S1 VISUAL COMMUNICATION DESIGN
Program Studi Desain Komunikasi Visual menyiapkan generasi muda kreatif berwawasan global dengan mengusung nilai-nilai local berbasis teknologi komunikasi yang mampu menciptakan karya seni visual dan berkontribusi bagi industry kreatif, masyarakat, dan Indonesia.
VISI:
Unggul sebagai Program Studi Desain Komunikasi Visual dengan mengantarkan desainer-desainer yang siap menantang dunia global yang memiliki nilai-nilai lokal khas Jawa Timur dan Indonesia bagian Timur dengan memaksimalkan teknologi informasi.
MISI:
- Mendidik mahasiswa agar mampu memberikan solusi komunikasi visual berdasarkan penelitian kreatif, pengetahuan lokal & global, dan teknologi informasi, serta mampu mengartikulasikan nilai-nilai lokal khas Jawa Timur dan Indonesia bagian Timur untuk mampu bersaing di tingkat global.
- Meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia dan masyarakat internasional melalui desain yang baik.
- Merancang produk kreatif dan melaksanakan pelayanan secara profesional di bidang desain komunikasi visual dengan menekankan pada penerapan pengetahuan kepada masyarakat.
- Mendidik mahasiswa dengan rasa etika dan kewirausahaan yang kuat sebagai kontribusi kepada masyarakat umum.
- Bekerja sama dengan sejumlah lembaga terkait baik di dalam dan luar negeri untuk menjaga perkembangan ilmu yang diajarkan.
PROGRAM 2+1+1
Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Kampus Kota Malang memiliki kesempatan berkuliah selama 2 tahun di Kota Malang, 1 tahun peminatan keilmuan (Streaming) Desain Komunikasi Visual (di Kota Malang atau Greater Jakarta), dan 1 tahun Enrichment Program.
- Streaming
Waktu Pelaksanaan : Semester 4 dan 5
Pilihan Lokasi : Malang dan Greater Jakarta
- Streaming Illustration
Dalam streaming ini mahasiswa dilengkapi dengan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan desain dengan pendekatan produksi ilustrasi visual untuk keperluan industri hiburan, UMKM, HaKI, dan Ekonomi Kreatif. Mahasiswa melakukan eksplorasi gaya gambar, market, Intellectual Property, desain visual, branding desainer dan pengembangan keunikan desainer untuk menciptakan Illustrator profesional yang mampu bersaing secara global dengan mengusung nilai-nilai lokal
Lokasi : Malang
Prospek Karir : Illustrator, Comic Artist, Digital Artist, Visual Content Creator, Concept Artist, Creative Consultant, Branding and Mascot, Game Developer Artist, In-House Designer, Intellectual Property Creator, Toys Industry, Author.
- Streaming New Media
Dalam Streaming ini Mahasiswa dibekali dengan kemampuan unik di bidang teknologi informasi yang dapat mendukung pengembangan keilmuan Desain Komunikasi Visual menjadi Digital Design, Interaktif dan Media Cetak. Mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmunya dalam berbagai studi kasus seperti branding, desain informasi, desain untuk umum, fotografi, ilustrasi, tipografi dan desain web menjadi interaktif dinamis melalui media digital dan cetak.
Lokasi : Greater Jakarta
Prospek Karir : Brand Designer, Web Design and Development, Game, Design Visualisation, Publication Design, Illustrator, Graphic Design Studio, Corporate & Retail Industry, Government Institutions, In-house Designer, Photographer, Television and Broadcast Studio
- Streaming Creative Advertising
Dalam streaming ini Program Studi memberikan pendidikan kreatif yang baik bagi para insan kreatif masa depan di industri periklanan, memungkinkan mereka untuk bekerja sama dalam tim kreatif untuk menghasilkan desain visual kontemporer terbaik untuk periklanan. Pada Streaming ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana karya seni desain komunikasi visual diciptakan, dan juga tentang rumusan ide-ide kreatif yang dibutuhkan dalam iklan yang didasarkan pada teori desain dan berperspektif sejarah.
