Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Acara SEAGAMES Manila ini melibatkan 11 negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia. Peraturan pertandingan di SEA Games ini di bawah naungan Southeast Asian Games Federation.

Sebelumnya, SEA Games sudah diadakan pada 2017 di Malaysia. Kali ini SEA Games 2019 diadakan di Filipina, tepatnya Manila. Pesta olahraga ini menjadi yang ke-30 kalinya.

Filipina sendiri sudah pernah menggelar SEA Games sebanyak 3 kali pada 1981, 1991, dan 2005. Kali ini cabang olahraga eSports masuk ke SEA Games 2019 dengan sejumlah medal yang dipersiapkan.

Sebelumnya, eSports sudah hadir dalam Asian Games 2018. Kini olahraga eSports menjadi olahraga dengan medal dan terakreditasi oleh Asian Electronic Sports Federation (AESF).

  1. Arena of Valor

Gambar 1. AoV Juara

Pertama adalah sebuah game MOBA ternama di mobile, Arena of Valor. Game ini dikembangkan oleh Tencent dan didistribusikan oleh Garena untuk kawasan Asia Tenggara.

2. DoTA 2

Gambar 2. Dota 2 Juara

Selain Arena of Valor, game MOBA PC terbaik ini juga ikut hadir dalam pesta olahraga ini. DoTA 2 selalu menjadi sebuah game yang sangat bersaing buatan Valve Corp.

3. Mobile Legends: Bang Bang

Gambar 3. Pemenang Mobile Legend

Mobile Legends: Bang Bang adalah game MOBA mobile lainnya yang dipertandingkan dalam SEA Games 2019 nanti. Game ini memiliki perbedaan karakter yang lebih kompleks dari Arena of Valor.

Referensi:

  1. https://jalantikus.com/news/26768/daftar-game-esport-sea-games-2019/
  2. google.com