MEMPERKENALKAN BUAH LOKAL INDONESIA KEPADA DUNIA
Buah nanas adalah buah tropis yang kaya akan vitamin, enzim, dan antioksidan. Mereka dikenal dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membangun tulang yang kuat dan membantu gangguan pencernaan. Dan, meskipun manis, nanas memiliki kandungan kalori yang rendah (Szalay, 2019). Indonesia kaya dengan buah-buahan tropis yang sangat disukai oleh banyak orang di seluruh dunia. Namun sayangnya sifat buah-buahan tropis ini (mis. nanas, salak, dll.) adalah mereka mudah busuk.
Salah satu inovasi yang ditawarkan pelaku creativepreneurship di Indonesia adalah mengeringkan buah tropis ini lalu dikemas dalam kemasan. Hendy bersama dengan Rahmat Sholeh sudah merintis usaha ini sejak tahun 2018, yang mereka namai Happinaz yang berasal dari kata happiness (Indarto, 2019). Pembuatan kripik Happinaz menggunakan teknik dehidrasi untuk mengurangi kadar air buah yang kemudian memperpanjang masa simpan hingga 12 bulan (Anto, 2019). Produk pertama dari Happinaz adalah buah nanas kering. Sekarang mereka memiliki lebih dari 10 jenis buah kering.
Happinaz terpilih dalam FoodStartup Indonesia 2019 yang akan diberikan fasilitas dari Bekraf untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mereka untuk mengakses sumber pendanaan (Munaf, 2019). Berkat ini Happinaz ikut serta dalam Kreatifood Expo 2019 yang diadakan di Surabaya dan juga Kreatifood Showcase yang diadakan di berbagai kota seperti Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan 6 kota lainnya (Nurhikmah, 2018). Pemasaran merupakan faktor yang sangat penting bagi pelaku creativepreneurship dalam mengembangkan bisnis mereka dan Kreatifood telah menjadi platform yang cocok untuk mendukung anggota Food Startup Indonesia untuk memperluas bisnis mereka. Memungkinkan mereka untuk terhubung dengan saluran pemasaran lainnya.
References
Anto, K. (2019, October 15). ICINC – For You – CULINARY -Book No.2. Retrieved from Badan Ekonomi Kreatif: https://www.bekraf.go.id/pustaka/page/icinc-for-you-culinary-book-no2
Indarto. (2019, May 6). Hendy Suprapto, Bikin Konsumen Ketagihan dengan Buah Kering Kemasan. Retrieved from Tabloid Sinartani: https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/agri-profil/8646-Hendy-Suprapto-Bikin-Konsumen-Ketagihan-dengan-Buah-Kering-Kemasan
Munaf, T. (2019, July 10). Kepala Badan Ekonomi Kreatif. (A. Riviyastuti, Interviewer)
Nurhikmah. (2018, November 10). Bekraf Bantu UKM Food Kreatif Indonesia Cari Distributor di Makassar. Retrieved from Rakyatku News: http://news.rakyatku.com/read/127069/2018/11/10/bekraf-bantu-ukm-food-kreatif-indonesia-cari-distributor-di-makassar
Szalay, J. (2019, June 26). Pineapple: Nutrition Facts and Health Benefits. Retrieved from Live Science: https://www.livescience.com/45487-pineapple-nutrition.html
Kemasan Happinaz
Manfaat Mengkonsumsi Buah Nanas
Varian Lain dari Happinaz yaitu Mangga dan Pepaya
Nathassya Gizelle
2201782183 – LE02
Comments :