Lokasi : Greater Jakarta
Prospek Karir : Art Director, Graphic Designer, Commercial Photographer, Digital Imaging Artist, Illustrator, Videographer, Creative Entrepreneurs
- Streaming Animation
Di dalam streaming ini mahasiswa dilengkapi dengan pengetahuan dan kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan kreativitas, estetika visual, teknologi dan model bisnis untuk mendukung perkembangan Industri 3D Computer Graphic. Mahasiswa dilengkapi dengan pengetahuan dan kemampuan terkini dalam bidang Teknologi 3D Animation Computer Graphic untuk menjawab kebutuhan industry kreatif nasional dan Internasional
Lokasi : Greater Jakarta
Prospek Karir : Broadcast Television, Film Production, Games Industries, Animation Studio, Production House, 3D Motion Artist (Animator/Motion Graphic), 3D Visualizer Artist (Modeller/Layout/Shading,Lighting & Rendering), Visual FX Artist (Compositor/Rotoscoping/Particle), Storyboard artist, Character Design Artist, Animation Produser
- Enrichment Program
Waktu Pelaksanaan : Semester 6 dan 7
- Internship
Mahasiswa memiliki kesempatan untuk magang di semester 6 dan semester 7. Mahasiswa dapat melakukan magang dengan minimal pelaksanaan 4 bulan di perusahaan partner BINUS University
- Business Start Up
Mahasiswa memiliki kesempatan untuk memulai bisnis pribadinya pada semester 7. Mahasiswa akan mendapatkan mentor dari Program Studi dan Industri yang terkait dengan bidang kewirausahaannya.
- Community Development
Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan keilmuannya ke masyarakat umum. Mahasiswa dapat mengambil program ini dalam semester 7
- Research
Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keilmuannya berkolaborasi dengan dosen pada semester 7 dalam bentuk kolaborasi penelitian dan publikasi.
- Study Abroad
Dalam semester 7 mahasiswa memiliki kesempatan untuk berkuliah di universitas partner BINUS University di luar negeri.
DESAIN KURIKULUM
SEMESTER 1
Group | Course | SCU | |
MKK | DSGN6748 | Material and Colors in Visual Design | 4 |
MKK | DSGN6749 | Drawing for Design | 4 |
MKK | DSGN6750 | Computer Graphic I** | 4 |
MKK | DSGN6751 | Eastern Art Review | 2 |
MKK | DSGN6421 | Western Art Review* | 2 |
MKK | ARTS6018 | Aesthetics | 2 |
English Courses I | |||
MKB | ENGL6198 | English in Focus | 2 |
MKB | ENGL6199 | English for Business Presentation | 2 |
Cumulative SCU | 20 |
*) Delivery in English;
**) Global Learning System Course;
SEMESTER 2
Group | Course | SCU | |
MPK | CHAR6030 | Character Building: Pancasila | 2 |
MKK | DSGN6816 | Visual Communication Design I | 4 |
MKK | DSGN6817 | Computer Graphic II ** | 4 |
MKK | DSGN6818 | Typography* | 4 |
MKB | ENTR6519 | Entrepreneurship I : Ideation | 2 |
MKB | LANG6089 | Indonesian Language | 2 |
English Courses II | |||
MKB | ENGL6201 | English Savvy | 2 |
MKB | ENGL6200 | English for Written Business Communication | 2 |
Total SCU | 20 | ||
Cumulative SCU | 40 |
For English Courses II, student with score Binus English Proficiency Test less than 500 will take English Savvy, and student with score test greater than or equal to 500 will take English for Written Business Communication.
