Membangun Sebuah Brand

Gabriela Maharani Putri – 2201776344

Merk adalah suatu hal yang penting ketika seseorang membangun suatu bisnis, merk tidak hanya sekedar nama, tetapi juga akan menjadi identitas yang akan melekat pada produk atau jasa tersebut. Beberapa hal yang melekat pada suatu merk antara lain adalah warna, ukuran huruf, bentuk huruf, logo, dan element lainnya yang terdapat pada produk atau jasa tersebut. Salah satu produk yang memiliki merk yang kuat di Indonesia adalah Indomie, Indomie, merupakan salah satu nama merk mie instan yang sudah terkenal dan melegenda di Indonesia. Masyarakat Indonesia pastinya mengetahui nama tersebut dan bahkan mungkin sering mengkonsumsinya. Namun apakah banyak yang mengetahui cerita dibalik Indomie yang terkenal hingga saat ini, berikut adalah sedikit cerita mengenai Indomie.

Sebagian besar orang mungkin mengetahui bahwa PT.Indofood lah yang menciptakan Indomie, namun ternyata bukan. PT.Sanmaru Food Manufacturing adalah perusahaan yang pertama kali menciptakan Indomie pada tahun 1970. Pada awalnya tentu masyarakat berpikir tidak mungkin mie instan dapat menjadi solusi pengganti nasi, namun hal ini terjadi lantaran harganya yang ekonomis di kalangan masyarakat. Barulah pada tahun 1984, pemilik 2 perusahaan mie instan besar, Indomie dan Sarimi bergabung dan mendirikan sebuah perusahaan baru yaitu PT.Indofood.

Bukanlah proses yang singkat hingga Indomie dapat menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Bisnis ini tentu dimulai pada tahap development, dimana ide-ide bermunculan dari para pendiri untuk mendirikan usaha mie instan. Kemudian dibangunlah secara perlahan bisnis Indomie sebagai tahap start up, bisnis mulai dijalankan namun masyarakat masih belum terlalu mengenal produk ini. Hingga mulailah berbagai masalah bermunculan, terutama dalam hal kompetitor dan promosi, sebagai tahap survival. Pada tahun 1982-1983 sampailah pada titik dimana Indomie sudah dikenal oleh masyarakat dan terjadi peningkatan yang pesat dan berdampak bagi perusahaan, inilah masa-masa rapid growth dari Indomie. Akhirnya hingga saat ini Indomie telah berada pada masa mature, seluruh masyarakat Indonesia telah mengetahui produk Indomie dan terus terjadi penjualan dalam lingkup yang luas, sehingga Indomie dapat bertahan hingga saat ini. Kecintaan masyarakat terhadap Indomie yang membuat perusahaan ini dapat berdiri diatas dan diterima masyarakat hingga saat ini. Indomie adalah salah satu dari sekian banyak contoh perusahaan yang sukses di bidangnya karena hingga hari ini tidak menyentuh tahap declining. Hal lain yang membuat merk Indomie ini tidak menyentuk tahap declining adalah karena perusahaan sadar akan pentingnya suatu inovasi dan konsistensi membangun merk Indomie, perusahaan terus berupaya untuk melakukan penyesuaian terhadap selera dan keinginan masyarakat sehingga bermunculanlah beberapa varian baru dari Indomie yang saat inipun menjadi kegemaran masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan serta semua golongan usia.