Kuliah di Jurusan Informatika memang menjadi salah satu impian sebagian pelajar di Indonesia. Dengan semakin berkembangnya teknologi membuat jurusan Informatika menjadi banyak diminati karena memiliki peluang karier yang sangat besar. Salah satu Universitas Informatika Swasta di Bandung yang banyak dicari adalah BINUS Bandung. Universitas ini memang dinilai menjadi universitas swasta dengan jurusan Informatika yang baik. Mengapa demikian ? berikut beberapa hal yang banyak dirasakan oleh sebagian besar mahasiswanya :

Menjadi Universitas Swasta Unggulan

Yang pertama adalah, BINUS Bandung ini menjadi salah satu universitas swasta yang unggulan. Banyak sekali universitas swasta yang menyediakan jurusan informatika, namun yang terbaik adalah di BINUS Bandung. Mengapa bisa menjadi universitas unggulan ?

Sebab, BINUS Bandung ini memberikan berbagai fasilitas untuk belajar dengan sangat maksimal, pembelajaran yang canggih, ramah terhadap mahasiswa, berbagai teknologi yang terbaru untuk proses belajar mengajar membuat universitas ini menjadi universitas yang unggul.

Selain itu, BINUS Bandung juga menghasilkan banyak sekali lulusan yang sangat berkualitas karena dalam pendidikannya menggunakan sistem yang sangat canggih. Mahasiswa tidak hanya dibekali dengan ilmu teori saja akan tetapi juga dibekali ilmu praktik, ilmu etika, dan juga ilmu yang mengajarkan kearifan lokal.

Menjadi Universitas yang Mengusung Kearifan Lokal

Seperti yang telah dijelaskan di atas, BINUS Bandung tidak hanya menjadi universitas yang mengajarkan ilmu-ilmu teori saja akan tetapi juga tetap mempertahankan kearifan lokal. BINUS Bandung memberikan ilmu informatika yang lengkap tanpa meninggalkan adat Sunda.

Jadi, setiap mahasiswa yang berkuliah di Bandung tidak hanya mendapatkan ilmu saja akan tetapi juga bisa mempertahankan adat dan budaya Sunda sehingga budaya Sunda tidak pernah hilang. BINUS Bandung sangat percaya dengan menanamkan pelajaran budaya Sunda untuk anak-anak muda membuat budaya Sunda tidak pernah hilang, saat ini para anak muda lebih open minded sehingga mudah menerima adat budaya sebagai identitas mereka.

Menyediakan Tingkat Pendidikan  dengan Teknologi Kreatif

Mahasiswa yang mengikuti pembelajaran di BINUS Bandung tidak serta merta kuliah seperti mahasiswa pada umumnya. BINUS Bandung sangat memperhatikan kualitas pendidikannya dengan menggunakan berbagai jenis teknologi kreatif dengan memperhatikan pula bagaimana suasana belajar yang kreatif dan inovatif.

Para mahasiswa BINUS Bandung dalam pembelajarannya juga menggunakan layanan profesional yang berbasis ICT (Information and Communications Technology yang sangat baik dan mendukung mahasiswa menjadi lebih kreatif dan juga inovatif. Oleh karena itu, mahasiswa yang lulus dari BINUS University memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat mumpuni. Dengan segala fasilitas dan kuantitas pembelajaran yang sangat baik dan sangat canggih.

Tidak Hanya Kuliah saja, di BINUS Bandung juga Mengembangkan Karakter yang Siap Kerja

Tidak hanya kuliah saja, para mahasiswa yang kuliah di informatika BINUS Bandung juga sangat diperhatikan masa depannya. Jadi, mereka tidak hanya dibekali dengan ilmu yang teoritis saja tetapi juga dibawa ke dunia kerja secara real sehingga saat mereka memasuki dunia kerja tidak kaget karena memiliki bekal yang sudah sangat baik.

Hal ini dikarenakan BINUS Bandung telah banyak melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan dan juga universitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri sehingga bisa memberikan pengalaman yang bagus untuk keterampilan mahasiswa di bidang pekerjaan. Oleh karena itu, lulusan BINUS Bandung sangat kompeten saat masuk di dunia kerja.

Memberi Kontribusi Penelitian di Bidang Informatika

Saat ini, teknologi informasi mengalami peningkatan dan perkembangan yang sangat signifikan. Banyak ahli yang berlomba-lomba melakukan penelitian dan juga menciptakan berbagai alat yang canggih sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sangat mudah. Namun, hal tersebut banyak terjadi di luar negeri saja, Indonesia masih sangat kurang untuk bidang teknologi seperti itu.

Namun, BINUS Bandung tidak bisa terus diam, Universitas ini juga memberikan kontribusi untuk mahasiswanya yang ingin melakukan berbagai penelitian di bidang informatika sehingga Indonesia tidak akan kalah saing dengan teknologi dari luar negeri. Dengan adanya kontribusi dari kampus, maka Mahasiswa juga akan lebih semangat dan giat belajar karena sangat didukung.

Tidak Hanya Akademik, Jiwa Sosial Mahasiswa juga Dikembangkan

Walaupun dalam intinya kuliah ini banyak belajar di bidang teori, Mahasiswa BINUS Bandung juga sangat ditekankan untuk memiliki jiwa sosial yang baik terhadap masyarakat sehingga Mahasiswa tidak hanya melakukan praktik di perusahaan-perusahaan saja akan tetapi juga akan dibawa langsung terjun ke masyarakat agar menciptakan rasa tanggung jawab anak muda terhadap masyarakat sekitar.

Dengan pengabdian masyarakat, para mahasiswa akan mendapatkan ilmu sosial sehingga nantinya mereka tidak hanya peduli dengan diri sendiri dan juga kariernya saja akan tetapi juga peduli dengan masyarakat pada umumnya. Biasanya Para mahasiswa diajak untuk melakukan pengabdian masyarakat di area Jawa Barat agar dalam memanfaatkan teknologi kreatif dan agar mahasiswa tahu tentang kearifan lokal Sunda.

Memiliki Beberapa Pilihan Peminatan Sesuai Passion Mahasiswa

Selain beberapa hal di atas, BINUS Bandung yang merupakan salah satu Universitas Informatika Swasta di Bandung memberikan beberapa peminatan di bidang informatika yaitu :

  1. GAT (Game Application Technology) yang terfokus pada pengembangan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan dan menciptakan game yang kreatif dan juga bisa diaplikasikan.
  2. IoT (Internet of Things)

Pada peminatan ini, mahasiswa akan diarahkan untuk tetap fokus pada suatu koneksi dari alat-alat komputer dengan menggunakan internet yang telah terprogram pada benda-benda sehari-hari yang mungkin saja ada suatu proses pengiriman dan juga penerimaan data.

Membekali Mahasiswanya Untuk Memiliki Etika dan Perilaku yang Baik Terhadap Orang Lain

Tidak hanya beberapa hal yang disebutkan di atas saja. Para mahasiswa juga dibekali dengan ilmu etika dan juga perilaku yang baik dalam segala hal dan kepada setiap orang sehingga tidak hanya mencetak lulusan yang pandai, terampil, memiliki jiwa sosial, tidak melupakan adat dan budaya, tetapi juga sangat beretika dalam melakukan berbagai hal.

Memiliki Peluang Karier yang Besar

Kuliah di BINUS Bandung juga sangat besar peluang kariernya. Anda bisa menduduki berbagai jabatan di suatu perusahaan atau melakukan bisnis sendiri dengan menjadi : Game developer, Mobile application developer, software engineer, multimedia developer, programmer, digital preneur, network administration. Network designer, dan masih banyak lagi lainnya. Sehingga setelah lulus Anda bisa langsung mendapatkan pekerjaan dengan tepat dan sesuai.

Penutup

BINUS Bandung merupakan salah satu Universitas Informatika Swasta di Bandung yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Universitas ini memang menjadi universitas unggulan yang ada di Indonesia dengan berbagai fasilitas dan kualitas pendidikan yang mumpuni. Banyak para pelajar yang lulus dari SMA yang memilih kuliah di BINUS Bandung di jurusan Informatika sebab memiliki permintaan yang banyak dan bisa disesuaikan dengan passion dan kemampuan.