Beradaptasi, dari definisinya, adalah kualitas untuk bisa menyesuaikan dengan keadaan baru dan kapasitas baru untuk dimodifikasi sesuai dengan tujuan baru. Pada jaman dahulu kita pernah mendengar bahwa bisnis yang mapan sulit untuk dikalahkan. Tetapi pada era digitalisasi sekarang ini bukan “bisnis besar melawan bisnis kecil” melainkan “bisnis yang cepat beradaptasi melawan bisnis yang lambat melakukan adaptasi”. Bahkan bisnis kecil pun bisa mengalahkan bisnis yang sudah besar contohnya seperti perusahaan taksis konvensional dikalahkan oleh perusahaan transportasi online. Oleh karena itu dalam menjalankan bisnis adaptasi secara cepat adalah solusi yang tepat untuk mendukung bisnis kecil pada jaman sekarang ini. Berikut adalah 5 langkah dalam melakukan adapatasi bisnis kecil:

  1. Optimalkan kehadiran online

Di era dan zaman (digital) seperti sekarang jika bisnis tidak hadir secara solid secara online, maka bisnis tersebut tidak eksis. Cek apakah bisnismu sudah melakukan optimasi mesin pencarian (Google memiliki sebuah panduan awal Search Engine Optimization (SEO) di mana kamu bisa memulai) dan pastikan bahwa website milikmu menarik dan sederhana baik itu di tampilan desktop maupun, lebih penting lagi, perangkat mobile.

  1. Siarkan event secara langsung

Ada banyak platform siaran langsung (seperti YouTube Live Event, TikTok, Instagram Live, dan Facebook Live) ini memungkinkan setiap orang dan semua orang untuk mengakses event, seminar, workshop, kelas fitness, bincang-bincang, konser, konferensi… apapun yang kamu acara yang kamu gelar. Pastikan juga untuk merekamnya sehingga memungkinkan mereka yang tidak sempat menonton bisa menontonnya lagi.

  1. Perkenalkan atau tawarkan pesanan bawa pulang

Untuk merek makanan dan minuman, khususnya, akan sangat baik untuk mencoba pilihan ‘bawa pulang’ untuk pelanggan mereka. Perlengkapannya bisa dikemas di dalam rantang atau keranjang piknik, atau dibentuk menjadi sebuah produk DIY dan kotak resep. Makanan siap saji bisa dihangatkan dan disajikan di rumah, sekantong biji kopi bisa dilengkapi dengan sebuah video tutorial cara menyeduh kopi berkualitas seperti barista di rumah.. Ini adalah sebuah area untuk menjadi kreatif.

  1. Layanan antar produk

Aplikasi seperti Go-food dan Grab-food memungkinkan restoran, bar, dan kafe mendistribusikan produk mereka untuk jangkauan yang jauh dan luas, tapi bisnis lama seperti penata rambut (bayangkan peralatan warna yang disesuaikan), toko buku, brand otomotif, dan salon kecantikan (pikirkan produk spa di rumah) memiliki layanan antar produk. Jika hasilnya tidak relatif kecil, coba ajak pemilik bisnis lainnya untuk bekerja sama dan berbagi jasa layanan antar.

  1. Kembangkan ke dalam e-commerce

Apapun yang kamu hadapi, orang-orang akan bisa menemukan, mempelajari, dan membelinya secara online. Jika bisnismu tidak memiliki situs, buatlah. Jika websitemu tidak memungkinkan jual beli, maka mungkinkan. Dan walaupun kini terdengar berlebihan, mengembangkan bisnis dengan platform pemasaran web seperti Shopify atau sebuah online marketplace seperti Etsy.

Referensi: https://www.canva.com/id_id/belajar/cara-adaptasi-bisnis/