Cara Mengimplementasikan Ide Bisnis untuk Mahasiswa Agar Terlaksana dengan Baik

Jika ada yang bertanya kapan waktu yang tepat untuk memulai sebuah bisnis, tentu banyak yang akan menjawab “lebih cepat lebih baik”. Apalagi ketika kita menemukan sebuah ide bisnis potensial. Tentu akan sangat mubazir jika tidak lekas diimplementasikan. Lantas bagaimana cara mengimplementasikan ide bisnis untuk mahasiswa?

Seorang mahasiswa umumnya memiliki pemikiran yang kritis. Dari pemikiran-pemikiran inilah biasanya muncul banyak ide bisnis potensial. Namun di tengah kesibukan perkuliahan, kadang banyak ide bisnis yang akhirnya terbengkalai. Padahal ide bisnis untuk mahasiswa mayoritas memiliki peluang keberhasilan yang tinggi. Apalagi ketika diimbangi dengan jiwa kreatif dari para mahasiswa. Peluang keberhasilan akan lebih tinggi.

Untuk itu, bagi kamu seorang mahasiswa yang punya cita-cita menjadi pebisnis sukses, jangan ragu mengimplementasikan ide bisnismu mulai dari sekarang. Jika kamu bingung bagaimana caranya, artikel dibawah ini akan membantumu.

Apa itu Ide Bisnis?

Apa yang dimaksud dengan ide bisnis? Ide merupakan gambaran akan sesuatu yang tersusun dalam pikiran berupa gagasan kreatif untuk menciptakan sesuatu. Sedangkan bisnis adalah kegiatan menciptakan barang atau jasa untuk dijual guna mendapatkan keuntungan serta memenuhi kebutuhan konsumen.

Dari dua pengertian kata diatas, bisa disimpulkan jika ide bisnis adalah sebuah rancangan kreatif yang tersusun dalam pikiran untuk menciptakan suatu peluang guna memenuhi kebutuhan riil di pasaran. Adapun sumber ide bisnis bisa didapatkan dari banyak hal mulai dari keterampilan, pengamatan, pengalaman kerja, keahlian, kesuksesan atau kegagalan orang lain, serta hobi.

Nah, dari pengertian ide bisnis diatas, kira-kira sudahkah kamu memilikinya? Dan kapan kamu akan mulai untuk membangun bisnismu?

Baca juga: Cara Membuat Proposal Business Plan yang Baik, Dijamin Ciamik

Tips Implementasi Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Bagi seorang mahasiswa penting untuk mulai mengimplementasikan ide bisnisnya sedini mungkin. Jangan tunggu sampai lulus karena ide yang muncul sekarang peluangnya tak akan sama ketika diterapkan beberapa tahun kedepan.

Kunci seorang mahasiswa sukses bisnis dan kuliah adalah manajemen waktu. Perlu dipahami dengan baik bahwa semua orang memiliki waktu yang sama yakni 24 jam. Dalam waktu tersebut kamu harus mampu mengaturnya dengan baik dan seimbang untuk kegiatan perkuliahan dan bisnis.

Selain itu pemilihan kampus juga akan sangat berpengaruh terhadap keputusanmu untuk berbisnis sambil kuliah. Misalnya ketika kamu memilih prodi bisnis maka kamu akan mendapatkan banyak mata kuliah yang akan menunjang kegiatan bisnis kamu. Tak hanya itu, teori yang kamu dapatkan juga bisa lekas dipraktekkan sehingga secara tidak langsung akan menunjang kegiatan perkuliahan.

Terakhir, seorang yang memutuskan untuk berbisnis sambil kuliah harus konsisten, komitmen dan keberanian.

Kiat Implementasikan Ide Bisnis di tengah Kesibukan Kuliah

Selain tips mengimplementasikan ide bisnis untuk mahasiswa diatas, ada beberapa kiat lain yang harus dilakukan agar bisnis dan kuliah kamu bisa sukses.

1.       Niatkan Sungguh-sungguh

Sebelum memulai menjalankan bisnis dan kuliah bersama-sama, kamu harus menguatkan niatmu terlebih dulu. Jangan sampai ditengah jalan ada yang dikorbankan.

Ingat, menjalankan keduanya dalam satu waktu tentu sangat berat. Tak hanya menguras tenaga, namun juga fikiran. Apalagi ketika perkuliahanmu telah memasuki semester-semester akhir. Niat yang lemah akan mudah menjatuhkanmu.

Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk menjalankan keduanya, kuatkan dulu niat dalam hatimu. Pertimbangkan segala risiko yang mungkin akan kamu hadapi sehingga nanti jika ada masalah kamu bisa menentukan bagaimana cara untuk mengatasinya.

2.       Pilih Bisnis yang Sesuai

Cara yang paling mudah dalam mengimplementasikan ide bisnis di tengah kesibukan kuliah adalah memilih bisnis yang paling sesuai dengan bakat, minat atau sesuai dengan jurusan kuliah yang kamu ambil.

Misal jika ingin menjadi wirausaha kamu bisa memilih jurusan creativepreneur. Atau jika ingin menjadi seorang desainer grafis pilihlah jurusan Desain Komunikasi Visual.

3.       Buatkan Business Plan

Kesuksesan bisnis tak akan lepas dari peran bisnis plan. Rancang dan tuliskan semua tentang bisnismu yang hendak dibangun. Dalam bisnis plan tak hanya ide bisnis yang harus ditulis, namun juga seluruh hal terkait dengan bisnis yang akan dibangun. Baik itu tentang strategi pasar yang hendak diterapkan, target pasar, pengelolaan biaya hingga cara untuk mencari investor.

Dalam bisnis plan kamu juga harus menuliskan apa saja risiko yang mungkin dihadapi, siapa saja kompetitor dari bisnismu, serta rencana bisnis untuk beberapa tahun kedepan.

4.       Atur Jadwal Kuliah dengan Usaha Kamu

Seperti yang telah diulas diatas, manajemen waktu adalah hal yang memegang peranan penting bagi seorang mahasiswa yang berstatus juga sebagai pebisnis. Kamu harus mampu mengaturnya dengan baik.

Misal ketika perkuliahan dilaksanakan pagi hari, maka maksimalkan waktu pagimu untuk perkuliahan. Kerjakan semua tugas secepatnya dan hindari menumpuk tugas. Setelah itu gunakan waktu sore hari untuk fokus pada pengembangan bisnis yang kamu miliki.

Membayangkannya sekilas mungkin nampak mudah, namun prakteknya bisa saja sulit jika kamu teledor. Selain itu berilah waktu bagi dirimu sendiri untuk istirahat dan liburan sesekali. Penatnya urusan perkuliahan dan bisnis bisa membuat tubuhmu melemah. Refresh pikiran dan tubuh dengan memberi waktu libur bagi diri sendiri.

Diatas adalah sedikit pembahasan tentang ide bisnis untuk mahasiswa beserta kiat untuk mengimplementasikannya di tengah kesibukan kuliah. Intinya, berbisnis bisa dilakukan oleh siapapun dan dalam keadaan sesibuk apapun.

Meskipun kamu kuliah, asal mampu menerapkan pembagian waktu yang baik, tentu saja satu sama lain tidak akan mengganggu. Apalagi jika kamu mengimplementasikan ide bisnis yang selaras dengan jurusan kuliahmu.