang seperti sebagai akademik, umum dan medis dengan menggunakan berbagai metode implementasi dan bahasa pemrograman.

Dalam beberapa tahun terakhir, cermin pintar antarmukanya dapat memberikan informasi secara umum. Sekarang, cermin telah menjadi lebih interaktif karena dapat memprediksi keberadaan pengguna di depannya dengan menggunakan sensor yang tertanam di dalam cermin pintar. Cermin pintar menampilkan informasi yang ada di pengguna dan dapat mengambil manfaat dari itu. Misalnya, dalam bidang mode, cermin bisa memainkan peran konsultan yang membantu orang untuk memilih pakaian mereka melalui simulasi. Selain itu, bidang medis dianggap sebagai satu dari bidang penting yang menerapkan cermin pintar untuk menyediakan saran terapi dan medis untuk pasien.

Gambar 1. IoT Skenario

Empat puluh artikel tentang aplikasi cermin pintar ditinjau dan diklasifikasikan berdasarkan bidangnya. Melalui bidang umum, medis, fashion, akademik dan olahraga
Gambar 2 di bawah ini menggambarkan implementasi jaringan IoT dasar berbagai jenis aplikasi dan layanan. Hal-hal ini bisa terhubung ke hal-hal lain dengan jenis layanan yang sama.

Gambar 2. Persentasi artikel mengenai smart mirror

Pada beberapa penelitian, penulis telah mengembangkan cermin pintar yang bertindak sebagai asisten pribadi untuk menyelesaikan masalah kurangnya waktu yang dihadapi banyak orang. Lalu menampilkan beberapa informasi umum seperti waktu, cuaca, berita, dll. Dalam Penelitian sebelumnya, pengguna dapat membaca dan membalas email, juga melihat dan mengedit jadwal harian untuk banyak pengguna. Pengguna juga dapat berinteraksi dengan cermin menggunakan grafik keyboard di dalam cermin.

Padahal di penelitian lain, banyak fitur ditambahkan seperti mikro-controller Arduino Uno dengan Modul Sistem Global (GSM) untuk mengirim panggilan darurat. Sistem juga menggunakan sensor hemat energi jika tidak ada objek dekat perangkat. Alhasil, cermin pintar memungkinkan waktu bisa dieksploitasi dengan baik dengan melakukan berbagai tugas secara bersamaan waktu.

Dalam penelitian lain, penulis telah memberikan kecerdasan interaktif menggunakan layanan AMbient Intelligence (AMI) interaktivitas melalui antarmuka pengguna multimedia. Antarmuka dapat memahami dan mengenali lingkungan yang terhubung Pada IoT. Sistem cermin pintar yang diusulkan bertujuan untuk menfasilitasi pengguna dengan antarmuka interaktif untuk menyederhanakan layanan pribadi untuk pengguna di rumah seperti berita, multimedia, waktu, cuaca dan lainnya. Selain itu, ia menyediakan pelacak kebugaran dan mendukung dua bahasa, yang bahasa Arab dan Inggris. diimplementasikan menggunakan presentasi layar teknologi Light Emitting Diode (LED) cermin dua arah yang terhubung ke cermin pintar aplikasi seluler. Fitur lain seperti sigma real time

Banyak penelitian telah bekerja pada cermin pintar di tempat yang berbeda bidang. Ringkasan studi terkait aplikasi mirror cerdas disajikan pada Tabel I. Setelah meninjau studi berdasarkan aplikasinya, hasilnya menunjukkan sesuatu yang nyata variasi dalam jumlah studi di setiap bidang. Gambar. 3 menunjukkan persentase studi tentang aplikasi cermin pintar. Pada tingkat tertinggi adalah untuk bidang umum dengan 57,5% dari studi. Setelah itu, bidang medis mencapai 17,5%. Bidang mode 15%. Akhirnya, persentase terendah adalah untuk akademik dan lapangan olahraga masing-masing 5%.

Tabel 1. Tabel Hasil Penelitian Smart Mirror

Gambar 3. Persentasi Bidang Penelitian Smart Mirror

Fitur di setiap cermin, memiliki kesamaan besar antara fitur umum lainnya yang digunakan di cermin. Wajah, suara dan informasi umum cuaca, waktu dan tanggal adalah fitur yang paling sering digunakan. Selain itu, kebanyakan Studi menerapkan mirror menggunakan Raspberry Pi 3 dengan cermin dua arah sementara yang lain menggunakan mikrokontroler yang dibuat khusus. Dari segi waktu, awal kemunculannya cermin pintar untuk tujuan rekreasi dan komersial seperti manipulasi foto, pakaian dan tata rias visualisasi. Setelah itu, pengembangan cermin pintar diambil lebih serius sehingga mulai digunakan dalam kesehatan dan bidang akademik untuk melakukan tugas yang lebih rumit. Secara umum, bidang akademik dan olahraga adalah yang paling sedikit aplikasi cermin

Referensi

Dabiah A. Alboaneen, Dalia Alsaffar, Alyah Alateeq, Amani Alqahtani, Amjad Alfahhad, Bashaier Alqahtani, Rahaf Alamri, Lama Alamri “Internet of Things Based Smart Mirrors: A Literature Review”, Computer Science Department, College of Science and Humanities Imam Abdulrahman Bin Faisal University P.O.Box 31961, Jubail, Kingdom of Saudi Arabia, 978-1-7281-4213-5/20/$31.00 ©2020 IEEE