Analisis Lingkungan Makro terhadap Bisnis UMKM Korean Lunch Box Cake

Bisnis UMKM pada zaman sekarang semakin meningkat apalagi semenjak adanya pandemi. Salah satunya adalah UMKM dibidang kuliner atau F&B. Seperti bisnis saya yang menawarkan Korean Lunch Box Cake, yaitu kue ulang tahun kekinian dengan ukuran diameter 10-14cm saja. Yang dikemas menggunakan bagassee lunch box, dan mendapatkan sporks atau sendok yang sekaligus garpu serta lilin.

Nah, kali ini saya ingin membahas analisis lingkungan makro terhadap bisnis Korean Lunch Box Cake ini. Mulai dari lingkungan demografis, lingkungan ekonomi, lingkungan alam, lingkugan teknologi, lingkungan politik dan sosial, serta lingkungan budaya.

Pertama-tama, saya ingin membahas apa itu lingkungan makro atau macro-environment. Di bidang pemasaran, lingkungan makro adalah seperangkat faktor dan kekuatan eksternal, yang tidak dikendalikan oleh perusahaan, yang mempengaruhi perkembangannya.

  1. Lingkungan demografis mengacu pada studi tentang populasi manusia. Populasi manusia penting karena secara keseluruhan, kebutuhan mereka menjadi alasan eksistensi bisnis. Manusia adalah motor penggerak perkembangan pasar.Berikut adalah lingkungan demografis dari bisnis Korean Lunch Box cake :

             Density : Perkotaan, Sub-perkotaan

             Location : Kota Bandung, kab. Bandung barat, kota cimahi

             Target usia : 15-30 tahun

            Gender : pria dan wanita

            Occupation : seluruh occupation

  1. Lingkungan ekonomi adalah faktor makro yang mempengaruhi daya beli konsumen dan pola pengeluaran. Lingkugan ekonomi dari bisnis Korean Lunch Box Cake adalah Seluruh kalangan ekonomi dari menengah keatas sampai menengah kebawah dapat menikmati produk saya.
  2. lingkungan alam melibatkan sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai masukan oleh pemasar atau dipengaruhi oleh kegiatan pemasaran. pemasar harus mewaspadai beberapa tren lingkungan alam. Perusahaan juga harus peduli terhadap lingkungan dengan cara mengembangkan strategi yang mendukung kelestarian lingkungan atau upaya yang dilakukan untuk menciptakan ekonomi dunia yang dapat didukung oleh planet tanpa batas. Lingkugan alam dari bisnis Korean Lunch Box Cake adalah dikemas dalam bagasee lunch box, seperti styrofoam tetapi ramah lingkungan, bagassee lunch box terbuat dari bahan daur ulang, saya juga memberikan sendok kayu dibanding sendok plastik untuk menyantap kue tersebut. Bisnis saya berusaha mengurangi pemakaian plastic.
  3. Lingkungan teknologi menciptakan produk baru, pasar baru, dan peluang pemasaran bagi pemasar. Mereka berhubungan dengan faktor-faktor yang menciptakan teknologi baru dan dengan demikian menciptakan produk baru dan peluang pasar. Lingkungan teknologi dari bisnis Korean Lunch Box Cake adalah Pembuatan kue menggunakan alat-alat yang efektif seperti mixer dan oven. Semakin zaman berkembang, saya juga memperhatikan apa yang menjadi pusat perhatian banyak orang, misalkan, membuat design kue yang unik dan kekinian.
  4. Lingkungan politik dan sosial dapat mempengaruhi keputusan pemasaran. Perusahaan harus mengetahui segalanya tentang lingkungan hukum dan politik mencakup tindakan pemerintah, undang-undang pemerintah, kebijakan publik, dan tindakan yang memengaruhi operasi perusahaan atau bisnis. Korean Lunch box cake tidak melanggar hukum, dan dapat diminati banyak orang dari kalangan manapun.
  5. lingkungan budaya juga mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan. Pemasaran yang bertanggung jawab secara sosial adalah bahwa perusahaan bisnis harus memimpin dalam menghilangkan produk yang merugikan secara sosial. Semua orang pasti merayakan ulang tahun karena itu sudah termasuk kebiasaan dari dulu. Saat merayakan ulang tahun juga biasanya menggunakan kue. Budaya merayakan ulang tahun menggunakan kue tidak akan mati jika terus berinovasi, seperti membuat kue yang unik.

Analisis di atas merupakan analisis lingkungan makro dari bisnis saya. Analisis ini sangat membantu saya untuk megetahui target pemasaran dan juga batasan bisnis saya, yaitu Korean Lunch Box Cake.

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship

Anastasia Ichthus (2440042323)