Nadya Natasya Wijaya

2201761885

Industri kuliner yang berkembang pesat menjadi salah satu penopang dalam industri kreatif−yang berperan penting dalam perkembangan ekonomi kreatif negara. Menurut Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif), 68% dari 8,2 juta unit industri kreatif didominasi oleh industri kuliner. Hal tersebut dapat dilihat dari munculnya usaha-usaha start-up dari para creativepreneur yang menginovasikan produk makanan dan minuman sehingga memberi warna baru dalam industri kuliner saat ini. Inovasi yang dilakukan merupakan bentuk dari pengimplementasian jiwa creativepreneur yang dimiliki oleh generasi-generasi muda Indonesia, sehingga menjadikan industri kuliner Indonesia memiliki potensi untuk terus berkembang secara global dan diakui di dunia internasional.

            Salah satu jenis usaha kuliner yang sedang digandrungi oleh masyarakat, yaitu kuliner sehat, dimana produk makanan dan minuman diklaim mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Penerapan soul of creativepreneurship juga terjadi pada produk makanan dan minuman sehat. Produk-produk tersebut diolah menjadi lebih unik di mata konsumen−menarik minat mereka untuk mengonsumsinya. Tren makanan dan minuman sehat pada 2019 ini, bahkan sudah diprediksi oleh 2 celebrity chef asal Indonesia, Chef Yudha Bustara dan Chef Steby Rafael pada tahun sebelumnya. Kemunculannya menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia kini sudah lebih menyadari akan pentingnya kesehatan dan memiliki keinginan untuk menjalani pola hidup yang lebih teratur.

Hal ini menjadi inspirasi bagi mahasiswa jurusan Creativepreneurship BINUS @BANDUNG untung menciptakan produk yang memadukan kuliner sehat dengan tren kekinian yang sedang berkembang di masyarakat. Salah satu produk bisnis mahasiswa Creativepreneurship, yaitu jus buah yang dikemas dalam botol dengan topping serupa yang digunakan pada minuman kekinian saat ini. Produk tersebut bertujuan untuk mengajak para generasi muda untuk mulai menjalani pola hidup sehat dengan cara yang kekinian, sehingga mereka tetap bisa mengikuti perkembangan yang ada sembari mengonsumsi minuman yang berasal dari buah-buahan alami, tanpa pemanis buatan, dan mengandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh.

Salah satu menu dari catering diet yang menginovasikan sushi dari nasi merah, sehingga aman bagi masyarakat yang sedang menjalani program diet

Produk dari salah satu kelompok bisnis mahasiswa BINUS @BANDUNG yang mengkombinasikan jus buah alami dengan topping-topping kekinian

References

Agmasari, Silvita. (2018). Industri Kuliner, Penopang Tertinggi Perekonomian Kreatif di Indonesia. https://travel.kompas.com/read/2018/02/06/185000027/industri-kuliner-penopang-tertinggi-perekonomian-kreatif-di-indonesia

Parmujining, Tyas. (2018). Prediksi Tren Kuliner 2019 Menurut Chef Indonesia. https://today.line.me/id/pc/article/Prediksi+Tren+Kuliner+2019+Menurut+Chef+Indonesia-20p7n8

Prameswara, Arvino. (2013). Industri Kreatif dalam Dunia Kuliner. https://s3.amazonaws.com/academia.edu.documents/31609721/INDUSTRI_KREATIF_DALAM_DUNIA_KULINER.pdf?response-content-disposition=inline%3B%20filename%3DINDUSTRI_KREATIF_DALAM_DUNIA_KULINER.pdf&X-Amz-Algorithm=AWS4-HMAC-SHA256&X-Amz-Credential=AKIAIWOWYYGZ2Y53UL3A%2F20191101%2Fus-east-1%2Fs3%2Faws4_request&X-Amz-Date=20191101T120619Z&X-Amz-Expires=3600&X-Amz-SignedHeaders=host&X-Amz-Signature=600c841d268a7b09f366dbbf1d5411467c92022a624a32d51a3ee48d5bdd86ac (PDF)

Priherdityo, Edho. (2016). Survei: Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160909050532-255-157172/survei-masyarakat-indonesia-mulai-sadar-makanan-sehat