Sering kita mendengar pepatah time is money, namun pada kenyataannya terkadang kita susah untuk mengaplikasikan pepatah tersebut karena banyak faktor. Salah satu faktor tersebut adalah kita belum mampu mengelola waktu dan pekerjaan kita dengan baik. Terdapat teknik yang dapat digunakan untuk dapat membantu kita mengelola waktu dan pekerjaan tersebut, yakni dengan membuat perencanaan berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat urgensi dari pekerjaan tersebut. Untuk dapat lebih memahami terkait dengan tingkat kepentingan dan tingkat urgensi suatu pekerjaan, kita dapat membuat suatu diagram yang terdiri dari empat kuadran seperti berikut:

  Penting Tidak Penting
Urgen Kuadran 1 Kuadran 2
Tidak Urgen Kuadran 3 Kuadran 4

Berdasarkan kuadran-kuadran tersebut, maka kita dapat melakukan pengelolaan pada pekerjaan yang kita lakukan. Idealnya pekerjaan – pekerjaan yang kita lakukan tidak terlalu banyak bahkan jika memungkinkan dihindari di kuadran 1, karena pada kuadran 1 tersebut maka energi, waktu, dan pikiran kita akan banyak terkuras pada pekerjaan – pekerjaan tersebut. Dalam jangka panjang, apabila kita terus-menerus bekerja pada kuadran 1 maka kondisi tubuh dan mental kita dapata terganggu dan sakit.

Untuk kuadran 2, ini adalah pekerjaan – pekerjaan yang dapat kita cicil pengerjaannya, sehingga ketika mendesak diperlukan, pekerjaan tersebut sudah berprogress sehingga kita tidak tergesa-gesa menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut. Kunci pada kuadran 2 adalah perencanaan dan kelola pekerjaan dengan baik agar tidak menjadi ke kuadran 1.

Untuk kuadran 3, ini adalah jenis – jenis pekerjaan yang dapat untuk kita delegasikan kepada orang lain, sehingga kita dapat fokus bekerja pada kuadran 1 dan 2. Tentunya tidak hanya sekedar mendelegasikan, tetapi juga kita melakukan monitoring terhadap pekerjaan yang telah kita delegasikan kepada orang lain tersebut. Sehingga hasil yang diperoleh sesuai dengan apa yang telah di rencanakan.