Saham belakangan ini menjadi instrumen investasi yang diminati anak muda. Saham bukan lagi monopoli orang tua atau pensiunan, tidak sedikit anak remaja ikut berinvestasi di saham. Akan tetapi saham bukanlah investasi tanpa resiko, kehilangan uang bisa saja terjadi. Oleh sebab itu jika ingin berinvestasi di saham ada beberapa faktor yang perlu diketahui terlebih dulu. Berikut ini adalah beberapa tips untuk pemula yang ingin berinvestasi di saham.

  1. Gunakan uang dingin.

Uang dingin adalah uang yang tidak kita butuhkan. Banyak yang bilang uang dingin itu uang tabungan. Pendapat ini tidak salah namun tidak sepenuhnya benar. Jika kita menabung untuk membeli PS5, maka tabungan itu menjadi uang panas. Jadi intinya uang dingin adalah uang lebih yang kita tidak punya rencana untuk digunakan.

  1. Jangan menggunakan uang pinjaman.

Uang pinjaman bukan uang dingin, uang pinjaman tentunya kita harus bisa kembalikan dengan sejumlah bunga. Uang pinjaman jangan digunakan untuk berinvestasi di saham, sebagus apapun kondisi pasar tetap kita tidak dapat menebak arah pergerakan saham. Oleh karena itu jangan gunakan uang pinjaman apalagi uang untuk sekolah.

  1. Pelajari prinsip-prinsip dasar analisis saham

Dalam dunia saham ada dua jenis analisis pergerakan saham yang terkenal, analisis fundamental dan analisis teknikal. Pelajari kedua metode analisis tersebut sehingga kita memiliki dasar setiap kali akan membeli saham.

  1. Money Management

Pelajari tentang money management yang baik, dengan mengelola uang yang baik maka kita bisa memperkecil resiko kerugian. Ada banyak teknik-teknik money management yang bisa dipelajari.

  1. Pelajari setiap saran.

Banyak orang-orang yang akan memberikan saran terkait saham apa yang bagus untuk dibeli. Jangan ikuti saran tersebut begitu saja, tapi pelajari dahulu, lakukan cek silang dengan melihat chart atau membaca laporan keuangan. Itulah sebabnya kita perlu mengetahui dasar-dasar teknik analisis pergerakan saham.

  1. Saham bukan tempat untuk kaya dengan cepat.

Banyak pemula yang berpikir bahwa saham adalah tempat untuk cepat kaya. Pada kenyataannya sebelum bisa meraih keuntungan, kita perlu banyak belajar dahulu. Saham bukan tempat untuk menjadi cepat kaya. Kesabaran benar-benar diuji disini, jadi bersabarlah dan terus belajar.

Demikian beberapa tips bagi anda yang ingin terjun berinvestasi di dunia saham. Semoga bermanfaat, dan perlu diingat penulis bukanlah seorang financial advisor dan ini bukanlah ajakan untuk membeli saham namun sekedar berbagi saja.

Penulis: Ivan Diryana