Dalam sebuah perusahaan tentunya memiliki karyawan untuk mendukung proses berjalannya perusahaan. dalam lingkungan pekerjaan tentunya harus memiliki hubungan baik dengan rekan kerjanya. Setiap orang pasti saling berinteraksi. Interaksi yang dibangun dengan rekan kerja harus didukung oleh sikap dan sifat yang baik. Agar akan terciptanya suasana di tempat kerja yang baik dan nyaman. Tetapi tidak semua orang dapat menciptakan hubungan yang baik antar rekan kerja. Supaya dalam lingkungan kerja karyawannya dapat menjalankan hubungan yang baik maka ada beberapa tips berikut ini:

Tips Cara Menbangun Hunbungan yang Baik dengan Rekan Kerja

1. Memiliki cara komunikasi dengan bahasa yang sopan dan santun

Komunikasi yang dilakukan dengan bahasa sopan dan santun akan membuat semua orang yang berada didekat kita menjadi nyaman dan tertarik untuk berkomunikasi dengan kita. Komunikasi yang baik adalah salah satu cara terpenting untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Berkomunikasi dengan bahasa yang sopan dan santun serta memperhatikan perasaan rekan kerja dapat membantu membangun kepercayaan dan kerjasama.

2. Bersikap ramah terhadap semua orang

Bersikap ramah dengan dengan semua orang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena hal itu akan membuat rekan kerja ingin berteman dengan kita

3. Berikan senyuman

Senyum adalah hal yang terpenting didalam dunia pekerjaan. Ketika kita memberikan salam yang baik disertai dengan senyuman pasti orang lain pun akan bersikap senang kepada kita. Berbeda dengan jika kita melayani orang dengan memasang wajah yang cuek atau muram , otomatis mereka pun akan bersikap malas kepada kita.

4. Saling menghormati dan menghargai sesama tanpa memandang status atau agama

Saling menghargai adalah cara lain untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Berikan kesempatan bagi setiap anggota tim untuk mengeluarkan pendapatnya dan memberikan apresiasi terhadap kontribusi mereka. Jangan kita hanya sopan kepada atasan / orang yang lebih tinggi statusnya dari kita. Karena kita sesama rekan kerja pasti nantinya akan saling bekerja sama dan saling membutuhkan.

5. Berperilaku yang baik dengan semua orang

Jika kita berperilaku dengan baik dengan orang disekitar kita maka kita akan mendapatkan timbal balik yang baik juga dari orang tersebut.

6. Saling membantu jika ada rekan kerja yang kesulitan

Jika kita mau membantu sesame terlebih dahulu, suatu saat jika kita mengalami kesulitan, orang tersebut juga akan membantu kita disaat kita sedang dalam kesulitan.

7. Berperilaku jujur dalam setiap pekerjaan

Kejujuran merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam bisnis, jika kita berlaku jujur maka kita akan dapat dipercaya oleh orang lain dan dapat diandalkan.

8. Saling menjaga privasi antar rekan kerja

Saling menghormati dan menjaga privasi rekan kerja adalah hal yang penting, supaya kita dapat dipercaya oleh orang lain.

9. Saling mencari tahu apa yang disukai oleh rekan kerja

Dengan cara tersebut maka kita dapat menjalin hubungan yang akrap dan erat dengan rekan kerja.

10. Proaktif dalam Komunikasi

Komunikasi yang proaktif dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Jangan menunggu diberi kabar terhadap status pekerjaan atau jangan menunggu diminta untuk mengerjakan sesuatu. Cobalah untuk lebih berinisiatif saat bekerja.

11. Makan Siang Bersama

Makan siang bersama dapat membantu membangun kekompakan dan mempererat hubungan dengan rekan kerja. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan perbedaan individual dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

12. Cari Topik Obrolan di Luar Pekerjaan

Cari topik obrolan di luar pekerjaan dapat membantu membangun hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan perbedaan individual dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

13. Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Berikan kesempatan bagi setiap anggota tim untuk mengeluarkan pendapatnya dan memberikan apresiasi terhadap kontribusi mereka.

14. Selalu Jauhi Gosip

Selalu jauhi gosip dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Gosip dapat menimbulkan drama di kantor dan mengganggu produktivitas.

15. Membangun Kesadaran

Membangun kesadaran tentang perbedaan individual dan menciptakan lingkungan kerja yang positif dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja.

16. Meningkatkan Keterampilan Interpersonal

Meningkatkan keterampilan interpersonal dapat membantu membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan perbedaan individual dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Referensi :

Cara Menjalin Hubungan Kerja yang Baik dengan Rekan Kerja

https://www.popbela.com/career/working-life/didy/10-cara-membangun-hubungan-baik-dengan-teman-teman-kerja

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship

Yonatan Senjaya (2301849095)

Tannia Iskandar (2301854901)

Tifani Fania Marchella (2301857834)