Pentingnya Suatu Data Dalam Suatu Kegiatan Bisnis

Pasti kalian tahu bahwa untuk memulai suatu bisnis pasti memerlukan data. Data sangat membantu kalian dalam mencari informasi mengenai target market dan calon pelanggan dari bisnis yang akan kita bangun. Data juga dapat membantu kita dalam mengetahui apa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh target market kita. Kita juga bisa mengetahui apa masalah yang dihadapi oleh target market kita.

Data dapat menolong kita membuat keputusan yang lebih baik juga dapat dimanfaatkan untuk membuat keputusan dalam bisnis tentang menemukan pelanggan baru, meningkatkan layanan pada pelanggan, menjadi lebih baik dalam mengelola upaya dalam pemaaran, melacak interaksi sosial media, dan memprediksi tren pejualan. Selain itu kita juga dapat melacak complain dari pelanggan kita, sejarah pembelian pelanggan, jenis-jenis pelanggan, dan informasi yang lebih spesifik mengenai pelanggan kita. Data ini dapat terkumpul dari  situs web, media sosial, pembayaran elektronik dalam bentuk apapun dan masih banyak lagi. UKM dapat memperoleh keuntungan yang sama dengan organisasi yang lebih besar jika mereka dapat menggunakan dan mengelolanya dengan cara yang benar.

Masalah yang kita hadapi dalam bisnis kita juga dapat diselesaikan dengan data yang ada. Kita dapat melihat dari data yang sudah terkumpul bagaimana respon dari pelanggan terkait dengan bisnis kita. Jika kita sudah mengetahuinya kita dapat memperbaiki dan meningkatkan langkah-langkah yang kirang baik serta kita harus mengutamakan kemauan pelanggan kita.

Dari data juga kita bisa melihat progres bisnis kita apakah naik atau turun dan bisa membantu kita juga dalam meningkatkan proses bisnis kita sehingga kita bisa mengurangi uang, waktu, dan sumber daya yang tidak terpakai menjadi lebih efisien. Kalau kita menggunakan data yang ada seefektif mungkin maka perusahaan dapat menyusutkan proses produksi pada produk yang akan dibuatnya. Kita juga dapat menghemat biaya dengan tidak melakukan iklan senapan dan tidak membayar terlalu banyak untuk sumber daya yang dapat mempengaruhi laba perusahaan secara signifikan.

Baca Juga: Big Data Pada Sektor Teknologi Informasi

Sebuah perusahaan harus mengembangakan strategi pemasaran, penjualan, sumber daya manusia, dan pengoperasiannya. Pengambilan keputusan perusahaan setelah mengetahui informasi yang ada dari data sangatlah penting karena berdampak untuk kedepannya akan seperti apa. Stratrgi dimulai dari data demografis dasar yang kemudian pertimbangan dalam penetapan harga. Perusahaan membutuhkan data harga produk penjualan, harga produk akhir, dan siapa yang akan menjadi pembeli terakhirnya atau yang kita sebut sebagai konsumen yang menggunakannya. Dari sini kita dapat merancang secara keseluruhan dari produk yang akan kita buat hingga kemasannya, meskipun mungkin ada orang lain yang akan membelinya.

Di jaman sekarang teknologi sudah berkembang dengan pesat dan banyak yang sudah menggunakan data untuk menjalankan bisnis salah satunya adalah memakai big data sebagai modal karena sebagian besar nilai yang mereka tawarkan berasal dari data mereka yang terus-menerus mereka analisa untuk menawarkan layanan yang lebih baik dan mengembangkan produk dan fitur-fitur baru. Big data dapat digunakan untuk bisnis, bisa dari customer experience mereka sampai analitiknya.

Kita bisa mengembangkan customer relationship management (untuk menjaga hububgan baik dengan customer). Sangat penting untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan kita dengan selalu memberikan pelayanan yang memuaskan pada pelanggan kita. Hal ini juga salah satu yang terpenting dalam bisnis kita karena dapat membantu kita dalam menigkatkan sales dan membantu mengelola dalam marketing dan operasional kita lebih mudah agar kebutuhan dari pelanggan kita terpenuhi.

 

Theodora Monica Ervina

LA02 – 2302873623