Media massa digital Instagram merupakan aplikasi berbagi foto dan video dari penggunanya yang dituntut untuk menampilkan seni kreatif pada masing-masing galerinya. Aplikasi berbagi ini sedang digandrungi oleh berbagai kalangan, di mana di dalamnya terdiri dari anak-anak usia remaja, mahasiswa, pekerja, ibu rumah tangga dan masih banyak lagi. Maka dari itu, aplikasi Instagram kini digunakan sebagai sarana untuk bertemu dengan konsumen.

Memaksimalkan penggunaan Instagram untuk mengembangkan bisnis pun sudahlah menjadi hal yang lumrah, apalagi keterbatasan yang terjadi diakibatkan oleh pandemi Covid-19 ini. Perkembangan pun telah banyak dilakukan oleh perusahaan Instagram untuk membantu banyak bisnis

Pada artikel kali ini, kami ingin membagikan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengembangkan bisnis anda melalui Instagram sebagai sarana untuk memperkenalkan produk anda dan bertemu dengan konsumen-konsumen anda.

  1. Membuat Akun Khusus Bisnis Instagram memiliki fitur untuk membuat business account yang dapat anda manfaatkan untuk bisnis anda. Dengan menggunakan fitur business account, hal pribadi dan bisnis terpisah untuk menunjukkan profesionalitas, kemudian manajemen bisnis akan lebih mudah dikelola.
  2. Maksimalkan penggunaan Instagram bio Instagram bio merupakan salah satu hal yang diperhatikan ketika pengguna mengunjungi profil akun. Memberikan profil bio yang tersusun lengkap, rapih, dan menarik memberikan kesan baik bagi pengunjung. Profil bio dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai situs bisnis, lokasi, CTA, dan penjelasan singkat mengenai bisnis anda.
  3. Memberikan informasi baru secara berkala Pengguna Instagram akan tertarik pada akun yang aktif melakukan aktivitas. Seperti sering posting hal tentang produk atau jasa, dan memberikan tampilan visual yang menyenangkan. Membagikan proses di balik layar seperti proses produksi juga dianggap penting untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan. Selain itu, pengadaan promo atau give away menarik perhatian pengguna instagram untuk mampir ke akun bisnismu, yang dimana dapat menambah lebih banyak follower.
  4. Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan Selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Membangun kepercayaan pelanggan. Dengan begitu, selain mereka akan melakukan pembelian lagi, mereka juga dapat menjadi mediator dalam mengenalkan bisnis anda kepada orang lain.
  5. Rajin Memantau Insight Instagram Fungsinya adalah untuk mengetahui grafik perkembangan akun bisnis Anda, interaksi Anda terhadap konsumen, jam upload yang tepat dan informasi lainnya. Anda dapat memutuskan bagaimana mengembangkan akun bisnis Anda dengan cara memantau tersebut.

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship