Inilah Perilaku Belanja Online di Indonesia

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masyarakat di dunia dan Indonesia telah banyak sekali melakukan pembelian secara online. Jumlah transaksinya pun dari tahun ke tahun semakin meningkat dan jenis barang yang masyarakat beli juga semakin beraneka ragam.

Dari data survey yang dilakukan pada semester 1 2019 yang dilakukan oleh jakpat, diketahui bahwa 60,5% responden lebih memilih untuk melakukan aktivitas belanja secara online dibandingkan mengunjungi offline store. Alasan responden lebih memilih melakukan transaksi secara online adalah karena lebih cepat dan efisien (65,7%), ada banyak promo dan diskon (62,9%), harga yang bersaing bahkan cenderung lebih murah (59,3%), dan fleksibilitas waktu berbelanja (59%).

 

Peningkatan Jumlah Masyarakat yang Berbelanja Berdasarkan Laporan Wearesocial Pada Tahun 2019

Mengambil sumber dari laporan wearesocial.com pada Januari 2019, terdapat peningkatan jumlah masyrakat yang melakukan transaksi e-commerce sebesar 5.9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan hal ini juga masih dapat bertumbuh karena penetrasi pasar e-commerce di Indonesia juga masih cukup rendah, yakni sebesar 40%.

Masih merujuk pada laporan dari wearesocial, bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada perilaku belanja online masyarakat Indonesia. Pertumbuhan tertinggi terdapat pada kategori makanan dan produk perawatan yakni sebesar 30%, kedua adalah kategori produk mainan dan hobi sebesar 25%, dan ketiga adalah pada kategori barang-barang elektronik sebesar 24%.

Baca Juga: Peluang Penerapan Molecular Gastronomy dalam Cita Rasa Masakan Indonesia

Penjualan Tertinggi Secara Online di tahun 2019 tertinggi di Kategori Online Travel

Namun dalam hal nilai transaksi, penjualan tertinggi terdapat pada kateogri online travel dengan nominal sebesar USD 9.376 milyar, lalu ada penjualan furniture sebesar USD 1.674 milyar serta mainan dan hobi sebesar USD 1.46 milyar.

Melihat hasil data tersebut, maka dapat dilihat bahwa saat ini telah banyak masyarakat yang mulai beralih dari yang biasanya suka berbelanja kebutuhan rumah tangga dengan mengunjungi toko, sedikit demi sedikit beralih berbelanja kebutuhan rumah tangga secara online. Serta traveling dan membeli suatu mainan serta hobi sudah menjadi sebuah gaya hidup dan kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia.