Dalam pengambilan keputusan, terkadang kita dihadapkan pada kurangnya ketersediaan data dan informasi, oleh karena itu kita terkadang melakukan riset pada usaha yang kita jalankan agar keputusan yang diambil berdasarkan pada data dan fakta yang terjadi dipasar, bukan berdasarkan pada asumsi dan intuisi pemilik atau manajer perusahaan tersebut.

Terdapat beberapa tahapan yang harus dipersiapkan ketika kita akan melakukan riset bisnis. Berikut ini adalah beberapa tahapan yang dilakukan dalam melakukan riset bisnis:

Hal terpenting ketika melakukan riset bisnis bukanlah terletak pada penentuan metode riset dan analisis hasil riset. Hal terpenting dalam riset adalah dalam hal penentuan target responden karena meskipun teknik riset sudah tepat dan teknik pengolahan data juga sudah dilakukan dengan baik namun target responden tidak sesuai, maka data riset yang telah diolah tersebut akan menjadi kurang bermanfaat bahkan dapat menimbulkan kesalahan dalam pengambilan keputusan. Sehingga penting dalam riset untuk terlebih dahulu menentukan tujuan riset dan juga penentuan target rersponden, agar pelaksanaan dan interpretasi hasil riset dapat digunakan oleh perusahaan.

Sumber:

Bonita M. Kolb. (2020). Entrepreneurship for the Creative and Cultural Industries. 2nd. Routledge. United Kingdom. ISBN: 9780367419738