Cara Melakukan Market Research di Media Sosial yang Ampuh

Berada di era digital seperti saat ini, media sosial bukan sekedar sebagai alat komunikasi saja, namun juga dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk bisa menjangkau lebih banyak audien. Selain itu, banyak perusahaan yang saat ini juga memanfaatkan media sosial untuk melakukan market research atau riset pasar agar bisa mengetahui target pasar sekaligus mengukur berapa banyak penjualan yang bisa didapatkan.

Ada miliaran orang di dunia ini yang aktif sebagai pengguna media sosial (medsos), baik itu dari Facebook, Instagram, Twitter dan sebagainya. Tidak heran jika banyak pelaku bisnis yang memanfaatkannya untuk melakukan riset pasar agar mengetahui informasi berupa perilaku pelanggan, jenis konten yang disukai, tren pasar, mengetahui jam aktif penggunaan media sosial hingga perangkat yang digunakan.

Apa itu Market Research?

Yang dimaksud dengan market research adalah kegiatan untuk merencanakan, mengumpulkan serta menganalisis data yang semuanya dilakukan dengan cara sistematis. Adapun market research ini dilakukan terkait dengan uji kelayakan produk atau layanan bisnis.

Sejauh Mana Media Sosial Mengetahui Minat Pengguna

Banyak orang saat ini menggunakan media sosial. Tak hanya sebagai cara untuk berinteraksi, media sosial juga digunakan untuk mendapatkan berbagai macam informasi.

Bagi seseorang yang berperan sebagai penjual, media sosial sangat membawa dampak bagi peringkat pembelian karena banyak konsumen yang menghabiskan waktu di media sosial untuk mendapatkan beragam info yang pada akhirnya membuatnya tertarik untuk membeli sebuah produk.

Manfaat Market Research di Media Sosial

Melakukan research di media sosial dapat memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat diantaranya.

1.       Bisa Mengetahui Apa yang Disukai dan Tidak Disukai Pelanggan

Produsen tentunya harus mengetahui produk apa saja yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan. Hal ini juga bisa dilakukan melalui riset pasar di media sosial. Meskipun ada beberapa orang yang memberikan komentar negatif, namun dengan begitu perusahaan bisa melakukan evaluasi agar menghasilkan produk maupun layanan yang lebih baik.

2.       Mengetahui Bagaimana Cara Pelanggan Menggunakan Produk atau Layanan

Media sosial memang salah satu tempat yang paling banyak digunakan untuk mengutarakan pendapat. Dengan memanfaatkan media sosial ini, perusahaan bisa mengetahui bagaimana pendapat pelanggan terkait produk atau jasa yang diberikan sehingga nantinya bisa dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas.

3.       Dapat Mengetahui Harapan Pelanggan

Melakukan market research di media sosial juga bisa untuk mengetahui apa yang diharapkan pelanggan terhadap produk atau layanan yang kamu berikan kepada mereka. Misalnya saja, pelanggan ingin brand kamu melakukan tambahan fitur yang lebih lengkap atau meningkatkan layanan di bagian customer service. Dengan mengetahui lebih banyak tentang keinginan pelanggan, maka akan lebih mudah untuk mempersiapkan strategi bisnis agar bisa berkembang.

4.       Mengetahui Tren yang Diinginkan Pelanggan

Tren memang salah satu hal yang paling cepat berubah, oleh sebab itu brand harus bisa segera menyesuaikan dengan perkembangan yang sedang terjadi. Khususnya untuk tren yang sedang disukai oleh pelanggan. Kamu bisa mempersiapkannya dengan menampilkan konten yang sesuai dengan yang disukai oleh pelanggan, dengan begitu mereka akan menjadi lebih perhatian dan menyukai brand milik kamu

Baca Juga : Ayo Kenalan Dengan Diversifikasi Usaha, Strategi, dan Keuntungannya

Langkah Melakukan Market Research di Media Sosial

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, selanjutnya bagaimana cara melakukan market research di media sosial ini? Nah, berikut adalah beberapa langkah melakukan market research di media sosial yang harus kamu ketahui.

1.      Memilih Platform Media Sosial yang Tepat

Langkah pertama melakukan market research di media sosial adalah dengan menentukan jenis platform media sosial yang tepat. Perlu kamu ketahui, bahwa setiap media sosial memiliki perilaku dan demografi pengguna yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pilihlah platform sosmed yang sesuai dengan informasi yang ingin didapatkan terkait brand yang kamu miliki.

2.      Menentukan Tujuan Market Research

Untuk mengetahui apa tujuan dari market research yang kamu lakukan ini, tentukan terlebih dahulu target sasarannya. Jika sudah, itu artinya kamu telah mengantongi sejumlah informasi tentang tren pasar, perilaku pelanggan dan juga insight yang nantinya bisa membuat aktivitas pemasaran yang dilakukan menjadi lebih efektif.

3.      Menggunakan Alat dan Sumber Daya yang Tepat

Menggunakan platform media sosial untuk market research ini memungkinkan brand yang kamu miliki bisa belajar tentang kecenderungan tren industri dan aktivitas kompetitor lainnya secara real time. Dengan begitu kamu bisa menentukan sumber daya yang bagaimana untuk mendukung aktivitas perusahaan agar hasil produk atau layanan bisa dioptimalkan.

4.      Menganalisis Data yang Diperoleh

Data yang diperoleh saat melakukan market research di media sosial ini bisa memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis. Diantaranya meliputi pertumbuhan jumlah follower, performa konten hingga tingkat engagement.
Informasi ini bisa digunakan untuk mengetahui sampai mana keberhasilan dalam melakukan kampanye di media sosial. Selain itu juga digunakan sebagai landasan dalam pengambilan keputusan berdasarkan pada data yang telah diperoleh tersebut.

5.      Menyusun Laporan Hasil Market Research

Langkah terakhir dalam market research di media sosial adalah dengan menyusun laporan. Laporan ini bisa berupa hasil laporan, kesimpulan hingga rekomendasi penelitian yang biasanya dari pihak manajemen. Nantinya laporan ini digunakan untuk mengambil keputusan atau saat menghadapi masalah tertentu.

Alasan Perusahaan Melakukan Riset Pasar melalui Media Sosial

Selain memberikan banyak manfaat, ada banyak alasan lain yang membuat perusahaan saat ini mulai menerapkan market research melalui platform media sosial. Berikut adalah beberapa alasan diantaranya.

1.       Cepat

Memang ada banyak metode riset yang bisa dipilih, namun melakukan riset melalui melalui media sosial dinilai lebih cepat dibanding melakukan riset secara langsung. Ada banyak tools yang bisa membantu kamu untuk menarik data dari media sosial. Dengan begitu, waktu yang dilakukan untuk riset tersebut bisa menjadi lebih efisien.

2.       Terjangkau

Selain cepat, mencari informasi atau survey di media sosial juga sangat mudah dan murah jika dibanding melakukannya secara langsung atau dengan melakukan diskusi dalam sebuah komunitas atau grup.

3.       Jangkauannya Sangat Luas

Pengguna media sosial yang mencapai miliaran ini tentunya sangat memudahkan perusahaan dalam mengumpulkan data untuk menganalisis percakapan yang dilakukan pelanggan pada media sosial.

Riset yang dilakukan di media sosial ini bukan sekedar mengumpulkan informasi saja, namun juga dijadikan landasan dalam mengembangkan rencana agar pemasaran bisa berhasil. Dengan data dan fakta yang valid, kamu bisa mengambil keputusan yang lebih baik dan efektif untuk mengikuti dinamika pasar yang selalu berubah-ubah.

Baca Juga: Bagaimana Mengimplementasikan Ide Bisnis Bagi Mahasiswa