Rational Unified Process

Rational Unified Process (RUP) adalah kerangka kerja proses pengembangan perangkat lunak yang diciptakan oleh Rational Software Corporation. RUP menyediakan panduan pandunan, template, dan contoh semua aspek dari tahapan pengembangan sistem informasi [10].

Terdapat tiga perspektif dalam RUP yaitu Dynamic Perspective and Lifecycle Phases, Static Perspective, dan Practice Perspective and Core Process. Dynamic Perspective menunjukkan fase RUP dari waktu ke waktu yang terus berubah. Static Perspective terbuat dari hal-hal yang tidak mengubah diri mereka sendiri tetapi bekerja untuk mengubah proses dinamis. Practice Prespective dibuat dari implementasi yang efektif berdasarkan pengalaman sebelumnya baik yang digunakan selama proses.

RUP digambarkan seperti pada Gambar 2. Arsitektur RUP. Pada gambar tersebut terdapat dua dimensi yaitu horisontal dan vertikal. Pada dimensi horisontal menunjukkan waktu dan aspek dinamis dari proses yang digambarkan dalam bentuk cycle, phase, iteration dan milestone. Sedangkan pada dimensi vertikal menunjukkan aspek statis dalam proses yang digambarkan dengan activities, artifacts, workers dan workflow.

Dynamic Perspective and Lifecycle Phases – Pada Dynamic Perspective and Lifecycle Phases memiliki empat fase yaitu : inception, elaboration, construction dan transition. Setiap fase memiliki satu atau lebih iterasi dan dilengkapi dengan milestone. Fokus dari iterasi pada setiap fase adalah untuk menghasilkan hasil teknis yang akan memenuhi tujuan fase.

Static Perspective – Model RUP dibangun di atas tiga entitas yang termasuk ke dalam Static Perspective. Ketiga entitas tersebut adalah workers, activities dan artifacts. Workflow berhubungan dengan ketiga entitas tersebut secara berurutan untuk menghasilkan desain dari sistem informasi. Suatu proses menggambarkan siapa (who) yang melakukan apa (what), bagaimana (how) dan kapan (when). RUP digambarkan menggunakan empat elemen yaitu : workers, the who; activities, the how; artifacts, the what; workflows, the when.

Practice Perspective and Core Process – Alur kerja Core Process dibagi menjadi enam bagian yaitu: business modelling workflow, requirement workflow, analysis and design workflow, implementation workflow, testing workflow, dan deployment workflow. Selain itu RUP juga memiliki tambahan Core Process yaitu: environment workflow, configuration and change workflow, dan project management workflow