People Innovation Excellence
 

Rational Unified Process

Rational Unified Process

Rational Unified Process (RUP) adalah kerangka kerja proses pengembangan perangkat lunak yang diciptakan oleh Rational Software Corporation. RUP menyediakan panduan pandunan, template, dan contoh semua aspek dari tahapan pengembangan sistem informasi [10].

Terdapat tiga perspektif dalam RUP yaitu Dynamic Perspective and Lifecycle Phases, Static Perspective, dan Practice Perspective and Core Process. Dynamic Perspective menunjukkan fase RUP dari waktu ke waktu yang terus berubah. Static Perspective terbuat dari hal-hal yang tidak mengubah diri mereka sendiri tetapi bekerja untuk mengubah proses dinamis. Practice Prespective dibuat dari implementasi yang efektif berdasarkan pengalaman sebelumnya baik yang digunakan selama proses.

RUP digambarkan seperti pada Gambar 2. Arsitektur RUP. Pada gambar tersebut terdapat dua dimensi yaitu horisontal dan vertikal. Pada dimensi horisontal menunjukkan waktu dan aspek dinamis dari proses yang digambarkan dalam bentuk cycle, phase, iteration dan milestone. Sedangkan pada dimensi vertikal menunjukkan aspek statis dalam proses yang digambarkan dengan activities, artifacts, workers dan workflow.

Dynamic Perspective and Lifecycle Phases – Pada Dynamic Perspective and Lifecycle Phases memiliki empat fase yaitu : inception, elaboration, construction dan transition. Setiap fase memiliki satu atau lebih iterasi dan dilengkapi dengan milestone. Fokus dari iterasi pada setiap fase adalah untuk menghasilkan hasil teknis yang akan memenuhi tujuan fase.

Static Perspective – Model RUP dibangun di atas tiga entitas yang termasuk ke dalam Static Perspective. Ketiga entitas tersebut adalah workers, activities dan artifacts. Workflow berhubungan dengan ketiga entitas tersebut secara berurutan untuk menghasilkan desain dari sistem informasi. Suatu proses menggambarkan siapa (who) yang melakukan apa (what), bagaimana (how) dan kapan (when). RUP digambarkan menggunakan empat elemen yaitu : workers, the who; activities, the how; artifacts, the what; workflows, the when.

Practice Perspective and Core Process – Alur kerja Core Process dibagi menjadi enam bagian yaitu: business modelling workflow, requirement workflow, analysis and design workflow, implementation workflow, testing workflow, dan deployment workflow. Selain itu RUP juga memiliki tambahan Core Process yaitu: environment workflow, configuration and change workflow, dan project management workflow


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close