Sebagai perguruan tinggi yang menjalankan Tri Dharma, Binus at Bandung memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan penelitian sesuai bidang keilmua. Salah satu perwujudan konkretnya adalah  melalui kegiatan riset yang rutin dijalankan dan dimonitor oleh jurusan Informatics. Jurusan ini telah menggagas pertemuan mingguan yang fokus mengulas riset-riset yang tengah dikembangkan oleh para dosennya. Dipandu oleh bapak Michael Yoseph Ricky selaku ketua jurusan Informatics, acara ini bertujuan untuk menggalakkan semangat berbagi pengetahuan dan inspirasi antar-dosen mengenai riset yang sudah, tengah, serta akan dikembangkan.

Bu Aprianti Nanda Sari tengah Menyajikan Ide Penelitiannya tentang Pengamanan Data

Acara ini sendiri lebih mengedepankan suasana rileks, bahkan cenderung non-formal walau tetap mengedepankan intelektual dalam berargumentasi. Para dosen secara bergiliran memaparkan sejauh mana perkembangan riset sesuai spesialisasinya. Selanjutnya dosen-dosen lainnya mengemukakan masukan dan berbagai rupa pertanyaan. Adu argumentasi dan saling mengkritisi tentu saja terjadi dengan beragamnya sudut pandang dan pengetahuan. Walau demikian, suasana tetap rileks dan penuh keakraban karena tujuan adu argumentasi ini adalah untuk membangun kualitas, bukan untuk saling menjatuhkan. Menariknya, acara ini kebetulan dihelat rutin di hari Kamis yang notabene bertepatan dengan tema Kamis Inggris yang digalakkan oleh wali kota Bandung. Alhasil, acara ini dibalut dengan bahasa Inggris, baik saat paparan mengenai perkembangan riset maupn sesi diskusi. Justru hal ini malah menjadi wahana bagi para dosen untuk mengasah keterampilan berbahasa Inggris yang digunakan sebagai bahasa pengantar dalam acara-acara konferensi internasional.

Ulasan oleh Bapak Boby Siswanto mengenai Rencana Riset Saat ini dan Mendatang

Sejauh ini para dosen Informatics sendiri mampu menunjukkan performa yang menjanjikan terkait pengembangan penelitian. Salah satunya Pak Bobby Siswanto yang salah satu artikel ilmiah tentang basis datanya diterima pada sebuah konferensi internasional akhir tahun 2017 ini. Dosen-dosen lainnya pun saat ini tengah mengikuti seleksi di sejumlah konferensi internasional. Tentu kita berharap produktivitas dan kualitas yang dihasilkan mampu bermanfaat dan menjadi aktualisasi intelektual Binus Bandung bagi bangsa Indonesia.

[Arfive Gandhi]