Konsol Game Masa ke Masa

Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Pernahkah bermain Nintendo dan Playstation?  Kehadiran kedua teknologi game console tersebut sangatlah populer di tahun 1990 hingga 2000-an. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, tidak ada yang ketinggalan untuk ikut memainkan game konsol. Hingga saat ini, Playstation (PS) masih menjadi kesukaan orang banyak dan Sony sebagai perusahaannya, terus melakukan inovasi pada produknya. Hal ini terbukti dengan munculnya berbagai konsol baru seperti PS3 di tahun 2006 , PS4 di tahun 2014 dan  PS5 yang masih menunggu rilisnya.

Namun, tahukah kalian bagaimana awal mula perkembangan game konsol tersebut? Berikut ulasannya.

1. Generasi Pertama

Perkembangan pada generasi pertama game konsol ditandai dengan munculnya konsol Magnavox Odyssey. Konsol ini adalah game rumahan yang diproduksi secara komersial. Dikembangkan oleh Ralph H. Baer dan timnya di Sanders Associates, Magnavox rilis di Amerika Serikat pada bulan September 1972.

2. Generasi Kedua

biasa disebut juga sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit era dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F kemudian  Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi primadona konsol game adalah konsol game ATARI ,di antaranya adalah: Fairchild Channel F, Atari 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, Atari 520.

3. Generasi Ketiga

4. Generasi Keempat

5. Generasi Sekarang

Generasi ini tiga perusahaan besar konsol game bersaing semakin ketat dan menawarkan fitur-fitur yang lebih menarik lagi dibandingkan dengan fitur sebelumnya. Microsoft yang menawarkan Xbox One, Sony yang menawarkan PS4, dan Nintendo menawarkan Nintendo Wii-U.

 

Referensi

  1. https://idseducation.com/articles/mengenal-8-generasi-game-console/
  2. https://carisinyal.com/perkembangan-konsol-game/
  3. https://jelajah-digital.blogspot.com/2017/03/sejarah-perkembangan-konsol-game.html