Nama : Cecilia Laurent 

NIM : 2602076014 

 

 

 

  1. Pengalaman Baru  

Bukan rahasia umum bahwa makanan indonesia semakin kurang diminati masyarakat indonesia terutama masyarakat generasi muda. Perubahan jaman menyebabkan terjadinya globalisasi yang merunjuk pada banyaknya masakanan luar negri yang mulai masuk ke dalam indonesia dan hal tesebut sangat berpengaruh dalam pasar market kuliner di indonesia. Seperti yang kita ketahui, indonesia memiliki banyak sekali pulau-pulau dimana masing-masing pulau memiliki makanan khasnya sendiri, karena semakin pudarnya cinta generasi muda terhadap masakan indonesia, tidak banyak orang yang masih menjual makanan indonesia dan biasanya dibuat oleh orang-orang yang sudah lanjut usia. Sangat jarang sekali generasi muda yang dapat atauy bahkan tahu tentang masakan indonesia.  

 

Ada banyak sekali alasan mengapa masakan indonesia semakin dikit peminatnya, bukan karena rasanya tidak enak tapi karena masakan indonesia cenderung menggunakan kemasan-kemasan yang tidak menarik dan presentasi makanannya sendiri terkadnag tidak indah dilihat dan disinilah peran gastronomy molecular masuk, gastronomy molecular dapat merubah kemasan dan presentasi masakan indonesia menjadi lebih enak dilihat dan menciptakan sebuah cara dan pengalaman yang baru.  

 

  1. Dikitnya Kompetitor 

Masih belum banyak orang di indonesia tahu tentang adanya sebuah bidang sains bernama gastronomy molecular di indonesia yang dapat saya simpulkan bahwa sangat sedikit adanya restoran yang menggunakan teknik ini. Walaupun begitu seperti apa yang saya sudah katakan di paragraf atas, banyak sekali masyarakat indonesia terutama generasi muda yang tidak meminati masakan indonesia dikarenakan kemasan dan presentasi yang tidak menarik. Apa yang mereka cari adalah sebuah inovasi baru, dimana mereka rela membayar lebih untuk kualitas yang lebih bagus atau sekedar mencari pengalaman baru dan hal ini dapat dimanfaatkan untuk peluang bisnis baru di indonesia saat ini.  

 

 

  1. Edukasi tentang Makanan Indonesia dan Sains  

Banyak sekali anak-anak indonesia saat ini yang tidak diberitahu oleh lingkungannya tentang cita rasa masakan indonesia, dikarenakan perubahan globalisasi yang terjadi di indonesia. Karena itulah penting bagi kita generasi yang masih menyukai atau tahu tentang betapa kayanya kita tentang masakan indonesia meneruskan warisan tentang budaya indonesia satu ini. Jika tidak siapa yang akan meneruskannya? 

 

Bukan hanya saja rendahnya minat masakan indonesia di generasi muda, sama halnya dengan edukasi sains di indonesia juga sangat rendah. Dilansir dari KOMPAS.com, minat generais muda terhadap mata pelajaran said dinilai stagnan dan bahkan menurun.  Hal ini sangat disangkan karena sains merupakan hal sangat penting untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di bumi. Yohanes Surya, mengatakan anak-anak indonesia juyga mengalamikondisi tidak senang dan takut belajar sains. Ketakutan ini dapat kita atasi dengan membuat inovasi seperti menerapkan teknik molecular gastronomy dalam masakan.  

 

Sumber referensi  

https://panturanews.com/index.php/panturanews/baca/254074  

https://edukasi.kompas.com/read/2010/11/11/20145256/~Edukasi~News