Oleh: Mochammad Haldi Widianto

 

Termotivasi oleh efek positif yang dapat gamification hasilkan, banyak peneliti telah menyelidiki dampak positif dan negatif gamifikasi dalam bidang pendidikan, beberapa hasil positif yang dihasilan seperti peningkatan keterlibatan, pembelajaran dan kolaborasi. Namun, terdapat beberapa penelitian yang  menunjukkan hasil yang tidak meyakinkan atau bahkan merugikan dari gamifikasi.

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.minews.id%2Fnews%2Fmiris-kecanduan-game-online-remaja-di-jakbar-nekat-tusuk-ibu-kandung&psig=AOvVaw2H1kizgw5ovRvLMODBRtEk&ust=1589003758110000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCJCBgKzKo-kCFQAAAAAdAAAAABAD

 

 

Mereka menemukan bahwa gamifikasi dengan peringkat tertinggi mempengaruhi beberapa anak di Indonesia apalagi terhadap pembelajaran matematika bidang geometri dengan cara yang berbeda dan dapat menyebabkan pengaruh negatif yang tidak terduga. Beberapa penelitian gamification pembelajaran bidang matematika membuat siswa mengurangi kepuasan dan motivasi. Kombinasi hasil kontroversial dan moderenisasi tentang efeknya dalam lingkungan pendidikan menimbulkan ketidakpastian tentang manfaat penerapannya dalam pendidikan sebagai pengaturan, dan penggunaannya perlu diteliti dengan hati-hati. Selain itu, perlunya verifikasi apakah gamification bidang matematika ini dapat melibatkan siswa, meningkatkan pembelajaran, atau meningkatkan partisipasi

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fpngimage.net%2Fangkat-tangan-png-4%2F&psig=AOvVaw0ODkah057NADyPGsD7yXRM&ust=1589004303737000&source=images&cd=vfe&ved=0CAIQjRxqFwoTCMCrn7HMo-kCFQAAAAAdAAAAABAD

 

Artikel ini bermaksud mengembangkan sistem AR untuk membantu siswa belajar konsep geometri, dan, bagaimana hasilnya, meningkatkan kemampuan spasial mereka.

 

Sistemnya menggunakan Unity3D sederhana dengan extencion Vuforia AR sebagai platform pengembangan untuk membangun objek dan penggunaan 3D Java script untuk mendesain perilaku interaktif dari objek augmented. Untuk mengevaluasi efektivitas augmented reality sistem, desain penelitian pretest / posttest quasi-eksperimental diterapkan untuk memeriksa kinerja siswa pada bidang geometri dan kemampuan spasial. Wawancara semi terstruktur dan kuesioner sikap juga akan digunakan untuk menyelidiki persepsi siswa.

 

Pada penelitian diatas digunakan untuk memperelat keterlibatan siswa pada sifat kognitif otak mereka salah satunya dibidang geometri.

 

Referensi

2019 IEEE (ICALT) “Studying the impact of gamification on learning and engagement of introverted and extroverted students” , Rodrigo Smiderle, Leonardo Marques, Sandro J. Rigo, Brazil

2015 International Conference on Learning and Teaching in Computing and Engineering “Learning Geometry with Augmented Reality to Enhance Spatial Ability” Yi-Ting Liao, Chih-Hung Yu, & Cheng-Chih Wu Graduate Institute of Information and Computer Education National Taiwan Normal University Taipei, Taiwan