Seorang marketing manager sering kali terlibat dalam pengambilan keputusan mengenai marketing strategi perusahaan, misalnya berkaitan dengan masalah harga, advertising, distribusi dan keputusan-keputusan lainnya. Untuk dapat mengambil keputusan secara tepat maka seorang pemasar membutuhkan berbagai informasi yang relevan. Salah satu cara untuk membantu manager dalam pengambilan keputusan adalah marketing information system.

Marketing Information System (MIS) adalah sebuah struktur, interaksi yang kompleks antara manusia, mesin dan prosedur yang dimaksud untuk mengumpulkan, meneliti, menganalisa, mengevaluasi dan mendistribusikan informasi yang tepat untuk dipakai dalam pengambilan keputusan pemasaran untuk memperbaiki marketing planning dan implementasi serta pengendaliannya.

Jika didefinisikan dalam arti yang luas, MIS adalah kegiatan perseorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang jasa dan gagasan. MIS selalu digunakan oleh bagian pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan tersebut. Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yang berkaitan dengan produk, tempat, promosi, harga produk.

Adapun faktor penyebab pentingnya Marketing Information System yaitu perkembangan yang teradi pada konsumen terjadi sangat cepat, terlalu banyak data yang ada di perusahaan sehingga perlu marketing information system, perlu time efficiency.

MIS juga mempunyai kelebihan dan kekurangan seperti berikut, Kelebihannya adalah Kecepatan dalam memperoleh informasi yang cukup untuk membuat keputusan, Rencana pemasaran Coordinated, Sebuah perspektif yang luas, Menghindari krisis, dan Penyimpanan data penting. Kelemahan dari MIS yang tinggi awal waktu dan biaya tenaga kerja dan kompleksitas menyiapkan sistem informasi. Marketer sering mengeluh bahwa mereka kekurangan informasi pemasaran yang cukup atau yang tepat, atau memiliki terlalu banyak yang salah. Solusinya adalah perlu adanya MIS yang efektif.

 

Name : Nicky Bryant Anggi

Class  : LA02

NIM     : 2301914075