People Innovation Excellence
 

Daycare in Office

Saat ini di Indonesia keluarga membutuhkan pemasukan keuangan dari dua jalur, terlebih dengan pasangan yang baru menikah. Pada saat memiliki anak, kebutuhan rumah tangga juga akan lebih banyak dibandingkan pada saat belum memiliki anak. Untuk itu, sering kali orang tua merasa kewalahan dengan banyaknya biaya, tetapi di sisi lain anak juga membutuhkan kedekatan dengan orang tua, khususnya dengan sang Ibu.

Dengan biaya yang saat ini tidak sedikit, menggunakan nanny atau asisten rumah tangga mempunyai beberapa banyak sisi negatif. Di antaranya adalah ketidakpercayaan orang tua terhadap anak dengan banyaknya kasus penculikan dan tindakan kriminal lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya suatu ide yang dapat membantu ibu yang bekerja agar dapat memantau anaknya, terlebih lagi yang masih bayi. Oleh karena itu, tercetuslah ide untuk membangun day care di dalam kantor sang ibu agar membuat ibu tidak cemas dan dapat bekerja dengan fokus tanpa khawatir.

Akan tetapi, day care yang ada di perkantoran saat ini tidak cukup memadai dikarenakan rentang umur yang beragam dari anak – anak yang dititipkan. Seringkali mainan atau fasilitas tidak mencukupi untuk menitipkan bayi. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah daycare yang dapat memfasilitasi anak – anak dari berbagai umur. Untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah karena untuk membangun daycare dan fasilitas yang diinginkan membutuhkan biaya yang besar dan ruangan yang tidak sempit. Oleh karena itu dibutuhkan keahlian tata letak untuk sebuah daycare yang efisien tanpa melupakan kebutuhan anak – anak yang dititipkan dari berbagai usia.

Problem statement

Oleh karena itu, permasalahan yang ada adalah kurangnya fasilitas daycare di perkantoran yang dapat memenuhi kebutuhan anak dan juga menghilangkan kekhawatiran Ibu. Sedangkan dari sisi pemilik Gedung perkantoran, kebutuhan ruang dan pelayanan yang tidak sedikit dapat menjadi penghalang dalam hal perijinan dan pembangunan.

Goal dan benefit

Tujuan desain dari daycare yang dapat menjadi hemat ruang dengan dukungan dari teknologi agar Ibu dapat fokus bekerja dan memantau anaknya.

Ada beberapa keuntungan yang didapat dari ide tersebut. Keuntungan pertama adalah peningkatan produktivitas Ibu karena merasa tenang dan dapat memantau kegiatan anaknya karena secara fisik berada di dekat anaknya dan tidak perlu menyewa nanny. Keuntungan kedua adalah anak yang dititipkan dapat diberikan pengawasan dan permainan yang sesuai dengan rentang umur sehingga dapat menyesuaikan dengan tahap pertumbuhan anak. Keuntungan ketiga adalah pemilik gedung perkantoran dapat  mengambil keuntungan finansial dengan adanya penitipan anak.

Project implementation plan

Terdapat tiga aspek penting dalam rencana implementasi permasalahan yang dihadapi oleh orang tua pekerja yang bisa memanfaatkan daycare yang terdapat dalam lingkungan kerja mereka.:

  1. Desain interior dan arsitektur, dengan mengimplementasikan desain yang minimalis dan hemat ruang dapat membuat layout yang optimal dan efisien dan juga mementingkan kenyamanan anak.
  2. Aplikasi IT yaitu dengan membuat aplikasi dan alat yang dapat dipakai anak yang dititipkan agar Ibu dapat memantau lokasi, kegiatan, dan kondisi anak.

Aspek bisnis: dengan memberikan manajemen sumber daya manusia dan servis yang terbaik bagi Ibu dan anak, dengan harga yang dapat bersaing dibandingkan menyewa full time nanny.

https://www.bspn.com.au/projects/the-centenary-library-churchie-interior-2/

 

Penulis: DoniMorika, dosen Desain Interior Binus@Bandung /arsitek & interior


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close