Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, Dosen di BINUS Bandung secara rutin membagikan ilmunya kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan pelatihan. Pada hari Sabtu, 29 September 2019, Pak  Ignatius Edward Riantono, S.E., M.Ak, memberikan pelatihan mengenai Personal Financial Management di Yayasan Marga Asah Talenta – Sekolah Talenta Bandung di daerah Kopo. 142 peserta yang merupakan guru TK hingga SMA dan para staff Talenta School hadir dalam pelatihan ini.

Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dari para guru dan karyawa di Talenta School, agar dapat menyusun financial planning untuk pribadi dengan baik sesuai komponen. Mampu melakukan klasifikasi transaksi dan melakukan identifikasi arus kas dan kekayaan serta hutang konsumtif dan hutang produktif dimiliki. Pelatihan Ini juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan finansial dari masing-masing pribadi sehingga dapat mendukung/memenuhi kebutuhan hidup pribadi ataupun keluarga, sehingga dapat dikatakan sejahtera.

Setelah penyampaian materi, para peserta juga diberi kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi perihal tips agar mereka dapat mengelola keuangan lebih baik kedepannya. Beberapa peserta juga menyampaikan pengalaman probadinya dalam mengelola keuangan. Mengelola keuangan adalah hal yang penting untuk dilakukan karena banyak hal positif yang akan diraih. Ketika nantinya terjadi hal-hal yang tak diinginkan dalam hal keuangan, setidaknya kita bisa mengantisipasinya jauh-jauh hari.Mengelola keuangan dengan baik sama pentingnya dengan mencari uang itu sendiri.