Aliansi strategis memiliki tujuan utama untuk meningkatkan competitive advantage yang dimiliki suatu perusahaan dengan melakukan kerja sama dengan perusahaan lainnya. Menurut Besanko et.al dalam bukunya Economic of Strategy disebutkan bahwa sebuah perusahaan memiliki sebuah competitive advantage apabila perusahaan tersebut memperoleh tingkat keuntungan ekonomi lebih tinggi daripada rata-rata keuntungan ekonomi dari perusahaan-perusahaan yang bergerak pada pasar yang samacompetitive advantage merupakan ide sederhana mengenai penilaian kemampuan perusahaan dan posisi pasar secara relative dibandingkan dengan competitor.


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Porter dijelaskan bagaimana suatu perusahaan dapat menciptakan competitive advantage yang berkelanjutan. Dijelaskan juga bahwa  kegagalan banyak perusahaan disebabkan ketidakmampuan menterjemahkan strategi kompetitif menjadi suatu langkah yang akan menghasilkan competitive advantage. Konsep Competitive Advantage bertujuan menjembatani antara formulasi strategi dengan implementasi pada prakteknya. berdasarkan pada keyakinan Porter tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa pemilihan strategi yang tepat sangat menentukan keberhasilan untuk menghasilkan competitive advantage. Untuk meraih keberhasilan meningkatkan competitive advantage, banyak strategi yang dapat menjadi pilihan perusahaan, salah satunya adalah dengan melakukan aliansi.

Sumber:
Besanko, Dranove, Shanley, and Schaefer (2007), Economic of Strategy 4th Edition, John Wiley & Sons, Inc
Hay, M. and P. Williamson. 1991. The Strategy Handbook, Oxford: Basil Blackwell
Porter, M. E. 1985. Competitive Advantage, New York: The Free Press.