*) Delivery in English;
**) Global Learning System Course;
SEMESTER 3
Group | Course | SCU | |
MPK | CHAR6031 | Character Building: Kewarganegaraan | 2 |
MKK | DSGN6819 | Visual Communication Design II* | 4 |
MKK | DSGN6820 | Design Methods | 4 |
MKK | DSGN6821 | Illustration Design*** | 4 |
MKK | DSGN6822 | Photography** | 4 |
MKK | DSGN6431 | Visual Communication Design Review | 2 |
Total SCU | 20 | ||
Cumulative SCU | 60 |
*) Delivery in English;
**) Global Learning System Course;
***) Entrepreneurship Embedded
SEMESTER 4
Group | Course | SCU | |
MPK | CHAR6032 | Character Building: Agama | 2 |
MKK | DSGN6824 | Visual Making Project*** | 4 |
MKK | DSGNXXXX | Creative Design Workshop*&** | 4 |
Stream : Illustration | |||
MKB | DSGNXXXX | Character Design | 6 |
MKB | DSGN6829 | Concept Art | 6 |
Stream : New Media**** | |||
MKB | DSGN6742 | Advanced Typography*&** | 4 |
MKB | DSGN6743 | Digital Graphic Reproduction** | 4 |
MKB | MDIA6056 | New Media*&** | 4 |
Stream : Creative Advertising**** | |||
MKB | MDIA6046 | Audio Visual (Pre Production and Production)** | 4 |
MKB | MKTG6293 | Marketing and Consumer Behavior*&** | 2 |
MKB | DSGN6671 | Creative Writings for Commercial | 4 |
MKB | DSGN6019 | Advertising Media*&** | 2 |
Stream : Animation**** | |||
MKB | DSGN6682 | Fundamental Drawing for Animation* | 4 |
MKB | FILM6047 | Scriptwriting** | 4 |
MKB | FILM6027 | Film Theories* | 4 |
Minor Program | 12 | ||
Free Electives**** | 12 | ||
Total SCU | 22 | ||
Cumulative SCU | 82 |
*) Delivery in English;
**) Global Learning System Course;
***) Entrepreneurship Embedded
****) Conducted for student mobility program in Jakarta
SEMESTER 5
Group | Course | SCU | |
MKK | DSGNXXXX | Visual Communication Design III* | 4 |
MKB | ENTR6521 | Entrepreneurship : Market Validation | 2 |
MKK | DSGNXXXX | Design and Digital Media*&** | 4 |
Stream : Illustration | |||
MKB | DSGN6828 | Intellectual Property Design** | 4 |
MKB | DSGN6831 | Sequential Illustration** | 4 |
Stream : New Media**** | |||
MKB | DSGN6744 | 3D Art and Interaction | 4 |
MKB | FILM6078 | New Media Production** | 4 |
Stream : Creative Advertising**** | |||
MKB | DSGN6668 | Photography for Commercial Project** | 4 |
MKB | FILM6111 | Cinematography* | 4 |
Stream : Animation**** | |||
MKB | DSGN6683 | Visual Storytelling** | 4 |
MKB | DSGN6685 | 3D Art & Form** | 4 |
Minor Program | 8 | ||
Free Electives**** | 8 | ||
Total SCU | 18 | ||
Cumulative SCU | 100 |
*) Delivery in English;
**) Global Learning System Course;
****) Conducted for student mobility program in Jakarta
SEMESTER 6
Group | Course | SCU | |
MKB | Enrichment Program I | 20 | |
Total SCU | 20 | ||
Cumulative SCU | 120 |
SEMESTER 7
Group | Course | SCU | |
MKB | Enrichment Program II | 20 | |
Total SCU | 20 | ||
Cumulative SCU | 140 |
SEMESTER 8
Group | Course | SCU | |
MKK | DSGN6451 | Thesis | 6 |
Total SCU | 146 | ||
Cumulative SCU | 146 |
Notes : (Information for group table)
MKK = Mata kuliah Keilmuan & Ketrampilan (Science and Skill Course)
MKB = Mata kuliah Keahlian Berkarya (Creative Expertise Course)
MPK = Mata kuliah Pengembangan Kepribadian (Personality Development Course)
MPB = Mata kuliah Perilaku Berkarya (Creative Behavior Course)
MBB = Mata kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (Social Living Course)