Tidak dapat dipungkiri, era globalisasi di abad 21 merupakan masa dunia beralih ke teknologi yang lebih canggih. Baik dari bidang keilmuan pasti, hingga seni. Fotografi merupakan dunia perbaduan antara teknis dan seni. Perkembangannya yang sangat pesat, mempengaruhi sikap dan pola hidup masyarakat, anak-anak muda yang ada Indonesia, khususnya yang ada di Bandung.

Fotografi kini dapat kita nikmati dengan mudah. Misalnya kita dapat aplikasikan dengan kamera yang ada pada alat komunikasi kita, yakni telefon genggam, atau smartphone. Aplikasi-aplikasi terkini fotografi dan sosial media dalam smartphone sudah mengalami perkembangan pesat dan semakin menarik. Sehingga telah menjadikan masyarakat, dan anak muda pada umumnya, berkreasi sambil bermain dengan ide-ide dan imajinasi mereka.

Salah satu objek yang sangat mudah ditemukan untuk difoto dan dapat dikreasikan dengan mudah adalah mainan. Dengan memotret mainan hanya dengan kamera smartphone yang dimiliki siswa-siswi Sekolah Menengah Atas yang berlokasi di Bandung, mereka dengan mudah dan bergembira mengatur dan mendirect objek-objek mainan tersebut, sesuai dengan cerita dan imajinasi mereka.

Kreatifitas komposisi, latar belakang foto, dan cerita, juga dapat mereka berikan nilai lebih dengan melakukan pengeditan yang menjadikan hasil foto mainan mereka semakin menarik dan bercerita. Pelatihan ini disuguhkan oleh dosen-dosen Desain Komunikasi Visual BINUS@Bandung kepada siswa-siswi di Bandung, guna membuka wawasan kreatif mereka. Sehingga mereka sadar, bahwa untuk menjadi kreatif itu tidak harus dengan peralatan yang rumit. Dengan apa yang kita miliki sehari-haripun, kreasi dan aktifitas seni dapat tetap kita jalankan, bahkan akan dapat memacu pemikiran dan ide-ide baru nantinya.

Dalam proses aktifitas memotret mainan dengan kamera smartphone ini, terlihat siswa-siswi antusias dan senang. Diharapkan mereka dapat mengembangkan ide yang lain terhadap apa yang telah mereka coba dan rasakan. Sehingga seni fotografi dapat terus berkembang bahkan dengan hal yang sederhana sekalipun.

Salam Kreatif!

~Citra Fadillah | CACA